PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH AQUESTION DALAM MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX DI MTs AL-AMIEN BUGIH KECAMATAN PAMEKASAN

  • Muhammad Lutfi Kurniawan IAIN Madura
  • Ainul Haq Nawawi IAIN Madura
Abstract views: 44 , PDF downloads: 24
Keywords: Metode Pembelajaran, Learning Start with a Question, Mapel Akidah Akhlak

Abstract

Abstrak:

Pelaksanaan metode pembelajaran learning start with a questiondalam mata pelajaran akidah akhlak kelas IX yang diterapkan di MTs Al-Amien bugih kecamatan pamekasan. merupakan salah satu metode yang dapat melatih siswa untuk lebih aktif dalam bertanya. Dengan ini siswa dituntut untuk memahami sendiri materi pelajarannya, tanpa dijelaskan oleh guru. Sehingga metode ini dapat merangsang siswa untuk bertanya mengenai hal yang tidak dimengerti tetang materi pelajaran yang akan dipelajari, dan metode ini sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran untuk menciptakan siswa yang berani mengemukakan pendapat, berpikir ktritis dan kreatif.

Fokus penelitian ialah penerapan metode learning start with a question dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX dan faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan metode learning start with a question dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian inkuiri naturalistik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa: Pertama,Penerapan metode learning start with a question yang ada pada penelitian ini, yaitu sebelum guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IX di MTs Al-Amien Bugih Kecamatan Pamekasan memulai pembelajaran, terlebih dahulu guru memberikan materi kepada siswa yang berupa bahan bacaan terkait materi yang akan dipelajari kemudian guru memberikan waktu beberapa menit kepada siswa untuk mempelajari materi yang sudah diberikan, setelah itu  guru memerintahkan kepada siswa jika ada materi yang tidak dipahami di catat dan nantik disuruh bertanya apabila sudah sampai waktunya. Setelah siswa selesai bertanya sambil lalu guru menjelaskan materi yangdipelajari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dari siswa dan meluruskan pendapat siswa yang keluar dari materi pembelajaran. Kedua,penerapan proses pembelajaran learning faktor pendukung dan juga penghambatnya ialah siswa siswa mengalami kesulitan untuk memahami pembelajaran sehingga membutuhkan pembiasaan terlebih dahulu dikarenakan belum terbiasa dengan metode pembelajaran seperti ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
Section
Journal Articles