Penerapan Permainan Maze dalam Pembelajaran untuk Pengembangan Kognitif Anak di TK PKK Jalmak Desa Jalmak Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan Jawa Timur
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Penerapan Permainan Maze dalam Pembelajaran untuk Pengembangan Kognitif Anak di TK PKK Jalmak Pamekasan. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif metode bermain yang dilaksanakan di TK PKK Jalmak Pamekasan. Subjek penelitian ini adalah Kelompok TK-A2 yang berjumlah 20 anak, yang terdiri dari 13 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Objek yang diteliti adalah pengembangan kognitif anak. Teknik pengumpulan data dari penelitian adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, penerapan permainan maze dalam pembelajaran untuk pengembangan kognitif anak di TK PKK Jalmak Pamekasan dilakukan dengan cara guru menjelaskan atau mempraktikkan kepada anak-anak. Setelah guru menjelaskan kepada anak lalu anak tersebut melakukan permainan tersebut hingga selesai dengan cara mewarnai jalan mana yang harus dituju. Jika ada yang kurang paham atau mengerti guru mengulangnya lagi penjelasan tentang bagaimana permainan maze. Kedua, faktor pendukung dari penerapan permainan maze dalam pembelajaran untuk pengembangan kognitif anak yaitu guru selalu memberikan motivasi terhadap anak dan sarana bermain yang disediakan untuk merangsang dan mendorong eksplorasi anak. Ketiga, faktor penghambat dari penerapan permainanmaze dalam pembelajaran untuk pengembangan kognitif anak yaitu media penunjang lain berupa permainan edukatif yang belum begitu lengkap, sehingga mengambil gambar di internet dan diprint out sebagai media pembelajaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengembangan kognitif anak di TK PKK Jalmak Pamekasan mulai berkembang secara maksimal dibuktikan dari 20 anak, 2 anak belum berkembang dan 18 anak sudah mulai berkembang.Downloads
References
Fadlillah, Muhammad. 2012.Desain Pembelajaran PAUD. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Fadlillah, Muhammad. 2013.Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR-Ruzz Media.
Fatmaini, Siti. 2018. “Pengaruh Aktivitas Bermain Media Maze Angka terhadap Perkembangan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun”,Skripsi, Universitas Lampung, Bandar Lampung.
Helmawati. 2015.Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2011.Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2014.Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa. 2012.Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mursid. 2016.Pengembangan Pembelajaran Paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putra, Nusa. 2012.Penelitian Kualitatif PAUD. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Puspitarani, Putri. 2018. “Makna Menjadi Guru Taman Kanak-kanak”, Junal Empati Fakultas PsikologiUniversitas Diponegoro.
Rahayu, Aprianti Yofita. 2013.Menumbuhkan Kepercayaan Diri Melalui Kegiatan Bercerita. Jakarta: PT Indeks.
Roudhotul Jannah, Rina. 2018.144 Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini berbasis Multiple Intelligences. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Solichin, Muchlis. 2017.Psikologi Belajar. Surabaya: Pena Salsabila.
Susanto, Ahmad. 2012.Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyadi. 2014.Manajemen PAUD. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suyadi. 2013. Maulidya Ulfa. Konsep Dasar paud. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).