Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Rabbani: Jurnal Pendidikan Agama Islam?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

JUDUL

Judul berupa frasa yang menggambarkan isi atau topik artikel dan tidak boleh lebih dari 20 kata. Pada halaman judul juga tertera nama penulis tanpa gelar. Tunjukkan nama penulis yang menjadi narahubung dengan memberi nama bintang pada nama yang ditunjuk dan informasi pada catatan kaki (nama penulis, afiliasi, dan alamat email). Format menggunakan Book Antiqua ukuran font 12, spasi 1.0 cetak tebal dan menggunakan huruf kapital pada setiap kata.

 

 

ABSTRACT

This abstract section should be typed in Book Antiqua and font size of11 pt and number of words around of 150. The abstract should be typed in English and Indonesian. The abstract should be typed as concise as possible and should be composed of: problem statement, subject of research, method, and scientific finding results. The abstract should only be typed in one paragraph and one-column format.

 

ABSTRAK

Bagian abstrak ini harus diketik dalam Book Antiqua dan ukuran font 11 pt dan jumlah kata sekitar 150. Abstrak harus diketik dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Abstrak harus diketik sesingkat mungkin dan harus terdiri dari: pernyataan masalah, subjek penelitian, metode, dan hasil temuan ilmiah. Abstrak hanya diketik dalam satu paragraf dan format satu kolom.

 

Keyword: terdiri dari 3-6 kata - - - Book Antiqua, font 11 pt.

 

 

Pendahuluan - - - Book Antiqua, Bold, 12 pt, Spasi 1,5

Berisi pengantar, latar belakang masalah, permasalahan, dan kerangka teori yang digunakan sebagai dasar dan rujukan untuk memahami permasalahan. Seluruh poin tersebut disusun secara komprehensif tanpa judul dan sub judul.[1] (Contoh Footnote) Latar belakang masalah dan kajian literatur (state of the art) dijabarkan dan digunakan sebagai basis untuk mengajukan pertanyaan penelitian, menegaskan sisi ilmiah artikel, dan menunjukkan permasalahan pokok penelitian. Pada bagian akhir pendahuluan, tujuan penelitian harus dituliskan secara eksplisit.

 

Metode Penelitian - - - Book Antiqua, Bold, 12 pt, Spasi 1,5

Metode merupakan alat yang digunakan untuk memecahkan permasalahan penelitian, di dalamnya juga terdapat metode analisa. Metode yang digunakan harus dijelaskan secara terperinci pada bagian metode.[2]

 

Hasil dan Pembahasan - - - Book Antiqua, Bold, 12 pt, Spasi 1,5

Pada bagian ini, mengandung hasil penelitian dan bagaimana penelitian tersebut didiskusikan. Hasil penelitian tersebut harus didukung oleh data yang sesuai dan memadai. Hasil dan temuan penelitian merupakan jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada bagian pendahuluan. Pembahasan menjelaskan hasil dan temuan penelitian yang berisi analisa, argumen, pembandingan, dan menekankan temuan terbaru dari hasil penelitian. Adapun tata cara penggunaan tabel dan grafik seperti di bawah ini:

Tabel 1: .........................

No.

DATA

1

2

3

4

1

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

Grafik 1: Jumlah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam

Kesimpulan - - - Book Antiqua, Bold, 12 pt, Spasi 1,5

Kesimpulan harus padat, tepat, dan jelas yang mengacu pada hasil studi maksimum satu halaman, dibuat berbentuk paragraf (bukan numerik), berisi temuan-temuan pokok dan penting sebagai sintesis antara hasil analisa dan hasil temuan penelitian, serta kontribusi keilmuan dalam kajian dan pengembangan Pendidikan Agama Islam.

 

Daftar Pustaka - - - Book Antiqua, Bold, 12 pt, Spasi 1

Penulisan daftar pustaka mengikuti gaya Chicago Manual Style 17th edition (Full Footnote).

Artikel dalam jurnal :

Nurlina, Model Kepemimpinan dalam Karakteristik Gender, Jurnal An-Nisa’, Vol. VIII No.1 (Juni 2015).

 

Novianti, Nita. “Teaching Character Education to College Students Using Bildungsromans.” International Journal of Instruction, Vol. 10 No. 4 (October 2017).

 

Buku :

Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan  Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003.

 

Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Rosda Karya, 2006.



[1] Muzayyin Arifin, Kapita Selekta Pendidikan Islam (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2003), 12.

[2] Chau-kiu Cheung and Tak-yan Lee, “Improving Social Competence through Character Education,” Evaluation and Program Planning, Vol. 33 No. 3 (August 2010), 256.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.