Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Downloads
References
al-Qusyairi, Abi Abd Allah Muhammad bin Yazid, Al-Sunan Ibnu Majjah, Juz.I, t.tp: Isa al-Babi al-Halabi wa Syirkah.
al-Qusyairi, Muslim ibn Al-Hajjaj ibn Muslim, Shahih Muslim, Juz VIII, Kairo: Dar al-Hadis.
al-Rasyid, Samsul Nizar, 2005. Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputra Press.
al-Syaibany, Omar Muhammad al-Toumy, 1979. Falsafah Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang.
Abbas, Ms, 2009. Pendidikan Bangsa, Yogyakarta: Adi Cipta Karya.
Abdullah, 2006. Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Arifin, H. M, 1987. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara.
Arifin, Mozzain, 2005. Pengembangan Kurikulum, Jakarta: Pustaka Karya.
Azra, Azyumardi, 1998. Esei-Esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
Hakim, Lukman, Model Integrasi Pendidikan Anti Korupsi dalam Kurikulum Pendidikan Islam, Ta’lim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.10, No.2, September 2012, ISSN: 2337-4276, h.141-156.
Hamalik, Oemar, 2015. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar, 2016. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Helmi, Alfian, Kinerja Guru Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Pada Smp Negeri 2 Babahrot Aceh Barat Daya, Jurnal Admistrasi Pendidikan, Vol.3, No.1, 2015, ISSN: 2302-0156, h.1-12. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JAP/article/view/2521.
Jamaludin, Usman, 2004. Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kunandar, 2007. Guru Profesional Implementasi Kirikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lestari, Nur’im Septi, Implementasi Kurikulum 2013 Tingkat SD/MI Melalui Pembelajaran Tematik, Proceeding International Seminar on Islamic Education 2018, ISBN: 978-602-5972-04-1, h.152-163. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/ISIE/article/view/74.
Makbulloh, Deden, 2011. Manajemen Mutu Pendidikan Agama Islam; Model Pengembangan Teori dan Aplikasi Sistem Penjaminan Mutu, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Mucharomah, Miftah, Guru Di Era Milenial Dalam Bingkai Rahmatan Lil Alamin, Jurnal Edukasia Islamika, Vol.2, No.2, Desember 2017, ISSN 2548-5822, h.201-221. DOI: https://doi.org/10.28918/jei.v2i2.1172.
Mulyasa, 2011. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nugraha, Muhammad Tisna, Pengembangan Model Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Al-Turats: Jurnal Pemikiran Islam, Vol.10, No.1, 2016, ISSN: 2502-8359, h.13-21. DOI: https://doi.org/10.24260/at-turats.v10i1.
Nurdin, Arbain, Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Era Information and Communication Technology, Tadris, Vol.11, No.1, Juni 2016, ISSN: 2442-5494, h.49-64. DOI: http://dx.doi.org/10.19105/tjpi.v11i1.971.
Nurgiyantoro, Burhan, Penulis Dan Makna Puisi Anak: Dalam Harian Kompas Minggu, Diksi: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol.13, No.2, 2006, ISSN: 2579-6399, h.193-203. DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v13i2.6475.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, No.23, Tahun 2006, Tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Putra, Haidar, 2004. Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana.
Rapi, Muhammad, Sertitikasi Guru, Harapan Dan Tantangan Terhadap Guru (Pahlawan Tanpa Tanda Jasa), Jurnal Harmoni, Vol.2, No.1, 2012, ISSN 2087-9865, h.9-15. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2169.
Rhediana, Dheni, Pengembangan Kurikulum Pada Aspek Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang Berbasis Lingkungan Hidup Melalui Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar, Dinamika: Jurnal Pendidikan Dasar, Vol.6, No.2, September 2014, ISSN: 2655-870X, h.215-234. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Dinamika/article/view/910.
Rosidin, Problematika Pendidikan Islam Perspektif Maqasid Shari’ah, Maraji’: Jurnal Studi Keislaman, Vol. 3, No. 1, September, 2016, ISSN 2242-8914, h.185-210. http://maraji.kopertais4.or.id/index.php/maraji/article/view/58.
Sanjaya, Wina, 2009. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktek Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada.
Shihab, M. Quraish, 1992. Membumikan al-Qur’an, Bandung: Al-Mizan.
Sudarsana, I Ketut, Pemikiran Tokoh Pendidikan Dalam Buku Lifelong Learning: Policies, Practices, And Programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia), Jurnal Penjaminan Mutu, Vol.2, No.2, 2016, ISSN: 2548-3110, h.44-53. DOI: http://dx.doi.org/10.25078/jpm.v2i2.71.
Suwardana, Hendra, Revolusi Industri 4.0 Berbasis Revolusi Mental, JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik dan Manajemen Industri, Vol.1, No.2, 2017, ISSN : 2597-7946 h.102-110. http://ojs.unik-kediri.ac.id/index.php/jatiunik/article/view/117.
Suyanto, 2008. Wajah dan Dinamika Pendidikan, Jogjakarta: Adi Cita.
Utomo, Sandi Wahyu, Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru (Studi Kasus di SMA Muhammadiyah 7, Yogyakarta), Educan: Jurnal Pendidikan Islam, Vol.1, No.1, 2017, ISSN: 2615-6997, h.111-127. DOI: http://dx.doi.org/10.21111/educan.v1i1.1302.
Widyastono, Herry, 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah: dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013, Jakarta: Bumi Aksara.
Zarkasyi, Abdullah Syukri, 2005. Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Jakarta: Raja Grafindo Persada.