Utilizing the Assets Acquired from Illegal Conducts A Study of Fiqh Maqâshid of Yûsuf al-Qaradlâwî

  • Busyro Busyro Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi
Abstract views: 1459 , PDF downloads: 177
Keywords: Maslaẖah, Mafsadah, Dlarûriyah, Fiqh maqâshid

Abstract

Harta merupakan kebutuhan setiap orang yang di dalam Islam mesti didapatkan sesuai dengan aturan-aturan yang benar. Menurut  Yûsuf al-Qaradlâwî apabila seseorang sudah terlanjur mendapatkan harta dengan cara maksiat, maka yang bersangkutan tidak boleh memanfaatkan harta itu untuk dirinya, sebaliknya harta itu boleh dipergunakan untuk kepentingan umum. Pemikiran hukum ini beranjak dari adanya pertentangan antara konsep larangan memanfaatkan harta haram secara dharûriyah dan konsep larangan menyia-nyiakan harta yang juga berada dalam tingkat dharûriyah. Dengan pendekatan fiqh maqâshid al-Qaradlâwî menyimpulkan bahwa pertentangan antara dua dharûriyah yang berhubungan dengan pemanfaatan harta harus diprioritaskan kepada mafsadah yang lebih kecil dan maslaẖah yang lebih besar. Sehingga dengan demikian harta hasil maksiat tidak boleh dimanfaatkan oleh si pelaku maksiat karena menimbulkan mafsadah yang lebih besar pada dirinya dan tidak ada celah maslaẖah yang didapatkannya. Sebaliknya harta itu boleh dimanfaatkan untuk kepentingan umum, karena terhindar dari mafsadah dan menghasilkan maslaẖah. (An asset is the basic need of every human being, but in Islam, it should be acquired through proper ways according to the rules. Yûsuf al-Qaradlâwî argued that if someone has already acquired an asset through immoral acts, then he is forbidden to utilize the asset for himself. On the contrary, the assets could still be utilized for the public benefit. This legal concept is based on the contradiction between the concept of prohibiting the use of illegal assets in dlarûriyah state and the concept of prohibiting the misuse of assets which is also in the dlarûriyah state. With the approach of fiqh maqâshid, al-Qaradlâwî concluded that the conflict between the two dlarûriyah states regarding the utilization of the asset should prioritize less on the mafsadah and more on the maslaah. Thus, the illegal assets are forbidden to be exploited by immoral act offenders because it generates more mafsadah for him and there are only a few maslaah he could get. On the contrary, the assets are allowed to be utilized for public benefit since the assets will be protected from mafsadah and will result in maslaah).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Busyro Busyro, Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi
Fakultas Syariah IAIN Bukittinggi

References

‘Ȃbidîn, Ibn, Hasyiyah Radd al-Mukhtâr. Jilid 5. Kairo: Mushthafâ al-Bâbi al-Halabi wa Aulâduhu, [t.th]

Andiko, Toha, “Konsep Harta dan Pengelolaannya Dalam Al-Quran”, Al-Intaj, Vol.2, No.1, December 2016, http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/Al-Intaj/article/view/1110/957 (accessed on 24 August 2018)

Arfan, Abbas, “Maqashid al-Syari’ah Sebagai Sumber Hukum Islam Analisis Terhadap Pemikiran Jasser Auda”, al-Manahij Jurnal Kajian Hukum Islam. Vol. 7. No. 2, Juli 2013, 10.24090/MNH.V7I2.563 (accessed on 16 August 2018).

Aziz, Jamal Abdul, “Dekonstruksi Paragdimatik Pengembangan Zakat: Analisis Kritis Pemikiran Yusuf al-Qaradawi”, Ijtihad Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan, Vol. 17, No. 2, December 2017, http://dx.doi.org/10.18326/ijtihad.v17i2.191-215 (accessed on 20 August 2018).

Badruzaman , Abad, “Dari ‘Illah ke Maqasid Formula Dinamisasi Hukum Islam di Era Kekinian Melalui Pengembangan Konsep Maqasid”, Ijtihad Jurnal Wacana Hukum Islam dan Kemanusiaan. Vol. 14. No. 1, Juni 2014, http://dx.doi.org/10.18326/ijtihad.v14i1.65-80 (accessed on 23 March 2018).

