Pengetahuan dan Keterampilan Guru Bimbingan dan Konseling Mengenai Konseling Multibudaya di Indonesia

  • Dwi Ananda Nur Umami Universitas Negeri Malang
Abstract views: 2393 , PDF downloads: 2926
Keywords: Guidance and Counseling Teachers, Counselor Skills, Multicultural Counseling

Abstract

Keanekaragaman budaya yang ada di Indonesia dan dimiliki konseli sangat beragam. Semakin meningkatnya keragaman budaya tersebut menyadarkan Guru BK (konselor) tentang pentingnya kesadaran multikultural dalam menghadapi suatu perbedaan, sekecil apapun perbedaan tersebut. Konselor dituntut untuk memiliki kompetensi-kompetensi atau keterampilan tetentu untuk melaksanakan tugasnya dengan baik. Salah satunya adalah kompetensi multikultural atau kompetensi yang dimiliki konselor secara khusus untuk memahami keanekaragaman budaya klien. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan keterampilan guru BK mengenai konseling multibudaya terutama di Indonesia sendiri. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan desain studi eksplorasi serta teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket. Hasilnya menunjukkan pengetahuan konselor mengenai konseling multibudaya di Indonesia masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erlamsyah, 2017. Konseling Multibudaya di Sekolah. Prosiding Semarak 50 Tahun Jurusan BK FIP UNP, Seminar Konseling & Talkshow Nasional, 22 April.
Kusmaryani, E. R. 2010. Penguasaan Keterampilan Konseling Guru Pembimbing di Yogyakarta. Jurnal Kependidikan, Volume 40, Nomor. 2.
Akhmadi, Agus. 2017. Kompetensi Konseling Multibudaya Guru BK Madrasah Aliyah Jawa Timur Alumni Diklat BDK Surabaya. Jurnal Diklat Keagamaan, Vol. 11, No. 1.
Riswanto, Dody. 2017. Kompetensi Multikultural Konselor Pada Kebudayaan Suku Dayak Kalimantan Tengah. JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling, Volume 1, No. 2.
Akhmadi, Agus. 2013. Peningkatan Kesadaran Multikultural Konselor (Guru BK). MUADDIB Vol. 03, No. 02.
Subandi. 2011. Deskripsi Kualitatif sebagai Satu Metode dalam Penelitian Pertunjukan. Harmonia, Volume 11, No. 2.
Mudjiyanto, Bambang. 2018. Tipe Penelitian Eksploratif Komunikasi. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol. 22 No. 1
Miskanik. 2018. Penggunaan Konseling Multikultural dalam Mendorong Perkembangan Kepribadian Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Sosio e-kons, Volume 10, No. 3.http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/sosio_ekons.
Yusuf, Muhammad. 2016. Konseling Multikultural sebuah Pradigma Baru untuk Abad Baru. Al-Tazkiah, Volume 5, No. 1.
Nugraha, Agung, dkk. 2017. Kepekaan Multibudaya Bagi Konselor Dalam Layanan Konseling. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, & Research. Vol. 1, No. 1.
Setyaputri, Y. N. 2017. Karakter Ideal Konselor Multibudaya Berdasarkan Nilai Luhur Semar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2 (2).
Aqwal, Shadiqatunil, dkk. 2020. Pelayanan Konseling Multibudaya Di Pondok Pesantren. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling). Vol 5, No. 1.
Published
2022-02-27
Section
Articles