Kurikulum Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences di RA Raudhatul Ta’lim Pamekasan

  • nur afiyah IAIN MADURA
  • Siti Aisyatul Magfiroh
  • Siti Maysaroh
  • Sofiyah Sofiyah
Abstract views: 219 , PDF downloads: 306

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas pembelajaran PAUD berbasis multiple intelligence di RA Raudhatul Ta’lim.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif; teknik pengumpulan datanya dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan pembelajaran  PAUD berbasis multiple intelligence pada anak usia dini di RA Raudhatul Ta’lim dilakukan dengan cara mengintegrasikannya ke dalam materi pembelajaran yang disusun pada kurikulum. Selain itu, pengembangan pembelajaran multiple intelligence dilakukan dengan bermain, bernyanyi, bercerita, karya wisata melibatkan anak secara langsung dalam kegiatan, berdiskusi dan, dan jalan-jalan. Pembelajaran yang melibatkan seluruh kecerdasan anak didik akan berdampak positif bagi masa depan anak.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita, Yus. 2014. Model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Ardy, Wiyani Novan dan Barnawi. 2014. Format PAUD. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.

Fadlillah, MUhammad. 2014. Desain Pembelajaran PAUD. Yogjakarta: Ar-ruzz Media.

Kemendikbud. RI. 2014. Buku Panduan Pendidik Kurikum 2013 PAUD Anak Usia 4-5 Tahun. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2012. Konsep dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen PAUD Non Formal dan Informal.

Kemendiknas. 2010 Tingkat pencapaian Perkembangan Anak TK. Jakarta: Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Machali, Imam. 2014. Dimensi Kecerdasan Majemuk dan Kurikulum 2013. Insania, Volume.19, No.1, Januari – Juni 2014. Halaman (21-45).

Noorlaila, Iva.2010. Panduan Lengkap Mengajar PAUD. Yogjakarta: pinus Book Publishe

Published
2020-08-27
Section
Articles