Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Gambar

  • Azizah Azizah Fakultas Tarbiyah IAIN Madura
  • Siti Sumihatul Ummah
  • Rusdiana Navlia
Abstract views: 1246 , PDF downloads: 500

Abstract

Berhubung peneliti mengetahui masalah atau kesulitan siswa RA. Raudhatul Hasanah dalam pelajaran menulis, mereka diketahui tidak bisa menulis dengan benar, tepat dan rapi setingkat anak usia dini apalagi menulis bahasa inggris, dengan itu peneliti memiliki keinginan untuk mencarikan solusi kesulitan tersebut. Mereka masih dapat dikatakan baru dalam dunia pendidikan formal dan sangat pemula dalam menulis. Kondisi seperti ini, dirasa penting untuk ditanggulangi. Dalam hal ini peneliti menggunakan media gambar sebagai solusi dalam memecahkan permasalahan dalam menulis kata Bahasa Inggris yang sangat sederhana. Sebab media gambar merupakan salah satu media yang menarik dalam meningkatkan keterampilan menulis untuk membuat siswa merasa lebih mudah dalam menulis. Ada dua rumusan masalah dalam penelitian ini. Yang pertama adalah  bagaimana aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis bahasa inggris dengan menggunakan media gambar. Kedua, bagaiman hasil belajar siswa dalam keterampilan menulis bahasa inggris dengan menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Stephen Kemmis dan Robbin Mc Taggart yang terdiri dari empat komponen, antara lain: Rencana, Tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan format obsevasi/penilaian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, pengukuran hasil tes belajar, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah bila rata-rata kemampuan menulis bahasa inggris melalui media gambar telah mencapai 70%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menulis Bahasa Inggris melalui media gambar di RA. Raudhatul Hasanah di Desa Saobi Kecamatan Kangayan Kabupaten Sumenep, hal ini di buktikan dengan peningkatan rata-rata kemampuan menulis Bahasa Inggris pada siklus I sebesar 60,0% sedangkan sklus II mengalami peningkatan dibandingkan siklus pertama sebesar 74.0%. kemampuan menulis Bahasa Inggris mengalami peningkatan setelah peneliti memberikan tindakan yang dilakukan melalui beberapa tahapan dan proses, yaitu; 1) Mempersiapkan/merancang media gambar, 2) Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran Harian  (RPPH), 3) Membuat pedoman observasi untuk mengetahui hasil belajar dan aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran sebagai wujud dari hasil peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis teks bahasa Inggris yang sudah di jelaskan dan diperlihatkan dengan strategi penggunaan media gambar, 4) Merancang alat evaluasi dalam bentuk media gambar lengkap dengan teks bahasa Inggrisnya sebagai wujud dari pemahaman siswa dalam menulis teks bahasa Inggris.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqid, Zainal, dkk. Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruz Media, 2017.

Arikunto, Suharsimi Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2016.

Arikunto, Suharsimi dkk.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Asmawati, Luluk. Perencanaan Pembelajaran Paud. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2014,

Badriah, Ana Fajriyahtul. Analisis Vadilitas dan Reliabilitas Butir Soal Pendidikan Agama Islam Di SLTPN 13 Surabaya. Skripsi. IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2009.

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2014.

Prastowo, Andi. Metode Penelitian Kualitatif dalam Prespektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar–Ruzz Media, 2014.

Sanjaya, Wina. Penelitian Pendidikan Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Prenada Media Group, 2013.

Published
2020-01-20
Section
Articles