Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2-3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat

  • Halimatu Zuhra Universitas Islam Negeri Mataram
  • Nani Husnaini Universitas Islam Negeri Mataram
  • Khaerani Saputri Imran Universitas Islam Negeri Mataram
Abstract views: 1879 , PDF downloads: 1055

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa bentuk penggunaan gadget pada anak usia 2-3 tahun di dusun Oi Saja kabupaten Bima, serta bagaimana bentuk pengawasan orangtua terhadap anak dalam bermain gadget dan apa saja dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk penggunaan gadget pada anak usia 2-3 tahun di dusun Oi Saja Kabupaten Bima di antaranya yaitu membuka aplikasi youtube, bermain game dan membuka aplikasi tik-tok dengan durasi penggunaan gadgetyang berbeda-beda, sedangkan bentuk pengawasan orang tua pada anak dalam bermain gadget yaitu mengawasi aplikasi yang dibuka oleh anak, mengawasi durasi penggunaan gadget pada anakserta mengawasi sikap anak dalam bermain gadget, dan beberapa dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak yaitu berdampak pada perkembangan sosial anak, perkembangan emosi dan juga berdampak pada kesehatan anak, serta memiliki beberapa dampak positif yaitu: Meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan dalam berbahasa, dan menambah kosa kata.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajeng Putri Pradevi. (2020). Hubungan Pengawasan Ornag tua Dalam Pengunaan Gadget dengan Kemampuan Empati Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 9, (1).

Maulidya Adevia dan Desy Fitrianingsih. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Usia Prasekolah Di Tk Pembina Kota Tegal. Jurnal Siklus, Vo. 7. No. 2.

Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu. Vol. 13.

Nizar Rabbi Radliya, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Jurnal Penelitian. Jakarta: Unikom.

Nurhaeda. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu, Early Childhood Education Indonesian Journal, Palu:FKIP Universitas Muhammadiyah Palu.

Okky Rachma Fajrin. (2015). Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gadget dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar, Jurnal Idea Societa, (Gresik: SDNU1 Gresik).

Perlina, P & N. (2010. Pengembangan Perilaku Sosial Anak dalam Aspek Kerjasama Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3071-3082.

Putri, Emri Oktaresa., dkk. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Perilaku Sosial Anak Pra Sekolah. Jurnal Cakrawala Promkes, 2.

Tria Puspita Sari dan Amy Asma Mistalia. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al-Mukmin. Profesi.13 (2).

Inayah Istiqomah. (2019) Peran Orangtua dalam menanggulangi kecanduan gadget pada anak di kelurahan gotong royong Tanjung karangn Bandar lampung, Skripsi (Lampung: UIN Raden Intan Lampung).

Sunita indian, Mayasari Eva. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Skripsi, STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, PekanBaru.

Widya Rika. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget terhadap perilaku anak usia dini dan penanganannya di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu Universitas Pembangunan Panca Budi, Vol 13, No.1.

Widya Ernawati. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 tahun) di SD Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. Skripsi, Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Vivi, Melindungi Anak dari Bahaya Gadget. Malang: Tanpa Penerbit, 2015.

Idad Suhada. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal), Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Lexy J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, XXXVI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

J. Sutrisno. (2018). Sikap Konsumen terhadap Produk Counterfeit (Studi pada Prilaku Pembelian gadget Mahasiswa). Tesis. (Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Yuni Anggraeni, (2019). Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Di RA Yapsi sumberjaya Lampung Barat, Skripsi, Lampung: Uin Raden Intan Lampung.

Published
2022-08-27
Section
Articles