Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Untuk Menstimulasi Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Di TK Dw Mojosari Dan TK Dw Putra Harapan Bleber Kabupaten Kediri

  • YAYUK SURYANINGSIH TK PGRI 1 REJOMULYO
Abstract views: 85 , PDF downloads: 0

Abstract

Penelitian ini Bertujuan untuk memaparkan dan mendiskripsikan Pemanfaatan Platform Merdeka mengajar untuk pembelajaran berdiferensiasi di TK Dharma Wanita Mojosari dan TK Dharma Wanita Putra Harapan Bleber. Pendekatan penelitian yang digunakan di TK Dharma Wanita Mojosari dan TK Dharma Wanita Putra Harapan Bleber adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan rancangan multi situs Metode pengumpulan data terlibat dalam pengamatan, wawancara, serta pengumpulan dokumen. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menerapkan model Miles dan Huberman. Untuk memastikan kevalidan data, teknik triangulasi data digunakan. Hasiil penelitian di kedua TK tersebut, yakni:Penggunaan Platform Merdeka Mengajar oleh para guru menghasilkan pemahaman mendalam tentang perbedaan strategi penggunaan, faktor pendukung, dan penghambat dalam menerapkan aplikasi ini di lingkungan pendidikan. Platform Merdeka Mengajar dapat merangsang kemampuan pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Kesimpulannya adalah Guru telah berhasil menginstal, mengadopsi, dan aktif menggunakan Platform Merdeka Mengajar. Mereka menunjukkan pemahaman yang kuat terhadap platform ini, menggunakan fitur-fitur yang tersedia, terutama dalam pelatihan mandiri, dan banyak di antara mereka yang mendapatkan sertifikasi pelatihan mandiri, hal ini menunjukkan komitmen guru terhadap pengembangan profesional.Penggunaan Platform Merdeka Mengajar telah memberikan dampak positif dalam peningkatan kualitas pembelajaran anak-anak, dan memberikan contoh bagi lembaga pendidikan lainnya untuk mengadopsi teknologi guna mendukung pengalaman belajar anak-anak di masa depan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N., Rasyad, A., & Hardika. (2020). The Influence of Independence, Adversity Quotient, and Work Motivation on Teacher Performance. 501(Icet), 292–298. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201204.055
Anridzo, A. K., Arifin, I., & Wiyono, D. F. (2022). Implementasi Supervisi Klinis dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8812–8818. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3990
Arnes, A., Muspardi, M., & Yusmanila, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Oleh Guru PPKn untuk Akselerasi Implementasi Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 60–70. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4647
Bahar, H., & Sundi, V. H. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 115–122.
Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279
Fakhrurrazi. (2022). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Modul Ajar dan Penerapan Aksi Nyata pada Platform Merdeka Mengajar di SDN 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Jurnal Ilmiah Ikatan Guru Indonesia (IGI) Aceh, 3(2), 76–82.
Fauzia, R., & Hadikusuma Ramadan, Z. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1608–1617. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5323
Ki, M., & Dewantara, H. (n.d.). Tujuan Pembelajaran .... – Taufik- ||152. c, 152–157.
Kusmaryani, W., Vega, N. De, Fitriawati, & Ulfaika, R. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menggunakan Platform Pembelajaran Digital Melalui Pelatihan Online Teknologi Pendidikan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 28(1), 62–69. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/26589
Kuswandi, D., Thaariq, Z. Z. A., Kurniawan, C., Aulia, F., Wijanarko, D. A., Kustiawan, U., & Nafi’a, M. Z. I. (2021). Literasi pembelajaran digital dengan integrasi pendekatan tringo ki hadjar dewantara untuk guru-guru smp wahid hasyim malang. Jurnal KARINOV, 4(3), 163–167. https://doi.org/10.17977/um045v4i3p163
Lasari, D. M. (2023). Analisis Kompetensi Sosial dan Kompetensi Kepribadian Pendidik pada Sekolah Luar Biasa. 29(19), 123–129.
Lestariningrum, A. (2022). Konsep Pembelajaran Terdefirensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Jenjang PAUD. Semdikjar 5, 5, 179–184.
Marisana, D., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk Meningkatkan Kompetensi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 139–150. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4363
Meuthia, R. (2023). Strategi Pendampingan Komunitas Belajar Dalam Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 614–639. https://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/view/1154%0Ahttps://seminar.ustjogja.ac.id/index.php/semnas_dikdasUST/article/download/1154/667
Miyarso, E. (2019). Penilaian Kebutuhan Pelatihan Online Tentang Kurikulum 2013 Bagi Guru-Guru di DIY. Jurnal Ilmiah WUNY, 1(1). https://doi.org/10.21831/jwuny.v1i1.26854
Pramono, P., & Nur Aisyah, E. (2018). Development Of Early Childhood Physical Activity Game Model. 244(Ecpe), 160–163. https://doi.org/10.2991/ecpe-18.2018.35
Ramdani, M., Yuliyanti, S. Y., Rahmatulloh, I. T., & Suratman, S. (2022). Penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) pada Guru Sekolah Dasar. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 248–254. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.201
Rasyad, A. (2021). Model Tata Kelola Pelatihan yang Efektif Berbasis Pendekatan Fleksibilitas, Kolaboratif, dan Partisipatif. 36–37.
Republik Indonesia, P. (2005). UU 14-2005 Guru dan Dosen.pdf (p. 17).
Srianita, Y., Rahmi, A. M., & Juhriati, I. (2023). Peningkatan budaya belajar mandiri melalui platform merdeka belajar bagi guru paud. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 3007–3013.
Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Ayuningtyas. (2020). Aksiologiya : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan E-learning Bagi Guru Untuk Optimalisasi Pembelajaran Generasi Z. Aksiologiya Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 109.
Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1113. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684
Sulasriani, D., Samawi, A., Sunarti, L., & Laksanawati, E. (2023). Penggunaan Lkpd Ipas Berbasis Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pengaruh Gaya Terhadap Benda Peserta Didik Kelas Iv Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 5077–5092. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8419
Zufar, Z., Thaariq, A., Ramadhani, L. R., Kuswandi, D., Najmi, M., Sinaga, A., Wijanarko, D. A., Hamudi, W. D., Zuliatin, V., Inviano, P., & Abednego, C. (2020). Pengelolaan Media Pembelajaran Digital Bagi. Hapemas 2.
Published
2024-02-29
Section
Articles