Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Pengelolaan Kelas Berbasis Karakter di MI Bustanul Mubtadiin Proppo Pamekasan

  • Halimatus Sakdiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura, Pamekasan, Indonesia
  • Heni Listiana
Abstract views: 213 , PDF downloads: 344
PELATIHAN PENGELOLAAN KELAS AKTIF BERBASIS KARAKTER downloads: 0
Keywords: Pengelolaan Kelas, Pendidikan Karakter, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pemahaman guru MI khususnya MI swasta di Pamekasan tentang teori pembelajaran terkini belum banyak terserap, terlebih terkait pemberlakuan kurikulum 2013, yang mendasarkan pada pengelolaan kelas berbasis karakter. Sehingga banyak guru yang masih menggunakan pola lama yakni metode ceramah yang monoton. Adapun yang menjadi fokus pada pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah : bagaimana upaya guru dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna dan bagaimana menanamkan karakter pada peserta didiknya. Sehingga pengabdi memberikan pelatihan dan pendampingan selama satu minggu untuk melatih guru-guru MI agar terampil dalam mengelola kelas, dan memasukkan nilai-nilai karakter disetiap kegiatan pembelajaran di kelas.

Metode yang dikembangkan dalam pelaksanaan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan, yang menjadi sasaran pengabdian kami adalah guru-guru MI swasta yang mengajar di MI Bustanul Mubtadiin dan sekitarnya, karena selama ini mereka ( guru MI swasta ) khususnya MI Bustanul Mubtadiin yang berada di daerah proppo pamekasan jarang sekali mengikuti pelatihan peningkatan kualitas pembelajaran di kelas

Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan yang berorientasi kepada pembangunan kebiasaan pengelolaan dengan tahapan Plan – do – check – action. Berdasarkan temuan pada saat pendampingan, sebagian penanggung jawab RTL merasa belum terbiasa menjalankan terutama pada tahap check – action, sehingga RTL yang sudah direncanakan (plan), dijalankan tanpa ada pengawalan yang kontinyu. Akibatnya, beberapa kegiatan terkesan dijalankan apa adanya. Sehingga dengan adanya kegiatan pelatihan ini, guru-guru MI bisa lebih terampil dalam mengelola kelas dan menanamkan nilai-nilai karakter dalam pembelajarannya. Selain itu guru-guru MI dapat menguasai beberapa strategi pembelajaran di kelas, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan motivasi dan prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, Sudrajat, 2010, Profesionalisme Guru, Akhmadsudrajat,wordpress.com/2010/11/07/tentang-profesionalisme-guru/. Akses tanggal 11 April, 2018

Qory, Dellaresa, 2013. Kualitas Pendidikan Indonesia, edukasi.kompasiana.com/2013/05/03/kualitas-pendidikan-indonesia-refleksi-2-mei-552591.html. akses tanggal 1 April 2018, pukul 06.00

UU RI No.14 Tahun 2005 Tentang Undang-undang Guru dan Dosen.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standart Nasional Pendidikan

Lexy M, 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudikan, Seya Yuwana, 2001, Metode Penelitian Kebudayaan, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.

Published
2019-05-16
Section
Articles