Pelatihan metacognitive memorizing model untuk penguatan pemahaman Bahasa Arab qur’ani bagi penghafal al-Qur’an berbasis chunking digital materials

  • Moh. Fery Fauzi Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0001-7478-4192
  • Moh. Fauzan Universitas Negeri Malang
  • Faris Khoirul Anam Universitas Negeri Malang
  • Auqi Lu’lu In Nada Universitas Negeri Malang
  • Keysha Wahyu Kinanthi Universitas Negeri Malang
  • Irma Anindiati Arabiyyun
Abstract views: 51 , PDF downloads: 21
Keywords: Metacognitive Memorizing Model, Qur'anic Arabic, Chunking Digital Materials

Abstract

Teaching Qur’anic Arabic is often overlooked in programs for Qur’an memorization, even though it is essential for students to memorize and comprehend the divine message in its original language. Teaching Qur’anic Arabic has faced challenges in the digital era in many pesantren. They have faced numerous problems in media usage and teaching methods, especially for teachers who are teaching students specializing in Qur’an memorization. This community service programs aim to provide Metacognitive Memorizing Model Training to strengthen understanding of Qur’anic Arabic for Qur’anic memorizers based on Chunking Digital Materials. This community service activity was conducted at Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Al-Mu’anawiyah, Sambisari, Ceweng, Diwek, Jombang. This service activity was carried out in 5 phases, namely: (1) socialization of activities to partners; (2) assessment of technological pedagogical content knowledge (TPACK); (3) Focus Group Discussion (FGD) between the service team and the head of the foundation and pesantren administrators; (4) training in the application of the Metacognitive Memorizing Model to strengthen understanding of Qur’anic Arabic; and (5) mentoring. The results of this activity are that the community service team has developed Moodle-based e-learning for interactive Arabic language learning, written a book entitled ‘E-Learning Arabic Language Learning,’ and researched and published work related to Arabic Language Learning innovations. The level of technology readiness for the community service is at level 4, which is the application of the use, development, and application of technology in society. The result of this training activity is that the students of Al-Qur’an memorization have high enthusiasm for learning Arabic and can apply the Qur’anic Arabic Comprehension of Chunking Digital Materials method.

[Pengajaran Bahasa Arab Qur’ani sering terabaikan dalam program-program hafalan Al-Qur’an, padahal hal ini sangat penting bagi siswa/santri tidak hanya untuk menghafal tetapi juga memahami pesan Ilahi dalam bahasa asli, yakni bahasa Arab. Pengajaran bahasa Arab Qur’ani menghadapi tantangan dan kendala di banyak pesantren. Mereka menghadapi berbagai masalah dalam penggunaan media dan metode pengajaran, terutama bagi para guru dalam mengajar siswa yang focus dalam menghafal Al-Qur’an. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan Pelatihan Metacognitive Memorizing Model untuk penguatan pemahaman Bahasa Arab Qur’ani bagi penghafal Al-Qur’an berbasis Chunking Digital Materials. Kegiatan pengabdian ini dilakukan di Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Al-Mu'anawiyah, Sambisari, Ceweng, Diwek, Jombang. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dalam 5 fase, yaitu: (1) sosialisasi kegiatan kepada mitra; (2) pengkajian Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK); (3) Focus Group Discussion (FGD) antara tim pengabdian dengan ketua yayasan dan pengurus pesantren; (4) pelatihan penerapan Metacognitive Memorizing Model untuk penguatan pemahaman Bahasa Arab Qur’ani; dan (5) pendampingan. Keunggulan kegiatan ini adalah tim pengabdian telah mengembangkan e-learning berbasis moodle untuk pembelajaran Bahasa Arab interaktif dan menulis buku berjudul, “E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab” serta meneliti dan memublikasikan karya terkait inovasi Pembelajaran Bahasa Arab (PBA). Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) pengabdian ini berada pada level 4, yaitu aplikasi penggunaan, pengembangan, dan penerapan teknologi di masyarakat. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah santri penghafal Al-Qur'an memiliki antusias yang tinggi dalam belajar bahasa Arab dan mampu menerapkan pembelajaran bahasa Arab Qur'ani dengan media Chunking Digital Materials.]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Moh. Fery Fauzi, Universitas Negeri Malang

