PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI PENGEMBANGAN MOTORIK ANAK PADA MASA POST COVID 19
Abstract
Pada masa post covid-19 pelaksanaan pembelajaran di sekolah mulai normal kembali, pemangku kebijakan di sekolah harus mempersiapkan peserta didik untuk hidup sehat di era post covid-19, ada berbagai aspek yang harus dipertahankan dan ditingkatkan diantaranya adalah peranan orang tua dalam mendampingi pengembangan motoric anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan orang tua dalam mendampingi pengembangan motoric anak pada masa post covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan library research atau kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua mempunyai pengetahuan dan pengalaman baru pada saat mendampingi anak belajar pada masa pandemic covid-19. Saat ini sudah memasuki masa post covid-19 dimana pembelajaran tatap muka sudah dimulai. Peranan orang tua tetap dilibatkan dan dimaksimalkan pada aspek: mengenali perkembangan kemampuan motoric anak, pengasuhan dan pendidikan, pembimbingan, motivator, dan fasilitator. Hal tersebut bisa dilakukan orang tua pada saat anak berada di rumah sehingga dapat memaksimalkan perkembangan motoric kasar dan motoric halus anak.
Downloads
References
Chandrawati, T., Mufida, F., Wijaya, Y., Wahyuningtiah, T., Parlina, E., & Maryani, C. (2020). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini Masa Covid 19. E-PROSIDING PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO, 219-226.
Ismawati, D., & Prasetyo, I. (2020). Efektivitas pembelajaran menggunakan video zoom cloud meeting pada anak usia dini era pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 665.
Lestari, M. D. (2020). Peran Orang Tua Siswa Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran Daring Selama Wabah Covid-19. Academia. Edu, 1-12.
Prabhawani, S. W. (2016). Pelibatan orang tua dalam program sekolah di TK Khalifah Wirobrajan Yogyakarta. Pendidikan Guru PAUD S-1, 5(2), 205-218.
Rosdiana, (2006) Partisipasi Orangtua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini: Survei Pada Kelompok Bermain Di Kota Yogyakarta. Jurnal Ilmiah VISI, 1(2), 62–72. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JIV.0102.10
Sulistiawati, R. (2017). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Gerak Lokomotor di Taman Kanak-kanak Widya Bhakti Tanjung Senang Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Umar, M. (2015). Peranan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar anak. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 1(1), 20-28.
Zahro, A. F. (2022). Tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di masa pandemi ditinjau dari pola asuh orang tua di TK Islam Terpadu An-Nur Kebomas Gresik. Jurnal Penelitian Anak Usia Dini, 1(1), 12-22.
Copyright (c) 2022 Niswatin Niswatin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).