Legal Awareness of Maduresse Nahdliyin: A Partnership Study between BMT Nuansa Umat and MWC NU

  • Rudy Haryanto Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Madura, Jln Raya Panglegur, Km. 4 Pamekasan, Email: rudyharyanto76@yahoo.co.id
Abstract views: 254 , pdf downloads: 175
Keywords: Legal Awareness, Partnership, KSPPS BMT Nuansa Umat, MWC NU

Abstract

Abstract:

Building people’s legal awareness in various sectors, such as in the economic one, requires appropriate steps and strategies. This study examines the importance of partnership in building legal awareness on the aspect of Moslem’s economic sector. It captures a successful partnership pattern between BMT Nuansa Umat East Java and MWC NU in developing legal awareness specifically among nahdliyin. The study used descriptive qualitative method while its data collection techniques include observation, interviews and documentation. Respondents in this study consists of leaders of KSPPS BMT NU East Java and the Head of MWC NU. Based on the analysis of this research, it is clear that the type of business partnership between KSPPS BMT NU East Java and MWC NU is a partnership called by syirkah. This model is found to successfully achieve cultural, professional and mutual legal awareness.

Keywords:

Legal Awareness, Partnership, KSPPS  BMT Nuansa Umat, MWC NU

 

Abstrak:

Membangun kesadaran hukum ummat dalam berbagai sektor, seperti pada sektor ekonomi, membutuhkan langkah dan strategi yang tepat. Penelitian ini mengurai pentingnya kemitraan dalam membangun kesadaran hukum pada bidang ekonomi umat Islam. Secara khusus, ia memotret keberhasilan pola kemitraan antara BMT Nuansa Umat Jawa Timur dengan MWC NU dalam mengembangkan kesadaran hukum khususnya di kalangan warga nahdliyin. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini terdiri dari pimpinan KSPPS BMT NU Jawa Timur dan Ketua MWC NU. Berdasarkan analisis dan pembahasan dari hasil penelitian yang telahdiuraikan, dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis kemitraan usaha yang dijalankan antara KSPPS BMT NU Jawa Timur dengan MWC NU adalah persekutuan (syirkah). Dalam kemitraan model ini, kesadaran hukum yang berbasis kultural, professional, dan kesalingan dapat tercapai.

Kata Kunci:

Kesadaran Hukum, Kemitraan, KSPPS  BMT Nuansa Umat, MWC NU

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rudy Haryanto, Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Madura, Jln Raya Panglegur, Km. 4 Pamekasan, Email: rudyharyanto76@yahoo.co.id
Faculty of Economics and Islamic Business IAIN Madura, Jln Raya Panglegur, Km. 4 Pamekasan

References

Alfansi, Lizar, Financial Service Marketing. Jakarta: Salemba Empat, 2010.

Alma, Buchari., Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta, 2005.

Alma, Buchari., Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2011

Amirullah, Haris Budiyono. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Graha Ilmu 2004.

Arifin, Zinul., Dasar-dasar Manajemen Bank Syariah. Jakarta: Pustaka Alvabet, 2006.

Anwar, Saifiddin., Metode Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar 2001.

Arikunto, Sudarsimi., Prosedur Penelitian. Jakarta: Rieneka Cipta, 2002.

Arikunto, Suharsimi., Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Ed Revisi VI,. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta, 2006.

Arikunto, Suharsimi., Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Buku Materi RAT. PARIPURNA XII KSPPS BMT NU Jawa Timur, (Sumenep, Sabtu 25 Februari 2017)

Djazuli, A. Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Islam (Majallat al-Ahkam al-Adliyah), (Bandung: Kiblat Press, 2002.

Frismandiri, Dinda., Implementasi Relationship Marketing Untuk Menciptakan Customer Satisfaction, Jurnal Ekonomi Modernisasi.

Hanny, Husnia., Imam Suroso., H.N. Ari Subagio., Pengaruh Relationship marketing Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Pada PT. Prudential Life Assurance Cabang Jember.

Hasan, Ali., Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia, 2010.

Herdiansyah, Haris., Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Interview dengan pimpinan MWC NU dan KSPPS BMT NU Jawa Timur.