Moh. Fery Fauzi merupakan dosen Departemen Sastra Arab, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Penulis mendapatkan gelar sarjana Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Malang pada tahun 2013 dan gelar magister Pendidikan Bahasa Arab Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim pada tahun 2016. Sebagai pendidik, penulis sangat aktif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian. Dalam bidang penelitian dan pengabdian, penulis berfokus pada inovasi pendidikan dan pembelajaran Bahasa Arab serta penerapan pembelajaran Bahasa Arab yang efektif dan efisien.

Moh. Fauzan, Universitas Negeri Malang

Moh. Fauzan merupakan Dosen aktif Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Departemen Sastra Arab, Fakultas Satra, Universitas Negeri Malang. Penulis beberapa kali terlibat aktif dalam program penelitian dan pengabdian dosen Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Dalam program penelitian dan pengabdian, penulis cenderung berfokus pada Teknologi Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab.

Faris Khoirul Anam, Universitas Negeri Malang

Faris Khoirul Anam merupakan Dosen aktif Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Departemen Sastra Arab, Fakultas Satra, Universitas Negeri Malang. Penulis beberapa kali terlibat aktif dalam program penelitian dan pengabdian dosen Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Dalam program penelitian dan pengabdian, penulis cenderung berfokus pada Pembelajaran Agama Islam.

Auqi Lu’lu In Nada, Universitas Negeri Malang

Auqi Lu’lu In Nada merupakan alumni Program Studi S1 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Departemen Sastra Indonesia, Fakultas Satra, Universitas Negeri Malang tahun 2024. Penulis beberapa kali terlibat aktif dalam program penelitian dan pengabdian dosen Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Dalam program penelitian dan pengabdian, penulis cenderung berfokus pada pendalaman inovasi pendidikan dan ilmu bahasa.

Keysha Wahyu Kinanthi, Universitas Negeri Malang

Keysha Wahyu Kinanthi merupakan mahasiswa aktif Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Departemen Sastra Arab, Fakultas Satra, Universitas Negeri Malang. Penulis beberapa kali terlibat aktif dalam program penelitian dan pengabdian dosen Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Dalam program penelitian dan pengabdian, penulis cenderung berfokus pada pendalaman inovasi pendidikan dan ilmu bahasa.

Irma Anindiati, Arabiyyun

Irma Anindiati merupakan CEO Arabiyyun dan praktisi pengajar Bahasa Arab dan developer e-learning untuk pembelajaran Bahasa Arab untuk kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Universitas Negeri Malang. Penulis beberapa kali terlibat aktif dalam program penelitian dan pengabdian dosen Departemen Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Dalam program penelitian dan pengabdian, penulis cenderung berfokus pada e-learning dan teknologi pembelajaran Bahasa Arab.

References

Anisatin, L., Sunarto, S., & Fauzi, M. F. (2021). Development of mE-Book Based Practical Arabic syntax. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 5 (2), 187–203. https://doi.org/10.18326/lisania.v5i2.187-203

Ahmadi, M., Istita’ah, K., Sholihah, N. R., & Arifah, Z. (2018). Penggerakan Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren Modern. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), 70-80. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.70

Bako, F. M., Masrurah, F., Tuli, F., & Arifah, D. (2018). Pengawasan dan Evaluasi Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(1), 61-69. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i1.72

Haryono, E., Al Murtaqi, M. R., Izzah, A. N. L., Septian, D., & Sariman, S. (2024). Metode-Metode Pelaksanaan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Untuk Perguruan Tinggi. Al Fattah Ejournal SMA Al Muhammad Cepu, 5(02), 1-21. https://doi.org/10.1989/b4ejqb56

Chang, M. M. (2007). Enhancing web-based language learning through self-monitoring. Journal of Computer Assisted Learning, 23(3), 187–196. https://doi.org/10.1111/j.1365-2729.2006.00203.x

Darwis, M. (2020). Revitalisasi Peran Pesantren di Era 4.0. Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, 6(1), 128-137. https://doi.org/10.36835/dakwatuna.v6i01.509

Fauzi, M. F., & Anindiati, I. (2020). E-Learning Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UMM Press.

