IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PBL (PROJECT BASED LEARNING) DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SDN PANDAN KECAMATAN GALIS PAMEKASAN

  • Ishaq Hunain Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Muliatul Maghfiroh Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Nurul Qomariyah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Ach. Syafiq Fahmi Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 414 , PDF downloads: 332
Keywords: Implementation, PBL (Project Based Learning), Learning Outcomes

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini mencoba menelusuri implementasi metode pembelajaran berbasis PjBL dalam mata pelajaran PAI yang dilaksanakan oleh SDN Pandan Kec. Galis Pamekasan dengan 2 fokus penelitian. Pertama, Pelaksanaan pembelajaran berbasis PjBL , Kedua, Dampaknya bagi siswa dengan adanya pembelajaran berbasis project. Melalui penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, penelitian ini mengungkapkan bahwa  pelaksanaan pembelajaran berbasis PjBL dilakukan dengan berdasar pada tingkatan kelas. Dampak yang diperoleh siswa dengan program PjBL yakni terciptanya siswa yang mandiri, aktif, kreatif dan terciptanya kondisi kelas menjadi lebih menyenangkan dengan faktor yang mendukung didalamnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA
Chomaidi Dan Salamah, Pendidikan dan Pengajaran:Strategi Pembelajaran, Jakarta: Pt Grasindo,2018.
Eka wahyudi dan Fitriani, Implementasi model pembeljaran project based learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar pesertadidik pada pada mata pelajaran pendidikan agama islam SMP Negeri 7 Kota Tanggerang, tadarus tarbawy, volt 3,no 1. jan-jun2021.
Gunawan, Panji Kamus Saku Bahasa Indonesia Dilengkapi Dengan: Kamus Bahasa Dan Sastra Indonesia Eyd (Ejaan yang Disempurnakan) Untuk Pelajar,Mahasiswa Dan Umum, Pustaka Gama:2008.
Nurgianto, Burhan Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah, Yogyakarta:BPFE,1988.
Rahmat, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013, Yogyakarta: Bening Pustaka, 2019.
Rosinda Tinenti, Yanti Pembelajaran Berbasisi Proyek (PBP), Yogyakarta: Depublish, 2018.
Sudirman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Pt. Raja Grafindo Persada, 2007.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.
Sujarweni, V. Wiratna Metodologi Penelitian Yogyakarta: Pustaka Baru, 2022.
Sulisworo, Dwi Konsep Pembelajaran Project Based Learning, Semarang : ALPRIN, 2019.
Susanto, Pengaruh Model Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas x di SMK PGRI 4 Bandar Lampung, Skripsi: UIN Raden Intan Lampung : 2020.
Trinova, Zulvia Pembelajaran Berbasis Student-centered pada materi Pendidikan Agama Islam, Jurnal At-Ta’lim Vol. 1, 4, Padang : 2013.
Triutami, Firosalia krristin, indrianugrehini, penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan kreativitas hasil belajar IPA siswa kelas 3 SD, jurnal mitra pendidikan (JMP online) vol.2 no 6 juni 2018.
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

WAWANCARA
Aramita wardia Ramadhania, Siswi kelas V SD Negeri Pandan Pamekasan, Wawancara Langsung ( 22 November 2022)
Fathor Racman, Waka Kurikulum SD Negeri Pandan Pamekasan,Wawancara Langsung (1 Desember 2022)
Muhammad al- Ghazali, Kepala Sekolah SD Negeri Pandan Pamekasan, Wawancara Langsung ( 22 November 2022)
Muhammad al- Ghazali, Kepala Sekolah SD Negeri Pandan Pamekasan, Wawancara Langsung ( 22 November 2022)
Rahmawati, Guru PAI SD Negeri Pandan Pamekasan,Wawancara Langsung (11 November 2022)
Published
2023-03-30
Section
Journal Articles