Pola Asuh Orang Tua danPerkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan)
Abstract
Pembahasan yang mendasar saat ini orang tua sebagai pendidik pertama dan utama dalam keluarga yang bertanggung jawab terhadap perkembangan moral anak usia dini. Ada tiga fokus yang menjadi kajian utama dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana pola asuh yang di terapkan orang tua terhadap perkembangan anak, 2) Bagaimana perkembangan moral AUD, 3) Bagaimana cara pola asuh orang tua dalam meningkatkan perkembangan moral AUD di TK Al-Ghazali Kolpajung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informannya adalah orang tua dan guru. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pola asuh yang di terapkan orang tua terhadap perkembangan anak adalah memantau setiap perilaku anak supaya tidak menyimpang dari perilaku yang baik. Perilaku orang tua ketika menerapkan pendidikan moral di rumah kepada anak. Langkah orang tua dalam menanamkan moral yang baik pada anak. Kedua, perkembangan moral AUD adalah guru telah menerapkan pembelajaran moral kepada anak di kelas. Orang tua berpartisipasi dalam perkembangan moral anak di rumah. Kepala sekolah melakukan pendekatan dan melakukan pembelajaran moral langsung pada anak serta perilaku yang baik yang harus dilakukan anak. Guru memepertegas dalam masalah moral anak yang dihadapi di dalam kelas. Ketiga, cara pola asuh orang tua dalam meningkatkan perkembangan moral AUD di TK Al-Ghazali Kolpajung diantaranya adalah sebagai berikut: Orang tua melakukan kolaborasi dengan guru dalam meningkatkan moral anak ketika di rumah maupun di sekolah. Orang tua melakukan perilaku yang baik kepada anak supaya di contoh oleh anak. Orang tua menghindari anak dari perkataan kotor yang di sebabkan oleh pengaruh lingkungan baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan di rumah.
Downloads
References
Anggaraini, Wardah & Syafril Syafrimen. (2019). Pengembangan Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini, Dalam jurnal UIN Raden Intan Lampung.
Dewi, Rosmala. (2005). Berbagai Masalah Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta:t.p.
Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran PAUD: Tinjauan Teoretik & Praktik, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasan, Tolhah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jakarta: Mitra Abadi Press.
Helmawati. (2016). Pendidikan Keluarga. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Hidayah, Rifa. (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Malang: UIN-Malang Press.
Israfil. (2015). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia Prasekolah. Dalam Jurnal Program Studi Magister Sains Psikologi, Pasca Sarjana UMM.
Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Jannah, Husnatul. (2012). Bentuk Pola Asuh Dalam Menanamkan Perilaku Moral Pada Anak Usia Di kecamatan Ampek Angkek. Dalam Jurnal PG PAUD FIP Universitas Negeri Padang.
Latif, Mukhtar. (2016). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini:Teori dan Aplikasi. Jakarta:Prenadamedia.
Lestari,Sri, Psikologi Keluarga(Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga). Jakarta: Kencana Prenamedia Group, 2012.
Ngatini,& Lestari. S., (2010). Pendidkan Islam Konseptual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Noor, Rohinah M., (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Setiawati, Farida Agus. (2006). Pendidikan Moral dan Nilai-nilai Agama Pada Anak Usia Dini: Bukan Sekedar Rutinitas. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Yogyakarta.
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wiyani, Novan Ardy. (2013). Bina Karakter Anak Usia Dini, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Yusuf, Syamsu. (2014). Psikologi Perkembangan Anak&Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).