Implementasi Media Kegiatan Terapi Bermain Sensorik untuk Anak-anak Berkebutuhan Khusus di Desa Surakarta, Kabupaten Cirebon

  • Tasya Nurul Annisa Institut Agama Islam Negeri Syekh NUrjati Cirebon
  • Asep Mulyana Institut Agama Islam Negeri Syekh NUrjati Cirebon
  • Jazariyah Institut Agama Islam Negeri Syekh NUrjati Cirebon
Abstract views: 79 , PDF downloads: 64

Abstract

Media sensory play merupakan alat yang berfungsi sebagai kegiatan terapi sederhana yang mencakup aspek anak, penerapan media sensory play mempunyai beberapa tahapan proses desain penilaian dalam proses kegiatan Alat media sensory play sangat mudah didapat dimana hal ini bertujuan untuk memperoleh manfaat yang akan berdampak pada tumbuh kembang anak berkebutuhan khusus. Kemudian untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, teknik analisis data melalui reduksi data, dan penarikan kesimpulan, kemudian dilanjutkan dengan keabsahan suatu data dengan menggunakan triangulasi sumber data. diperoleh selama penelitian. Penelitian ini dianalisis menggunakan deskriptif kualitatif. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi media Sensory play pada anak berkebutuhan khusus di Desa Surakarta,