Fauzi, M. F., & Anindiati, I. (2021). Improving the Motivation of Students in Arabic Language Learning through Learning Management System. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 4 (3), 257-274. https://doi.org/10.22219/jiz.v4i3.19110

Fauzi, M. F., Buhun, M. F., & Purwadi, A. (2019). The influence of teams games tournament (TGT) toward students’ interest in Arabic language learning. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 2 (2), 135-148. https://doi.org/10.22219/jiz.v2i2.9986

Fauzi, M. F., Murdiono, M., Anindiati, I., Nada, A. L. I., Khakim, R. R., & Mauludiyah, L. (2020). Developing Arabic Language Instructional Content in Canvas LMS for the Era and Post Covid-19 Pandemic. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 3(3), 161–180. https://doi.org/10.22219/jiz.v3i3.15017

Jailani, M. (2022). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren. Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren, 1(1), 7-14. https://doi.org/10.56741/pbpsp.v1i01.10

Kholisin, K., Nisa, B. F., Anam, F. K., & Fauzi, M. F. (2022). Developing Hiwaruna as Arabic Conversation Book for Speaking Skills in Islamic Boarding School. Izdihar: Journal of Arabic Language Teaching, Linguistics, and Literature, 5(2), 209-224. https://doi.org/10.22219/jiz.v5i2.22935

Amaliyah, A. & Merdeka, M. (2024). Pengembangkan Ketrampilan Soft Skill Santri di Pondok Pesantren Tahfizh Wadil Quran Tangerang. Jurnal PKM Manajemen Bisnis, 4(2), 165-175. https://doi.org/10.37481/pkmb.v4i2.799

Muhith, N. F. (2010). The Advantage of Arabic Language in Understanding of Quranis Issues. Al-Zahra: Journal for Islamic and Arabic Studies, 9(1), 37-51. https://doi.org/10.15408/zr.v9i1.3504

Mukminin, A. (2020). Percepatan Menghafal Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab. Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 20-25. https://doi.org/10.35316/lahjah.v1i1.572

Munip, A. (2020). Tantangan dan Prospek Studi Bahasa Arab di Indonesia. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(2), 301-316. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.052.08

Nasier, G. A. (2018). The Effect of Interest in Al-Quran and Arabic Language Ability Towards the Achievement of Tahfizh Al-Qur'an. Al-Hayat: Journal of Islamic Education, 2(2), 240-254. https://doi.org/10.35723/ajie.v2i2.36

Nidia, E., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Dampak Pembelajaran Bahasa Arab Terhadap Penghafal Al-Qur'an. Jurnal Basicedu, 6(4), 6012-6022. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3132

Rozak, A. (2018). Modernisme Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pesantren di Rangkasbitung Banten. Arabi: Journal of Arabic Studies, 3(2), 167-180. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.110

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA, 5(1), 73-88. https://doi.org/10.2121/incita-jisisea.v5i1.1332.g1159

Suja, Aidillah. (2019). Ahamiyyatu Dirāsati al-Lughah al-‘Arabiyyah fī Fahmi Ma‘ānī al-Qur’ān (Dirāsah ‘an al-Fi‘l al-‘Arabī). Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 2(2), 199-207. https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/perada/article/view/84

Suroiyah, E. N., & Zakiyah, D. A. (2021). Perkembangan Bahasa Arab di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 60-69. https://doi.org/10.51339/muhad.v3i1.302

Rusman, R., Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Surabaya: Rajawali Press.

Windariyah, D. S. (2018). Kebertahanan Metode Hafalan dalam Pembelajaran Bahasa Arab. TA'LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(2), 309-324. https://doi.org/10.52166/talim.v1i2.954

Yusuf, M., & Wekke, I. S. (2015). Active learning on teaching Arabic for special purpose in Indonesian Pesantren. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 191, 137-141. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.245

Published
2024-12-30