ANALISA SOSIAL DAN MEMBANGUN MADURA PASCA SURAMADU

  • Abdurrahman Abdurrahman
Abstract views: 161 , PDF downloads: 350

Abstract

Abstrac

Keberadaan jembatan Suramadu, sangat menjanjikan bagi kelangsungan hidup masyarakat Madura untuk kedepannya. Karenanya, industrialisasi dipastikan akan tumbuh berkembang di pulau garam ini. Namun demikian,disisi lain--selain perkembangannya--dampak negatifnya tak dapat dinafikan akan turut mewarnai Madura. Dalam persoalan ini, kondisi Madura yang menunjukkan banyaknya pondok pesantren, terlebih sejauh ini sudah diasosiasikan sebagai masyarakat yang religius agamis (Islam), kondisi yang demikian, sejatinya sangat relevan sebagai modal dasar dalam rangka membentengi nilai-nilai luhur kearifan lokal dari ekses negatif globalisasi dan modernisasi. Sejalan dengan itu, pemerintah daerah hendaknya dapat merekontruksi kebijakan yang pro budaya lokal, dengan cerdas dan kritis dalam menyikapi perkembangan industrialisasi nantinya. Selanjutnya, masih dalam tulisan berikut, akan disuguhkan sejumlah agenda prioritas pemerintah dalam upaya membangun Madura dalam rangka menyongsong datangnya era industrialisasi tersebut. Karena sesungguhnya, hakekat dari pencapaian pembangunan secara menyeluruh di Madura ke depan, adalah untuk menumbuh-kembangkan seluruh potensi yang ada.

Kata-kata kunci

suramadu, kearifan lokal, perubahan sosial, prospek ekonomi, membangun madura

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Abdurrahman Abdurrahman
pemerhati sosial dan politik bermukim di Artodung Pamekasan. Kontak person 08563326965, alamat, Artodun- Galis-Pamekasan
Published
2012-04-21
How to Cite
Abdurrahman, Abdurrahman. 2012. “ANALISA SOSIAL DAN MEMBANGUN MADURA PASCA SURAMADU”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 16 (2), 75-86. https://doi.org/10.19105/karsa.v16i2.107.
Section
Original Articles