Peran Guru Dalam Mendidik Akhlak Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA Miftahul Ulum Ragang Kecamatan Waru Pamekasan)

  • Saedah Saedah Fakultas Trabiyah IAIN Madura
  • Waqiatul Masruroh Fakultas Trabiyah IAIN Madura
  • Thorik Aziz Fakultas Trabiyah IAIN Madura
Abstract views: 374 , PDF downloads: 755
Untitled downloads: 0

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, cara guru dalam mendidik akhlak anak di RA Miftahul Ulum Desa Ragang  Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. a) memberikan contoh dan teladan yang baik kepada anak. b) memberi keteladanan sejak dini. c) mendidik melalui ucapan dan perbuatan. . Kedua, faktor- faktor pendukung dan penghambat yang di hadapi guru dalam mendidik ahkhlak anak di RA Miftahul Ulum Desa Ragang Kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan. faktor pendukungnya adalah a) karena memang sudah kewajiban dan tanggung jawab seorang guru. b) dukungan dari keluarga. c) lingkungan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: a) karena kesibukan orang tua. b) lingkungan. c) media massa. Ketiga: cara mengatasi faktor penghambat yang di hadapi guru dalam mendidik akhlak anak di RA Miftahul Ulum Desa Ragang  Kecamatan Waru  Kabupaten Pamekasan. a) ketika anak kurang kasih sayag dari orang tua, guru harus memberi perhatian yang lebih kepada anak didiknya. b) orang tua haus mengawasi anak didiknya agar tidak salah dalam bergaul. c) ketika anak sedang menonton TV orang tua harus mengusahakan agar anak tidak menonton hal-hal yang berdampak negatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Suyadi, (2014). Teori Pembeljaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neorosains. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014

Fadlillah, (2013). Muhammad. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Mulyasa, (2016). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Yusuf Syamsu, (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asmawati, Luluk, (2014). Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Takdir Ilahi, Muhammad, (2012). Revitalisasi Pendidikan Berbasis Moral. Jogjakarta: Ar- Ruzz Media.

Hamzah, (2014). Pofesi Kependidikan Problema, Solusi , dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Burdah, Ibnu (2013). Pendidikan Karakter Islami. Jakarta: Erlangga.

Wiyani, Novan Ardi (2015). Manajemen PAUD BermutuKonsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA. Jogjakarta: Gava Media.

Suphatiningrum, Jamil, (2013). Guru Profesional Pedoman Kinerja, Kualifikasi, dan Kompetensi Guru. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf Syamsu, (2011). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sujanto Agus, (2014). Psikologo Kepribadian. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hidayah Rifa, (2009). Psikologi Pengasuhan Anak. Yogyakarta UIN-Malang Press.

Kunandar, (2011). Guru Profesional Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pres.

Ismail, Ilyas, (2013). True Islam Moral, Intlektual, Spiritual. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Ahmad Saebani, Beni (2010). Ilmu Akhlak. Bandung: Pustaka Setia.

Nata, Abuddin, (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wiyani, Novan Ardi, (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Wiyani, Novan Ardi, (2012). Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fadlillah, Muhammad, (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamidi, M Si, (2008). Metode penelitian Kualitatif. Malang: UMM Press.

Anselm Strauss & Juliet Corbin, (2003). Dasar-dasar Penelitian Kualtiatif. yogyakarta PustakaPelajar.

Mulyasa, (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Bumi Rosdakarya.

Published
2020-01-20
Section
Articles