Implementation of The Use of Youtube Media Book "Bacalah Sayangku 1" For Vocabulary Introduction In Child-Friendly Paud In Pre-Delima Class of National Preschool Tanjong Sepat Malaysia

  • Alfarobi Ahmad Sulaiman Madura State Islamic Institute
  • Wardah Nabila Madura State Islamic Institute
  • Ardhana Reswari Madura State Islamic Institute
  • Muammar Qadafi University of Southern Queensland
Abstract views: 103 , PDF downloads: 56
Keywords: vocabular, youtube, Child Frendly

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan implementasi pemanfaatan media yotube buku bacalah sayangku 1” untuk pengenalan kosa kata pada anak. Adapun penelitian ini dilaksanakan di pra delima prasekolah kebangsaan tanjong malaysia. Penggunaaan media yutube dalam pembelajaran PAUD ramah anak sangatlah berpengaruh terutama Bahasa melayu, dengan adanya media digital ini dapat mempermudah dan efektif dalam pembelajaran anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun validasi data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik. Hasil penelitian menujukan pemanfatan media youtube dalam pengenalan kosa kata berdampak pada peningkatan motivasi belajar anak dan capaiananak. belajar anak. Penelitian ini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqila, F., & Ardina, M. (2021). YouTube Approach Sebagai Media Pembelajaran Komunikasi Digital Preschool di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Audiens, 2(2), 166–173. https://doi.org/10.18196/jas.v2i2.11863
Aqib, Zainal (2008). Sekolah ramah Anak. Jakarta: Yrama Widya
Dahliana, D., Tulljannah, R., & Syukur, S. K. (2022). Pembuatan Video Belajar Membaca Bagi Siswa Taman Kanak- Kanak Melalui Youtube Sebagai Media Belajar Yang Menarik di Era Digital. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Media teknologi, 1(4), 447–452. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.959
Hayati, M., & Rahimia, R. F. (2021). Pemanfaatan Youtube
Channel Cocomelon Sebagai. 5(1), 14–26
Herminingsih, Nurdin, & Saguni, F. (2022). Pengaruh Youtube Sebagai Media Pembelajaran Dalam Perkembangan Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Siswa. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 1, 79–84. https://jurnal.uindatokarama.ac.id/index.php/kiiies50/article/view/1040
Liyana, A., & Kurniawan, M. (2019). Speaking Pyramid sebagai Media Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
Nasution, S. W. (2021). Assesment Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Dasar. Prosding Seminar Nasional Guruan Dasar, 1(1), 135–142. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.181
Pebri, Tegeh, & Rahayu. (2017). Efektivitas Metode Bercerita Dengan Media Boneka Wayang Terhadap Kemampuan Bercakap-Cakap Anak Kelompok B Di TK Widya Sesana Sangsit 2016/2017. Journal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 5(3), 336–347.
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Guruan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Sunan Kalijaga Yogyakarta, U. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Di Era New Normal Terhadap Hasil Belajar Anak Usia Dini. Universitas Hamzanwadi, 6(01), 169–175. https://doi.org/
Zaman, B., Pd, M., & Eliyawati, H. C. (2010). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, 6(1),
Noorbaiti, Rahmita, et al. “Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 108–16, https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5130.
Paudia, Jurnal Penelitian. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. no. 1, 2011, pp. 59–74.
34.
Noorbaiti, Rahmita, et al. “Implementasi Model Pembelajaran Visual-Auditori-Kinestetik (VAK) Pada Mata Pelajaran Matematika Di Kelas VII E MTsN Mulawarman Banjarmasin.” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 108–16, https://doi.org/10.20527/edumat.v6i1.5130.
Paudia, Jurnal Penelitian. Jurnal Penelitian PAUDIA, Volume 1 No. 1 2011. no. 1, 2011, pp. 59–74.
tp://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._PGTK/197010221998022-CUCU_ELIYAWATI/MEDIA_PEMBELAJARAN_ANAK_USIA_DINI-PPG_UPI.pdf
Dilansir dari laman https://ms.wikipedia.org/wiki/Prasekolah_di_Malaysia pada tanggal 12 November 2023 pukul 05.46
Angito A. dan J. S.” Pengantar Metodologi Kualitatif”, (CV Jejak: 2018).
N. Dwi, “Pengantar Microteaching”, (Deepublish: 2020)
Fadhallah, “WAWANCARA”, (UNJ Press: 2020)
Wati, N. S. (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu Dan Bernyayi Terhadap Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4, 75.
Published
2024-05-17
Section
Conference