Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Untuk Menstimulasi Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di TK Dw Mojosari Dan TK Dw Putra Harapan Bleber Kabupaten Kediri
![](https://i.ibb.co/4sq7yLG/ico2.png)
![](https://i.ibb.co/8zQW6X2/ico3.png)
Abstract
Penelitian ini Bertujuan untuk memaparkan dan mendiskripsikan Pemanfaatan Platform Merdeka mengajar untuk pembelajaran berdiferensiasi di TK Dharma Wanita Mojosari dan TK Dharma Wanita Putra Harapan Bleber. Pendekatan penelitian yang digunakan di TK Dharma Wanita Mojosari dan TK Dharma Wanita Putra Harapan Bleber adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan multi situs Metode pengumpulan data terlibat dalam pengamatan, wawancara, serta pengumpulan dokumen. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menerapkan model Miles dan Huberman. Untuk memastikan kevalidan data, teknik triangulasi data digunakan. Hasiil penelitian di kedua TK tersebut, yakni:Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh para guru menghasilkan pemahaman mendalam tentang perbedaan strategi penggunaan, faktor pendukung, dan penghambat dalam menerapkan aplikasi ini di lingkungan pendidikan. Platform Merdeka Mengajar dapat merangsang kemampuan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Kesimpulannya adalah Guru telah berhasil menginstal, mengadopsi, dan aktif menggunakan Platform Merdeka Mengajar. Mereka menunjukkan pemahaman yang kuat terhadap platform ini, menggunakan fitur-fitur yang tersedia, terutama dalam pelatihan mandiri, dan banyak di antara mereka yang mendapatkan sertifikasi pelatihan mandiri, hal ini menunjukkan komitmen guru terhadap pengembangan profesional.Penggunaan Platform Merdeka Mengajar telah memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran anak-anak, dan memberikan contoh bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengadopsi teknologi guna mendukung pengalaman belajar anak-anak di masa depan.
Downloads
References
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Bahar, H., & Sundi, V. H. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fakhrurrazi. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Modul Ajar dan Penerapan Aksi Nyata pada Platform Merdeka Mengajar di SDN 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh, 3(2), 76–82.
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Ki, M., & Dewantara, H. (n.d.). Tujuan Pembelajaran .... – Taufik- ||152. c, 152–157.
Kusmaryani, W., Vega, N. De, Fitriawati, & Ulfaika, R. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menggunakan Platform Pembelajaran Digital Melalui Pelatihan Online Teknologi Pendidikan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 62–69. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/26589
Kuswandi, D., Thaariq, Z. Z. A., Kurniawan, C., Aulia, F., Wijanarko, D. A., Kustiawan, U., & Nafi’a, M. Z. I. (2021). Literasi pembelajaran digital dengan integrasi pendekatan tringo ki hadjar dewantara untuk guru-guru smp wahid hasyim malang. Jurnal KARINOV, 4(3), 163–167. https://doi.org/10.17977/um045v4i3p163
Lasari, D. M. (2023). Analisis Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Pendidik pada Sekolah Luar Biasa. 29(19), 123–129.
Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5, 5, 179–184.
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Meuthia, R. (2023). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar Dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 614–639. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1154%0Ahttps://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/download/1154/667
Miyarso, E. (2019). Penilaian Kebutuhan Pelatihan Online Tentang Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru di DIY. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26854
Pramono, P., & Nur Aisyah, E. (2018). Development Of Early Childhood Physical Activity Game Model. 244(Ecpe), 160–163. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.35
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Rasyad, A. (2021). Model Tata Kelola Pelatihan yang Efektif Berbasis Pendekatan Fleksibilitas, Kolaboratif, dan Partisipatif. 36–37.
Republik Indonesia, P. (2005). UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf (p. 17).
Srianita, Y., Rahmi, A. M., & Juhriati, I. (2023). Peningkatan budaya belajar mandiri melalui platform merdeka belajar bagi guru paud. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3007–3013.
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 109.
Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1113. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684
Sulasriani, D., Samawi, A., Sunarti, L., & Laksanawati, E. (2023). Penggunaan Lkpd Ipas Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Terhadap Benda Peserta Didik Kelas Iv Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5077–5092. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8419
Zufar, Z., Thaariq, A., Ramadhani, L. R., Kuswandi, D., Najmi, M., Sinaga, A., Wijanarko, D. A., Hamudi, W. D., Zuliatin, V., Inviano, P., & Abednego, C. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Digital Bagi. Hapemas 2.
Copyright (c) 2024 YAYUK SURYANINGSIH
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).