Jurnal Kependudukan Indonesia | Vol. 11 No. 2, Desember 2016 | 103-118. http://ejurnal.kependudukan.lipi.go.id/index.php/jki/article/download/204/230

Kasali, Rhenal., Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti, 2003.

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran, trj. Damos Sihombing, Ed. 8, Jil. 2. Jakarta: Erlangga, 2001

Kotler, Philip., Marketing Insights From A To Z: 80 Konsep Yang Harus Dipahami Setiap Manajer By Philip Kotler, tjr. Anies Lastiati. Jakarta: Erlangga, 2003.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, trj. Bob Sabran, Ed. 13, Jil. 1. Jakarta: Erlangga, 2008.

Kotler, Philip dan Amstrong, Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga, 2008.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran, trj. Bob Sabran, Ed. 13, Jil. 1, Jakarta: Erlangga, 2008.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., Manajemen Pemasaran, dialih bahasakan oleh Bob Sabran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2009.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller., Marketing Management, 14th edition. New Jersey: Prentice Hall, 2012.

Martini, Luh Kadek Budi., Relationship Marketing, Customer Satisfaction, Customer Commitment Dan Customer Loyalty (Studi Pada Sebuah Bank Nasional Di Denpasar), buletin studi ekonomi, Volume 18, No. 1, (Februari, 2013).

Moleong, Lexy., Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2002.

Moleong, Lexy. J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2004.

Murti dan Salamah, Metodologi Penelitian Bisnis, Yogyakarta: Andi, 2005.

Perwataatmadja, Membumikan Ekonomi Islam di Indonesia, cet. 1. Depok: Usaha Kami, 1996.

Purbacaraka dan Purnadi Soekanto, Renungan Tentang Filsafat Hukum. Jakarta: Alumni, 1985.

Ridwan, Muhammad., Manajemen Baitul Maal Wa Tamwil. Yogyakarta: UII Press,2004.

Ruslan, Rosady., Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Sarwono, Jonathan Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu 2006.

Schiffman & Kanuk., Perilaku Konsumen (edisi 7). Jakarta: Prentice Hall, 2008.

Shadik, A. Sulaiman., Kearifan local Madura (Pesan-Pesan Mulia Dari Leluhur). Surabaya: Bidang PNFI Nilai Budaya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, 2010.

Sjahdeini, Sutan Remy., Perbankan Islam. cet ke-3. Jakarta: PT Pustaka Utama Grafiti, 2007.

Soekanto, Soerjono. Beberapa Permasalahan Hukum Dalam Kerangka Pembangunan di Indonesia, Jakarta: Yayasan Penerbit UI, 1982.

Soemirat, Soleh dan Elvinaro Ardianto., Dasar-Dasar Public Realations. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2012

Sudarsono, Heri., Bank Dan Lembaga Keuangan Syari’ah: Deskripsi Dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonosia, 2003

Suhendi, Hendi., Baitul Mal wa-Tamwil (BMT) Kedudukan, Fungsi dan Tujuannya dalam Membangun Ekonomi. Bandung: Pustaka Bani Quraisy, 2004.

Suhendi, Hendi., Fiqih Muamalah. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta 2010.

Sutisna, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Edisi Pertama. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.

Swastha, Basu dan Irawan., Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty, 2005.

Syafi’i, Rahmad., Fiqih Muamalah. Bandung: Pustaka Setia, 2006.

Tjiptono, Fandi., Prinsip-Prinsip Tota Quality Service, (TQS). Yogyakarta: ANDI, 2003.

Yasona Laoly, Kesadaran Hukum dan Terwujudnya Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia, Disampaikan dalam kuliah umum di Universitas Nurul Jadid 27 Maret 2019.

Yin. Robert. K., Studi Kasus: Desain dan Metode. Edisi 1 Cetakan ke- 11. Jakarta: Rajawali Pers.

Yunus, Jamal Lulail., Manajemen Bank Syariah Mikro. Malang: UIN-Malang Press, 2009.

http://www.bmtnujatim.com

http://journal.unair.ac.id/filerPDF/comm60562abc54full.pdf

Published
2019-12-23
Section
Articles