Accounting Analysis of Cost and Benefit of Celebrity Endorsements in Micro, Small and Medium Enterprises

  • Ira Hasti Priyadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Uly Mabruroh Halida Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Safiratul Jannah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Alfiatur Rohmaniyah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstrak views: 21 , PDF (English) downloads: 21
Kata Kunci: Analisis Biaya dan Manfaat, Endorsmen Selebgram

Abstrak

Dalam era digitalisasi, media sosial telah menjadi bagian integral kehidupan manusia, tidak hanya sebagai alat komunikasi tetapi juga sebagai platform branding dan pemasaran. Fenomena ini menciptakan peluang bagi bisnis untuk menggunakan selebgram, individu terkenal di media sosial, sebagai agen promosi produk. Namun, strategi ini tidak terlepas dari biaya yang signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis biaya-manfaat (Cost-Benefit Analysis/CBA) terhadap promosi produk melalui endorsmen selebgram di Indonesia, dengan fokus pada UMKM di Pamekasan. Metode penelitian campuran (mix methods) digunakan untuk menggabungkan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data diperoleh melalui, wawancara dengan pelaku UMKM dan selebgram, dokumentasi, dan studi literatur. Data kuantitatif mencakup tarif endorsmen selebgram terkenal, sedangkan data kualitatif melibatkan evaluasi manfaat yang diterima oleh UMKM.  Diketahui bahwa selebgram mematok tarif yang bervariasi, dengan beberapa selebgram termahal mencapai Rp50.000.000. Analisis biaya-manfaat dilakukan untuk menilai efisiensi investasi dalam promosi ini. Terlihat bahwa beberapa UMKM mencapai Cost-Benefit Ratio (CBR) tertinggi, menunjukkan efisiensi tinggi dalam menghasilkan manfaat.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Alvi, Muhamad I, dkk. 2019. Kredibilitas Dan Kekuatan Selebgram Dalam Meningkatkan Minat Beli Pada Toko Online di Instagram. Journal of Economic, Business and Accounting. Volume 2 Nomor 2

Anggiany, Adhis. 2016. Rahasia Jadi “Selebgram” Cara Raup Untung Lewat Instagram.Diakses 16 Agustus 2023.

Aulia. (2019). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada PT. Matramas Motor Alauddin Makassar, (Jurnal Ekonomic Vol.7 No.2)

Binus University.2022. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi, https://communication.binus.ac.id/2022/12/17/pemanfaatan-media-sosial-sebagai-media-promosi/

Dian N.Rizeki.(2019, 12 Januari). Mengenal Apa Itu Selebgram dan Cara Menjadi Selebgram, https://majoo.id/solusi/detail/cara-menjadi-selebgram

Didit Praditya. (2019). Analisis Biaya Dan Manfaat Investasi E-Commerce Di Lingkungan Usaha Kecil Menengah, (Jurna Penelitian l Komunikasi dan Opini Publik Vol.22 No.2) https://media.neliti.com/media/publications/272783-cost-and-benefit-analysis-of-e-commerce-bedd8a5b.pdf

Geofanni Nerissa Arviana. (2023, 16 Februari). Mendalami Seluk Beluk Endoresement Yang Katanya Mudah, Benarkah Demikian?, https://glints.com/id/lowongan/endorse-adalah/

Kotler, Phillip dan Gary Armstrong. 2004. Principles Of Marketing. (10th Ed). Pearson Education Inc. New Jersey

Mandey, Jilly Bernadette. 2013 Promosi, Distribusi, Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi. . 1(4), 95-104. Diakses pada 18 Agustus 2022 di https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2577/2109

Nur, Firly M dan Ferlina, Arlin M,T. 2020. The Effect Of Perceive value, E-Lifestyle, And Online Promotion On Consumer Repurchase Intention On Kai Access Users In Indonesia. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan. Vol. 05, No.1.

Irpansyah, Muhamad Alvi, Asep M Ramdan, dan R. Deni Muhammad Danial. “Kredibilitas dan Kekuatan Selebgram dalam Meningkatkan Minat Beli pada Toko Online di Instagram.” Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING) 2, no. 2 (14 April 2019). https://doi.org/10.31539/costing.v2i2.554.

Putra, I Gusti Bagus Ananta Wijaya, Agung Prijanto, Ni Made Classia Sukendar, dan Gede Mekse Korri Arisena. “Kajian analisis biaya dan manfaat (cost-benefit analysis) kawasan agrowisata di Indonesia.” AGROMIX 11, no. 2 (16 Agustus 2020): 189–201. https://doi.org/10.35891/agx.v11i2.1919.

Putri, Gayatri Hutami, dan Bhina Patria. “Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri.” Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP) 4, no. 1 (1 Juni 2018): 33. https://doi.org/10.22146/gamajpp.45347.

Sakinah, Etnosia: Jurnal Etnografi Indonesia, Meraih Popularitas Melalui Dunia Maya, Volume 3 Edisi 1, (Departemen Antropologi Fisip Unhas: 2018), 48.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, Heni, Miswanto Miswanto, Debby Alita, dan Prita Dellia. “PEMANFAATAN ANALISIS BIAYA DAN MANFAAT DALAM PERHITUNGAN KELAYAKAN INVESTASI TEKNOLOGI INFORMASI.” Edutic - Scientific Journal of Informatics Education 6, no. 2 (31 Mei 2020). https://doi.org/10.21107/edutic.v6i2.7220.
Diterbitkan
2024-11-05
Bagian
Articles