Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2-3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seperti apa bentuk penggunaan gadget pada anak usia 2-3 tahun di dusun Oi Saja kabupaten Bima, serta bagaimana bentuk pengawasan orangtua terhadap anak dalam bermain gadget dan apa saja dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial emosional anak. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan juga dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk penggunaan gadget pada anak usia 2-3 tahun di dusun Oi Saja Kabupaten Bima di antaranya yaitu membuka aplikasi youtube, bermain game dan membuka aplikasi tik-tok dengan durasi penggunaan gadgetyang berbeda-beda, sedangkan bentuk pengawasan orang tua pada anak dalam bermain gadget yaitu mengawasi aplikasi yang dibuka oleh anak, mengawasi durasi penggunaan gadget pada anakserta mengawasi sikap anak dalam bermain gadget, dan beberapa dampak negatif dari penggunaan gadget pada anak yaitu berdampak pada perkembangan sosial anak, perkembangan emosi dan juga berdampak pada kesehatan anak, serta memiliki beberapa dampak positif yaitu: Meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan dalam berbahasa, dan menambah kosa kata.
Downloads
References
Ajeng Putri Pradevi. (2020). Hubungan Pengawasan Ornag tua Dalam Pengunaan Gadget dengan Kemampuan Empati Anak. Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 9, (1).
Maulidya Adevia dan Desy Fitrianingsih. (2018). Pengaruh Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Masalah Mental Emosional Anak Usia Prasekolah Di Tk Pembina Kota Tegal. Jurnal Siklus, Vo. 7. No. 2.
Munisa. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap interaksi sosial anak usia dini di TK Panca Budi Medan. Jurnal Abdi Ilmu. Vol. 13.
Nizar Rabbi Radliya, dkk. (2017). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini, Jurnal Penelitian. Jakarta: Unikom.
Nurhaeda. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam Di PAUD Terpadu Mutiara Hati Palu, Early Childhood Education Indonesian Journal, Palu:FKIP Universitas Muhammadiyah Palu.
Okky Rachma Fajrin. (2015). Hubungan Tingkat Penggunaan Teknologi Mobile Gadget dan Eksistensi Permainan Tradisional Pada Anak Sekolah Dasar, Jurnal Idea Societa, (Gresik: SDNU1 Gresik).
Perlina, P & N. (2010. Pengembangan Perilaku Sosial Anak dalam Aspek Kerjasama Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 3071-3082.
Putri, Emri Oktaresa., dkk. (2020). Hubungan Lama Penggunaan Gadget dengan Perilaku Sosial Anak Pra Sekolah. Jurnal Cakrawala Promkes, 2.
Tria Puspita Sari dan Amy Asma Mistalia. (2016). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Personal Sosial Anak Usia Pra Sekolah di TKIT Al-Mukmin. Profesi.13 (2).
Inayah Istiqomah. (2019) Peran Orangtua dalam menanggulangi kecanduan gadget pada anak di kelurahan gotong royong Tanjung karangn Bandar lampung, Skripsi (Lampung: UIN Raden Intan Lampung).
Sunita indian, Mayasari Eva. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Skripsi, STIKes Al-Insyirah Pekanbaru, PekanBaru.
Widya Rika. (2020). Dampak Negatif Kecanduan Gadget terhadap perilaku anak usia dini dan penanganannya di PAUD Ummul Habibah. Jurnal Abdi Ilmu Universitas Pembangunan Panca Budi, Vol 13, No.1.
Widya Ernawati. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Tajam Penglihatan Pada Anak Usia Sekolah (6-12 tahun) di SD Muhammadiyah 2 Pontianak Selatan. Skripsi, Pontianak: Universitas Tanjungpura.
Vivi, Melindungi Anak dari Bahaya Gadget. Malang: Tanpa Penerbit, 2015.
Idad Suhada. (2016). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini (Raudhatul Athfal), Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, XXXVI. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
J. Sutrisno. (2018). Sikap Konsumen terhadap Produk Counterfeit (Studi pada Prilaku Pembelian gadget Mahasiswa). Tesis. (Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Yuni Anggraeni, (2019). Pengawasan Orang Tua Dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Di RA Yapsi sumberjaya Lampung Barat, Skripsi, Lampung: Uin Raden Intan Lampung.
Copyright (c) 2022 Khaerani Saputri Imran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).