KEBERTAHANAN PESANTREN TRADISIONAL MENGHADAPI MODERNISASI PENDIDIKAN
Abstract views: 190
,
PDF downloads: 550
Keywords:
Kebertahanan, pesantren, dan modernisasi pendidikan
Abstract
Modernisasi pendidikan berupa penyelenggaraan pendidikan sekolah dan
madrasah modern mengakibatkan banyak pesantren yang mengubah sistem
pendidikannya dengan menyelenggarakan pendidikan yang memasukkan ilmuilmu
non keislaman. Akhir-akhir ini, pesantren-pesantren tersebut menyelenggarakan
sistem pendidikan sekolah dengan menggunakan kurikulum yang
mengikuti program dan kurikulum pemerintah. Sementara itu terdapat
pesantren yang tetap bertahan dengan sistem pendidikan tradisionalnya dan
menolak pendidikan sekolah dan madrasah modern. Pondok Pesantren Al-Is’af
merupakan salah satu pesatren dengan tipe tersebut. Fokus penelitian ini adalah
aspek-aspek kebertahanan Pesantren salaf Al-Is’âf dengan sistem pendidikan
tradisionalnya di tengah arus modernisasi pendididkan, berupa sistem
pendidikan madrasah dan sekolah formal, landasan berpikir Pengasuh Pesantren
Al-Is’âf bertahan menghadapi modernisasi pendidikan, faktor-faktor yang
mempengaruhi kebertahanannya dan implikasi kebertahanan pesantren di
tengah arus modernisasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakannya.
madrasah modern mengakibatkan banyak pesantren yang mengubah sistem
pendidikannya dengan menyelenggarakan pendidikan yang memasukkan ilmuilmu
non keislaman. Akhir-akhir ini, pesantren-pesantren tersebut menyelenggarakan
sistem pendidikan sekolah dengan menggunakan kurikulum yang
mengikuti program dan kurikulum pemerintah. Sementara itu terdapat
pesantren yang tetap bertahan dengan sistem pendidikan tradisionalnya dan
menolak pendidikan sekolah dan madrasah modern. Pondok Pesantren Al-Is’af
merupakan salah satu pesatren dengan tipe tersebut. Fokus penelitian ini adalah
aspek-aspek kebertahanan Pesantren salaf Al-Is’âf dengan sistem pendidikan
tradisionalnya di tengah arus modernisasi pendididkan, berupa sistem
pendidikan madrasah dan sekolah formal, landasan berpikir Pengasuh Pesantren
Al-Is’âf bertahan menghadapi modernisasi pendidikan, faktor-faktor yang
mempengaruhi kebertahanannya dan implikasi kebertahanan pesantren di
tengah arus modernisasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakannya.
Downloads
Download data is not yet available.
Published
2015-03-19
How to Cite
Solichin, Mohammad Muchlis. 2015. “KEBERTAHANAN PESANTREN TRADISIONAL MENGHADAPI MODERNISASI PENDIDIKAN”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 22 (1), 93 - 113. https://doi.org/10.19105/karsa.v22i1.545.
Section
Articles
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.