Banâni, al-‘Allamah al-, Hasyiyah al-Banâni ‘ala Syarh al-Mahalli ‘ala Matan Jam’u al-Jawâmi’. Jilid 1. Beirut: Dâr al-Fikr, 1992

Busyro, "Bom Bunuh Diri Dalam Fatwa Kontemporer Yusuf al-Qaradlâwî dan Relevansinya Dengan Maqâshid al-syarî’ah”, Ijtihad, IAIN Salatiga, Vol.16. No. 1, Juni 2016, http://dx.doi.org/10.18326/ijtihad.v16i1.85-103 (accessed on 16 August 2018).

Busyro, Maqâshid al-syarî’ah. Cet. 1. Ponorogo: Wadegrup, 2017

Busyro, “Menyoal Hukum Nikah Misyar Dalam Potensinya Mewujudkan Maqashid al-Ashliyah dan Tab’iyah Dalam Perkawinan Umat Islam”, Al-Manahij Jurnal Kajian Hukum Islam. Vol. 11, No. 2, Desember 2017, 10.24090/MNH.V11I2.1297 (accessedon 13 August 2018).

Fathurrosyid, "Islam Progresif Versi Abdullah Saeed (Ikhtiar Menghadapi Problem Keagamaan Kontemporer)", al-Ihkam, Vol. 10, No. 2, Desember 2015, DOI: http://dx.doi.org/10.19105/ihkam.v10i2.722 (accessed on 26 January 2017).

Faizin, Mu’adil, “Hak Asasi Manusia Dalam Pemikiran Yusuf Qaradhawi”, Jurnal al-Mazâhib. Vol. 5. No. 1, Juni 2017, file:///E:/JURNAL%20DOAWNLOAD/jurnal%20HAM%20Yusuf%20qardawi.pdf (accessed on 12 March 2018).

Hakim, Muhammad Luthfi, “Pergeseran Paradigma Maqashid al-Syari’ah Dari Klasik Sampai Kontemporer”, al-Manahij Jurnal Kajian Hukum Islam. Vol. X. No. 1, Juni 2016, 10.24090/MNH.V10I1.913 (accessed on 16 August 2018).

Hanbal, Ahmad ibn, al-Musnad Imâm Ahmad. Jilid ke-3. Beirut: Dâr al-Fikr, [tth]

ibn Thâhir, Muhammad ibn Muhammad ibn Sulaimân ibn al-Fâsiy, reviewed by Abû Sulaimân ibn Durâi', Jam'u al-Fawâ`id min Jâmi' al-Ushûl wa Mujma' al-Rawâ`id. Cet. 1. Jilid 3. Kuweit: Maktabah ibn Katsîr, 1998

'Irâqi, 'Abd al-Rahmân ibn Abi Bakr ibn Ibrâhîm al-, al-Mughni 'an al-Asfâr fî Takhrîj mâ fî al-Ihyâ` min al-Akhbâr. Ed. 1. Beirut: Dâr ibn Hazm, 2005

Ismâ’îl, Sya’bân Muhammad, al-Tasyrî’ al-Islâmi Mashâdiruh wa Athwâruh. Mesir: Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyyah, 1985

Khalîl, Mahmûd Muhammad, al-Musnad al-Jâmi'. Jilid 15. Beirut: Dâr al-Jail, 1993

Khurasyi, Sulaimân ibn Shâlih al-, al-Qaradlâwî fi al-Mîzân. Saudi Arabia, Dâr al-Jawâb, 1999

Majdzûb, Muhammad al-, ‘Ulamâ` wa Mutafakkirûn. Beirut: Dâr al-Nafâ`is, 1977

Malaikah, Musthafa, Manhaj Dakwah Yûsuf al-Qarâdhâwi, Harmoni Antara Kelembutan dan Ketegasan. Cet.ke1. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001

Ma'lûfi, Abû Luis al-, al-Munjid fî al-Lughah. Beirut: Dâr al-Masyriq, 1986

Manzhûr, Muhammad ibn Mukarram ibn 'Ali Jamâl al-Dîn ibn al-, Lisân al-'Arab. Jilid 3. Cet. 3. Beirut: Dâr Shâdir, 1414 H

Maulidi, “Metodologi Ijtihad Fikih Kontemporer (Telaah Atas Pemikiran Hukum Yusuf al-Qaradawi)”, al-Manahij Jurnal Kajian Hukum Islam. Vol. 8. No. 1, Januari 2014, 10.24090/MNH.V8I1.396 (accessed on 21 December 2017)

Maulidi, “Paradigma Progresif dan Maqashid Syariah: Manhaj Baru Menemukan Hukum Responsif”, Asy-Syir’ah Jurnal Ilmu Syari’ah dan Hukum, Vol. 49, No. 2, Desember 2015, http://dx.doi.org/10.14421/asy-syir'ah.2015.%25x (accessed on 16 August 2018)

