PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK PADA MASA POST COVID 19

  • Niswatin Niswatin Institut Agama Islam Al Khoziny
Abstract views: 411 , PDF downloads: 467
Keywords: the role of parents, motor development, post covid-19

Abstract

Pada masa post covid-19 pelaksanaan pembelajaran di sekolah mulai normal kembali, pemangku kebijakan di sekolah harus mempersiapkan peserta didik untuk hidup sehat di era post covid-19, ada berbagai aspek yang harus dipertahankan dan ditingkatkan diantaranya adalah peranan orang tua dalam mendampingi pengembangan motoric anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orang tua dalam mendampingi pengembangan motoric anak pada masa post covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research atau kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua mempunyai pengetahuan dan pengalaman baru pada saat mendampingi anak belajar pada masa pandemic covid-19. Saat ini sudah memasuki masa post covid-19 dimana pembelajaran tatap muka sudah dimulai. Peranan orang tua tetap dilibatkan dan dimaksimalkan pada aspek: mengenali perkembangan kemampuan motoric anak, pengasuhan dan pendidikan, pembimbingan, motivator, dan fasilitator. Hal tersebut bisa dilakukan orang tua pada saat anak berada di rumah sehingga dapat memaksimalkan perkembangan motoric kasar dan motoric halus anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aguss, R. M., Fahrizqi, E. B., & Abiyyu, F. F. A. (2021). Analisis Dampak Wabah Covid-19 Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Penjaskesrek, 8(1), 46-56.

Chandrawati, T., Mufida, F., Wijaya, Y., Wahyuningtiah, T., Parlina, E., & Maryani, C. (2020). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Masa Covid 19. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO, 219-226.

Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665.
Lestari, M. D. (2020). Peran Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Wabah Covid-19. Academia. Edu, 1-12.
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan orang tua dalam program sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205-218.
Rosdiana, (2006) Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini: Survei Pada Kelompok Bermain Di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI, 1(2), 62–72. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0102.10

Sulistiawati, R. (2017). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Lokomotor di Taman Kanak-kanak Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Zahro, A. F. (2022). Tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di masa pandemi ditinjau dari pola asuh orang tua di TK Islam Terpadu An-Nur Kebomas Gresik. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 12-22.
Published
2022-09-15
Section
Articles