Kurikulum Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di RA Raudhatul Ta’lim Pamekasan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas pembelajaran PAUD berbasis multiple intelligence di RA Raudhatul Ta’lim.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif; teknik pengumpulan datanya dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran PAUD berbasis multiple intelligence pada anak usia dini di RA Raudhatul Ta’lim dilakukan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam materi pembelajaran yang disusun pada kurikulum. Selain itu, pengembangan pembelajaran multiple intelligence dilakukan dengan bermain, bernyanyi, bercerita, karya wisata melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan, berdiskusi dan, dan jalan-jalan. Pembelajaran yang melibatkan seluruh kecerdasan anak didik akan berdampak positif bagi masa depan anak.
Downloads
References
Anita, Yus. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Ardy, Wiyani Novan dan Barnawi. 2014. Format PAUD. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.
Fadlillah, MUhammad. 2014. Desain Pembelajaran PAUD. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.
Kemendikbud. RI. 2014. Buku Panduan Pendidik Kurikum 2013 PAUD Anak Usia 4-5 Tahun. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2012. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen PAUD Non Formal dan Informal.
Kemendiknas. 2010 Tingkat pencapaian Perkembangan Anak TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Machali, Imam. 2014. Dimensi Kecerdasan Majemuk dan Kurikulum 2013. Insania, Volume.19, No.1, Januari – Juni 2014. Halaman (21-45).
Noorlaila, Iva.2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogjakarta: pinus Book Publishe
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).