Qaradhâwî, Yûsuf al-, Dirâsah fi Fiqh Mâqâshid al-Syarî’ah Bain al-Maqâshid al-Kulliyyah wa al-Nushûs al-Juz`iyyah. cet ke-3. Kairo: Dâr al-Syurûq, 2008

-------------------------------. Ibn al-Qaryah wa al-Kuttâb. Kairo: Dâr al-Syurûq, 2002

-------------------------------. Min Hadyi al-Islâm Fatâwâ al-Mu’âshirah. jilid ke-2 Beirut: Dar al-Ma’rifah, 2001

Rachmawati, Eka Nuraini dkk, “Akad Jual Beli Dalam Perspektif Fikih dan Praktiknya di Pasar Modal Indonesia”, Jurnal Al-‘Adalah. Vol. XII. No. 4, Desember 2015, http://dx.doi.org/10.24042/adalah.v12i2.214 (accessed on 12 March 2018)

Radzuan, Mohd Asyadi & Mohd Zaki Razaly, “Mal Mutaqawwim Menurut Perundangan Islam dan Implikasinya di Dalam Kehidupan Manusia”, International Conference on Islamic Economiy and Business, 29 June-1 July 2012, file:///C:/Users/fsyar/Downloads/HARTA%20LAGI%20HA/MalMutaqawwimMenurutPerundanganIslam.pdf (accessed on 24 August 2018)

Ridwan, “Hak Milik Atas Tanah Dalam Perspektif Hukum Islam dan Hukum Pertanahan Indonesia”, Al-Manahij Jurnal Kajian Hukum Islam, Vol. 7, No. 2, Juli 2013, 10.24090/MNH.V7I2.568 (accessed on 21 December 2017)

Rusfi, Mohammad, “Filsafat Harta: Prinsip Hukum Islam Terhadap Hak Kepemilikan Harta”, Jurnal Al-‘Adalah. Vol. XIII. No. 2, Desember 2016, http://dx.doi.org/10.24042/adalah.v13i2.1864 (accessed on 12 March 2018).

Saepuloh, Fiqh Perempuan dalam Perspektif al-Qaradlâwî. Jakarta: Perpustakaan UIN Syahid, 2001

Sâyis, Muhammad Ali al-, Nasy`ah al-Fiqh al-Ijtihâdi wa Athwâruh. Tp. Majma’ al-Buhûts al-Islamiyyah, 1970

Shadily, Hasan, dkk., Ensiklopedi Indonesia. Jakarta: Ikhtiar Baru Van Hoeve, 1982

Sarif, Akbar dan Ridzwan Ahmad, “Konsep Maslahat dan Mafsadah Menurut Imam al-Ghazali”, Tsaqafah Jurnal Peradaban Islam. Vol. 13, No. 2, November 2017, https://dx.doi.org/10.21111/tsaqafah.v13i2.1183 (accessed on 20 August 2018).

Subhan ZA., Moh. Ah., “Konsep Harta Perspektif Ekonomi Islam”, Akademika, Vol.10,No.2,Desember2016,http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/AKADEMIKA/article/view/23 (accessed on 20 August 2018)

Suyûthi, Jalâl al-Dîn al-, al-Asybah wa al-Nazhâ`ir. Beirut: Dâr al-Kutub al-'Ilmiyah, 1983

Talîmah, ‘Ishâm, Manhaj Fiqh Yûsuf al-Qaradlâwî, judul asli, al-Qaradawi Faqihan, terj. Samson Rahman. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2001

Tirmidzî, Ibn Mûsâ ibn al-Dhahâk al-, [reviewed by Ahmad Muhammad Syâkir], Sunan al-Tirmidzi. Cet. Ke-2. Jilid ke-5. Mesir: Mushthafâ al-Bâbi al-Halabi, 1975

Zaidân, ‘Abd al-Karîm, al-Madkhal li Dirâsah al-Syarî’ah al-Islâmiyah. Iskandariyah: Dâr Umar bin al-Khathâb, [t.th]

Zuhaylî, Wahbah al-, al-Fiqh al-Islâmi wa Adilllatuhu. Jilid 4. Damaskus: Dâr al Fikr, 1989

Zuhdi , Muhammad Harfin, “Karakteristik Pemikiran Hukum Islam”, Ahkam, Vol. 14, No. 2, Juni 2014, 10.15408/ajis.v14i2.1276 (accessed on 15 September 2017)

Published
2018-12-31
Section
Articles