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.sebagai penerapan anak berkebutuhan khusus
Abdullah, N. (2013). Mengenal anak berkebutuhan khusus. agistra, 25(86).
Andreas Dwiputro Handoyono. (2020). Penerapan konsep a.b.l.e pada ruang terapi anak berkebutuhan khusus cerebral palys.
Anggraini, R. R. (n.d.). Persepsi orangtua terhadap anak berkebutuhan khusus deskriptif kuantitatif di SDLB N. 20 Nan Balimo Kota Solok). Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 2(1).
Aryanto, C. B. (2015). Isu Terkini Dalam Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus Anak Tunarungu.tunawicara pada keterbatasan anak usia dini
Atkiston. (2015). Terapi sensori integrasi pada kebutuhan anak autis.
Jakarta.Gramedia indonesia
Azouvi, P. O.-D. (2003). Azouvi, P., Olivier, S., De MoBehavioral assessment of unilateral neglect: study of the psychometric properties of the Catherine Bergego Scale. Archives of p hysical medicine and rehabilitation,.
Budiman, S. &. (2016). Aktivitas Terapi anak berkebutuhan khusus.
Desiningrum. (2015). Perkembangan anak berkebutuhan khusus. Individuals with Disabilites Education Act Amandements .
Efendi, M. (2006). Pengantar psikopedagogik anak berkelainan pada anak berkebutuhan khusus. "Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi TijPEDAGOGI: Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus
Erzad, Azizah Maulina, „Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Di Lingkungan Keluarga‟, Thufula, Vol. 5 | N (2017), 415–31
Fauziyah, Y. (2008). Menyingkap kuasa maskulinitas di balik tabir feminitas wanita Jawa. menelaah anak-anak dan keperibadian.
Hartati, S. (2017). Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang. Hartati, Sri. "Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi TijPEDAGOGI: Pelayanan Anak Berkebutuhan Khusus di Taman Kanak-Kanak Inklusi Tiji Salsabila Kota Padang 3.3b .
Hasanudin, Muhaimin, IndRnto IndRnto, and Dadan Ramdhani. "PKM Peningkatan Kompetensi Terapis dalam Mengembangkan Media Terapi Sensori Integrasi bagi Anak Berkebutuhan Khusus." Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 8.1: 99-105.
Heinich, N. (2014). Le paradigme de l'art contemporain. Structures d'une révolution artistique.
Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., Rohmadheny, P. S., Fakhruddiana, F., Wahyudi, & Wat, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus.
Hidayati, N. (2017). Pembelajaran tema diri sendiri i bermedia komik untuk meningkatkan penguasaan kosakata anak tunarungu di slb. Jurnal Pendidikan Khusus 9.2
Islam, U., & Sunan, N. (n.d.). DAN KLASIFIKASI ABK Dara Gebrina Rezieka , Khamim Zarkasih Putro , Mardi Fitri. 40–53.
Jailani, M SyahranTeori Pendidikan Keluarga Dan Tanggung Jawab Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini‟, Nadwa, 8 (2014), 245–60
Jaya, H. (2012). Pengembangan laboratorium virtual untuk kegiatan paraktikum dan memfasilitasi pendidikan karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1)Hidayah, N., Suyadi, Akbar, S. A., Yudana, A., Dewi, I., Puspitasari, I., Rohmadheny, P. S., Fakhruddiana, F., Wahyudi, & Wat, D. E. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus.
Islam, U., & Sunan, N. (n.d.). DAN KLASIFIKASI ABK Dara Gebrina Rezieka , Khamim Zarkasih Putro , Mardi Fitri. 40–53.
Jovan Abdul Asyraf. (2019). Selebgram Usia remaja. 59–101.
Suheri, T. (1987). PERAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN Dalam memberdayakan Anak Berkebutuhan Khusus Oleh : Titin Suheri , SKp . MSc. 12–21.
Kebudayaan, D. d. (2005). Tradisi Lisan ,Naskah,dan Sejarah catatan pilitik budaya
Kirk, S. G. (2011). Educating exceptional children. Cengage Learning.
Kurniawan. (2019). Pengaruh terapi sensory pada anak autis yang mengalami gangguan sensory di pusat layanan Autis Provinsi bangka belitung. Belitung.
Kohlberg, L. (1975). Moral Stages and Moralization. Dalam Lickona (Ed). Moral Development and Behavior: Theory, Reseach, and Social Issues.
New York: Holt, Rineheart and Winston.
Lickona, T. (1992). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mardiana Andarwati. (2020). Pembelajaran multimedia interaktif untuk anak berkebutuhan khusus (abk) di sekolah inkluisis abk river kids dan pusat terapis insan mandiri P.
Megawangi, R. (2010). Pengembangan Program Pendidikan Karakter di Sekolah: Pengalaman Sekolah Karakter. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation (IHF).
Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter: Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa. Jakarta: BP-Migas, Star Energy.
Muin, I. (2013). Sosiologi UntukSMA/MA kelas X. Kelompok Peminatan Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.Bandung.
Muhaimin Hasanudin. (2005), PKM Peningkatan Kompetensi Terapis mengembangkan media terapi sensori integrasi bagi anak berkebutuhan khusus
Musayaroh, S. (2015). Pendekatan Komunikatif Terhadap Keterampilan Berbicara Anak Autis. Jurnal Pendidikan Khusus 7.2 (2015) .
M. Fdillah, dkk.2014 Edutaitment Pendidikan Anak usia dini menciptakan oembelakjaran Menari,kreatif, dan menyenangkan.Jakarta:Kencana
Nindhita Insani Irawan. (2019) Penerapan Terapi Sensory Integrasi pada anak Tunarungu dengan gangguan keseimbangan, Studi kualitatif Deskriptif di sekolah dan terapi anak berkebutuhan khusus risantya.
Nindhita Insani Irawan. (2020) Penerapan Terapi Sensory Integrasi pada anak tunarungu dengan gangguan keseimbangan
Noor, Juliansyah . 2012 Metode Penelitian :Skripsi,Tesis,Divertasi, dan karya tulis ilmiah. Jakarta:Kencana
Omrod, J. (2015). Perkembangan anak berkebutuhan khusus.Bandung : Remaja.berkarya
Patino. (2014). Perkembanganaktivitas terapi anak berkebutuhan khusus. Bandung: Gramedia.
Priatmoko, Sigit, „Pendidikan islam pada anak berkebutuhan khusu 4.0‟, Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1 (2018), 1–19
Rahardja, D. (2016). Pendidikan Luar Biasa dalam Perspektif Dewasa Ini. 76-88.
R ahmawati, Y. (2019). Profil pertanyaan siswa Tunanetra dalam pembelajaran Matematika berdasarkan Klasifikasi Taksonomi Marbach .
Rani, K. a. (2018). Keterlibatan orangtua dalam penanganan anak berkebutuhan khusus. ABK 55-64.
Sastropoetro, S. (2014). Komunikasi sosial . Remaja Karya: Bandung.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). . Bandung: Alfabeta.
Sunaik, S. (2013). Pelaksanaan Terapi Wicara dan terapi sensory pada anak terkambat bicara.
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan terhadap pola masyarakat setempat. Jakarta: PT. Rajawali Press.
Suheri, T. (1987). PERAN KELUARGA DAN LINGKUNGAN Dalam memberdayakan Anak Berkebutuhan Khusus Oleh : Titin Suheri , SKp . MSc. 12–21.
Suroyo, A. M. (1977.). Pangeran dan petani: sebuah aliansi kraton-desa dalam perang Diponegoro.
Somantri, S. (2013). Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refka Aditama.
Sunaik, S. (2013). Pelaksanaan Terapi Wicara dan terapi sensory pada anak terkambat bicara. Jakarta
Sutjihati, S. (2012). Psikologi anak luar biasa. Bandung: aditama
Syafi‟i, Muhammad, Dahsyatnya Terapi Wudhu pada keberhasilan anak (Jakarta: PT Elex Media Komputindo,
2010)Syahminan Zaini, Arti Anak Bagi Seorang Muslim, Penerbit, Al-Ikhas, Surabaya, 1982
Wardani, G. A. (n.d.). Studi Kinetika dan Isoterm Adsorpsi Timbal (II) pada Kulit Jengkol (Pithecellobium jiringa) . KOVALEN: Jurnal Riset Kimia 3.3 (2017): 252-257.
Wardani, G. A. (2017). Studi Kinetika dan Isoterm Adsorpsi Timbal (II) pada Kulit Jengkol (Pithecellobium jiringa) Teraktivasi. KOVALEN: Jurnal Riset Kimia 3.3 .
Wardani, G. A. (2017). Wardani, GStudi Kinetika dan Isoterm Adsorpsi Timbal (II) pada Kulit Jengkol (Pithecellobium jiringa) Teraktivasi.
Wardani, K. (2010). Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
Wahyuni, S. (2016). Kompetensi guru dalam implementasi pembelajaran pembelejaran pendidikan agama islam berbasis multiple intelligences untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar anak saleh kota malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah malang).
Widodo, A. (2020). Analisis penggunaan Media untuk meningkatkan kemmauan baca siswa Di sekolah dasae. Jurnal pendidikan inklusi
Zahira, Zahra, Islamic Montessori Inspired Activity (Yogyakarta: Bentang Pustaka, 2019)
Published
2024-02-29
Section
Articles