Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini di Sekolah Alam Excelencia Pamekasan

  • Rosa Afdalipah Fakultaas Tarbiyah IAIN Madura
  • Siti Sumihatul Ummah Fakultaas Tarbiyah IAIN Madura
  • Danang Prastyo Fakultaas Tarbiyah IAIN Madura
Abstract views: 696 , PDF downloads: 303

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak kelompok TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Berdasarkan hal tersebut, maka ada dua permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini, yaitu: pertama, bagaimana penerapan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak usia dini di Sekolah Alam Excellentia Pamekasan; kedua, bagaimanakah hasil peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak usia dini di Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) secara kolaboratif dengan model Kemmis &Mc Taggart. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak Kelompok TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan yang berjumlah 14 anak. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara dengan metode bercerita. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam observasi berupa lembar penilaian, untuk dokumentasi menggunakan kamera foto untuk mendokumentasikan segala aktivitas anak selama kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata keterampilan berbicara anak dengan metode bercerita telah mencapai 70%., dan Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berbicara dengan metode bercerita pada anak TK B.1 Sekolah Alam Excellentia Pamekasan. Hal ini di buktikan dengan adanya peningkatan rata-rata kemampuan berbicara anak pada Siklus I sebesar 50%, meningkat menjadi 75% pada tindakan Siklus II. Keterampilan berbicara anak mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Majid, Abdul Aziz. (2013). Mendidik Dengan Cerita. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi, Dkk. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2016) Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi.(2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2017). Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Ar-Ruzz Media, 2017.

Darmila, Lilis, dkk. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Perkembangan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Hajjah Siti Syarifah Kecamatan Medan Tembung. Jurnal Raudhah 6,1. 2018.

Fadlillah, Muhammad & Lilif Mualifatu Khorida. (2016). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fadlillah, Muhammad.(2012). Desain Pembelajaran PAUD (Tinjauan Teoretik & Praktik). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fauziddin, Mohammad. (2014). Pembelajaran PAUD (Bermain, Cerita, dan Menyanyi Secara Islami. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Isnani. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Bermain Peran Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Wates. (Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta 2013).

Jahja, Yudrik. (2011). Psikologi Perkembagan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Karlina, Dwi Nami, dkk. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Digital Storytelling Di TK Apple Kids Salatiga. Jurnal Pendidikan Usia Dini 12, 1.

Moleong,, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa, E. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyati, Yeti. (2014). “Hakikat Keterampilan Berbahasa”. Modul 1.

Mursid, (2016). Pengembangan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiah, Diana. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media Group.

Rahayu, Sri. (2017). Pengembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Kalimedia.

Saddhono, Kundharu & St.Y.Slamet. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santosa, Puji. dkk.(2010). Materi Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saputra, Windriantari. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar pada Anak Kelompok A di TK Bener Yogyakarta. (Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta).

Sari, Linda. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pare Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas Kelas V Di MIN Lhoknga Aceh Besar. (Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Suharyanti. (2011). Pengantar Dasar Keterampilan Berbicara. Surakarta: Yuma Pustaka.

Susanti, Yumi Olva. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Bermain Peran Mikro. Jurnal Potensia 2, 1.

Tamara, Dayu. (2014). Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak Kelompok A Di TK Pertiwi Keprabon Polanharjo Klaten. (Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Ummah MS, S. (2015). Sumihatul dkk. Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Dengan Metode Suggestopedia Pada Mahasiswa Semester II-E TBI STAIN Pamekasan. Jurnal Okara 2 X.

Wiyani, Novan Ardy dan Barnawi. (2012). Format PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Wiyani, Novan Ardy. (2016). Konsep Dasar PAUD. Yogyakarta: Gava Media.

Wiyani, Novan Ardy.(2015). Manajemen PUD Bermutu: Konsep Dan Praktik MMT Di KB, TK/RA. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Yofita Rahayu, Apriyanti. (2013). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media. 2013.

Zubaidah, Enny. (2015). Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2020-01-20
Section
Articles