Budaya Konsumerisme dan Teori Kebocoran di Kalangan Mahasiswa

  • Abdur Rohman Universitas Trunojoyo Madura
Abstract views: 2579 , PDF downloads: 2546
Keywords: budaya konsumerisme, teori kebocoran, ekonomi Islam, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji perubahan nilai religius budaya kerapan sapi da-lam perjalanan sejarahnya. Budaya kerapan sapi yang mulanya lebih di-persepsikan sebagai teologi tradisional kemudian mengalami perubahan makna ke arah teologi pasar. Dalam hal ini, perubahan yang terjadi ada-lah dalam aspek significant symbols yang tidak kelihatan (covert) menjadi significant symbols yang kelihatan (overt). Perubahan ini terkait dengan suatu sikap mental orang Madura, yang mulanya kerapan sapi merupa-kan simbol nilai religius-tradisional, seperti kesopanan, rasa hormat, kesederhanaan, dan rekreasi terarah berubah menjadi simbol ekonomi dan prestise yang permisif dan hedonis (berorientasi pasar), serta menjadi ajang untuk meraih citra serta pengakuan terhadap status sosial dan sta-tus ekonomi yang lebih tinggi. Perubahan ini juga berimplikasi pada mo-tivasi orang Madura dalam memiliki dan memelihara sapi kerapan yang semakin bersifat ekonomis dan prestise.

Copyright (c) 2016 by KARSA. All right reserved 

DOI: 10.19105/karsa.v24i2.894 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ancok, Djamaludin. 2004. Psikologi Terapan : mengupas dinamika kehidupan umat manusia. Yogyakarta : Darussalam Offset

Asy’arie, Musa Islam; Etos Kerja dan Pemberdayaan Ekonomi Umat, cet. 1 (Yogyakarta: LeSFI bekerjasama dengan IL, 1997

David Chaney. Lifestyles: Sebuah Pengantar Komprehensif. Terj. Nuraeni. Yogyakarta : Jalasutra. 2003

Elizabeth B, Hurlock. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi kelima. Jakarta: Erlangga

Featherstone, Mike, Postmodernisme dan Budaya Konsumen, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2005

Febriana, Ismi. Psikologi Konsumtif, http://mhikkyu.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 6 Desember 2011, pukul 14.21 WIB Rifki, Muhammad. Remaja dan Konsumerisme. http://www.sosbud.kompasiana.com, diakses 11 November 2011, pukul 22.40 WIB.

al-Ghazali, al-Mustasfa, Beirut: Dar al-Fikr, tt. Al-Juwaini, Abu al-Ma’ali Abd al-Malik bin Abdullah, al-Burhan, Kairo; Dar al-Ans}a>r,

Gregorius, Service, Quality & Satisfaction, Yogyakarta: Penerbit Andi, 2005

Hafiduddin, Didin dan Setiawan Budi Utomo, (Jakarta: Robbani Press, 1997

Pujiono, Teori Konsumsi Islami, dalam Jurnal Dinamika Pembangunan, vol. 3 no. 2/Desember 2006

Qardhawi, Yusuf al, Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam , Terj. Didin Hafiduddin dan Setiawan Budi Utomo, (Jakarta: Robbani Press, 1997

Reza A. A. Wattimena, Filsafat dan Sains Sebuah Pengantar, (Jakarta: PT Grasindo, 2008.

http://kbbi.web.id/bocor diakses tanggal 3 juli 2016

Ramdan , Al-Buti, Muhammad Sa’id, Dawabit al-Maslahah fi asy-Syari’ah al-Islamiyah, Beirut: Mu’assasah al-Risa>lah, 1990, al-Shatibi, al-Muwafaqat fi Usul al-Ahkam, (Beirut: Dar al-Fikr, tth).

Samuelson, Paul dan William D. Nordhaus, Mikro Ekonomi: Edisi Keempatbelas, (Macroeconomics, Fourteenth Edition), alih bahasa Haris Munandar dkk, cet. V,(Jakarta: Erlangga, 1997

Siska Purkasih, Masalah Konsumerisme di Kalangan Remaja, http://www.siskapurkasih.blogspot.com, diakses 11 November 2011, pukul 22.40 WIB

Sonsaka, Mastur. Remaja dalam kubangan Konsumerisme, http://www.mastursonsaka.wordpress.com, diakses 11 november 2011, pukul 22.40 WIB

Simamora, Bilson, Panduan Riset Prilaku Konsumen, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008

Lorens Bagus, Kamus Filsafat, Ed. 1., ( et. III; Jakarta: Gramedia, 2002

Khan Muhammad Akram, The Role of Government in the Economy “ The Amirican Jornal of Isla>m ic Social Science. Vol.14, No.2, 1997,

Kahf, Monzer, Ekonomi Isla>m : Telaah Analitik terhadap Fungsi Sistem Ekonomi Isla>m , (Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 1995

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran-Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian, (Jakarta: Erlangga,2000

Muhammad. Ekonomi Mikro Dalam Persfektif Isla>m , ( Yogyakarta : BPFE. 2005

Mannan, Teori dan Prakrtek Ekonomi Isla>m (edisi terjemahan). Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf. 1997.

Moningka, C Konsumtif: antara Gengsi dan Kebutuhan. online] (http://www.suarapembaruan.com/News/2006/12/13/urban/urb02.htm) diakses tanggal 30 juni 2016.

Naqvi, Nawab Heidar. Etika dan Ilmu Ekonomi; Suatu Sintesis Islami, terj. Husin Anis dan Asep Hikmat, cet. 3, Bandung: Mizan, 1993

Nazir, Moh.. Metode Penelitian, Jakarta : Ghalia Indonesia, 1983

Zainiyatul Afifih, Penggunaan living mahasiswa bidikmisi universitas trunojoyo, 2016.

Published
2016-12-01
How to Cite
Rohman, Abdur. 2016. “Budaya Konsumerisme Dan Teori Kebocoran Di Kalangan Mahasiswa”. KARSA Journal of Social and Islamic Culture 24 (2), 237-53. https://doi.org/10.19105/karsa.v24i2.894.