Madrasah Sebagai Sistem Sosial Perspektif Talcott Parsons

  • Nurul Awwaliyah Aspan Universitas Hasyim Asy'ari
Abstract views: 574 , PDF downloads: 319
Keywords: Madrasah, Sistem, Sosial, Parsons

Abstract

Seperti yang dikemukakan dari Parsons, bahwa teorinya mengedepankan analisis fungsi dan sistem menjabarkan secara detail berbagai kondisi-kondisi yang mendukung perkembangan dan kontinuitas kultur didalam sistem sosial masyarakat, walaupun jika suatu kultur tidak lagi sebagai sistem politik atau lembaga formal. Jika hal ini disangkut pautkan dengan pendidikan ataupun sekolah pasti mempunyai beberapa fungsi yakni: 1) Lembaga pendidikan sebagai sarana bersosialisasi. 2) Lembaga pendidikan sebagai ajang seleksi dan alokasi yang bisa memacu semangat dan motivasi. 3) Lembaga pendidikan sebagai peluang yang sama kepada siswanya.
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa madrasah sebagai sistem sosial dari sudut pandang Talcott Parsons. Dalam pendekatan kajian menggunakan kualitatif deskriptif dan jenis kajiannya yakni kepustakaan. Teknik pengumpulan data yakni studi literatur (didapat dari berbagai sumber, buku, jurnal, pustaka, dokumentasi dan internet). Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik (menggambarkan pandangan Talcott Parsons secara sistematis mengenai madrasah sebagai sistem sosial).
Hasil kajian menjelaskan sistem sosial itu sendiri merupakan sub sistem yang saling ketergantungan dan memiliki hubungan timbal balik. Didalam sistem itu sendiri memiliki fungsi dan perannya masing-masing. Madrasah sebagai sistem sosial, madrasah ialah sebuah lembaga pendidikan yang bernaungan dibawah naungan depertemen Agama. Yang didalamnya terdapat lapisan dan struktur masyarakat, walaupun dalam ruang lingkup yang kecil. Setiap lapisan yang ada di madrasah mempunyai peran dan fungsinya masing-masing, dari lapisan yang tertinggi sampai yang terendah. Seperti Kepala Madrasah yang berfungsi sebagai pengendali dan pemimpin madrasah dan petugas kebersihan sekolah yang berfungsi sebagai penanggung jawab terhadap kebersihan madrasah.

 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurul Awwaliyah Aspan, Universitas Hasyim Asy'ari
I wanna be myself proud of me

References

Ali, H.M.Sayuthi. Metodologi Penelitian Agama. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2002.

Dwi, Rahmad K. 20 Tokoh Sosiologi Modern, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2008.

Hanifah, Nurdinah. Sosiologi Pendidikan. Sumedang : UPI Sumedang Press, 2016.

Idi, Abdullah. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo, 2013.

Karsidi, Ravik. Sosiologi Pendidikan. Surakarta : LPP UNS & UNS Press, 2007.

Muhaimin. Rekontruksi Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2009.

Mulyana, Rohmat. Optimalisasi Pemberdayaan Madrasah. Semarang : CV Aneka Ilmu, 2009.

Nasution. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Nazir, Muhammad. Metodologi Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia, 1998.

Parsons, Talcott. Social Structure and Personality. London : The Free Press, 1970.

Soekanto dan Ratih Lestarini, Soerjono. Fungsionalisme dan Teori Konflik dalam Perkembangan Sosiologi. Jakarta: Sinar Grafika, 1988.

Sumantri, Jujun Suria. Penelitian Ilmiah, Kefilsafatan dan Keagamaan: Mencari Paradigma Bersama dalam Tradisi Baru Penelitian Agama Islam: Tinjauan Antara Disiplin Ilmu. Bandung: Nuansa Bekerjasama dengan Pusjarlit Press, 1998.

Surahmad, Winarno. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung : Tarsito, 1990.

Zamroni. Kultur Sekolah. Jakarta : Penerbit Gavin Kalam Utama, 2016.

Binti Maunah, “Pendidikan Dalam Perspektif Struktural Fungsional”, Cendikia, 10 (Oktober 2016).

Daimah dan Setyo Pembudi, “Pendekatan Sosiologi Dalam Pendidikan Islam”, Pendidikan Islam, 9 (November 2018), Een Tur’aeni, “Implementasi Pendekatan Fungsional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTSN AL - Hilal”, Shaut Al-‘Arabiyah, 10 ( Maret 2017).

Muhammad Syawaluddin, “Alasan Talcott Parsons Tentang Pentingnya Pendidikan Kultur”, Ijtimaiyya, 7 (Februari 2014).

Nunung Prajarto, “Sistem Sosial Sistem Politik dan Sistem Komunikasi”, Perbandingan Sistem Komunikasi, 1 (Maret 2014).

Bambang Pringgo Digdho, “Sekolah sebagai Sistem Sosial”, Makalah, disajikan pada presentasi jurusan sosiologi, pada tanggal 17 Januari (Surakarta : Universitas Sebelas Maret, 2018).

http :// Staffnew.uny.ac.id.

Published
2021-03-31
Section
Journal Articles