Pelatihan Hypnoparenting untuk Meningkatkan Motivasi Orang Tua dalam Membimbing Pembelajaran Online Anak Usia Dini pada Masa Pandemi COVID-19

  • Yuli Salis Hijriyani IAIN Ponorogo
Abstract views: 347 , PDF downloads: 181
Pelatihan Hypnoparenting Meningkatkan Motivasi Orang Tua Dalam Membimbing Pembelajaran Online Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19 downloads: 0
Keywords: Hypnoparenting, Motivation, Pandemic, Covid-19

Abstract

Since the Covid-19 pandemic come to Indonesia, all of the education activity was doing at home. Transition learning activities from school to home is becoming heavy homework that was felt by all parents. The reason is that most parents do not understand the appropriate learning strategies for their children because what has been done so far is by using conventional methods of parenting. The best care for children is not an easy process in which parents need knowledge of parenting skills (the ability to raise children). Hypnoparenting training is one of the developments in parenting skills development because it becomes the basic foundation for parents to build the best care for their children. The training is carried out through several stages, including (1) preparation for the implementation of training in the form of an agreement on the implementation time, (2) implementation of hypnotherapy training with approximately 50 participants consisting of RA teacher parents (3) evaluation stage, the evaluation is to see the effectiveness of the implementation of hypnoparenting training. Through hypnoparenting training, parents gain knowledge of parenting skills from an early age by involving the child's subconscious to become an effective parenting model. The training activities carried out on three May 2020 had a positive impact on increasing parents' motivation in developing fun online learning activities at home during the Covid-19 pandemic.

(Semenjak wabah Covid-19 memerangi Indonesia semua aktifitas pendidikan dilakukan dirumah, transisi kegiatan belajar mengajar dari sekolah ke rumah menjadi PR berat yang dirasakan semua orang tua. Pasalnya Sebagian besar orang tua belum memahami strategi pembelajaran yang tepat bagi anaknya, karena yang selama ini dilakukan adalah dengan cara pengasuhan metode konvensional. Pengasuhan yang terbaik bagi anak bukan suatu proses yang mudah dalam menjalankannya orang tua membutuhkan pengetahuan tentang aspek parenting skill (kemampuan mengasuh anak). Pelatihan hypnoparenting salah satu perkembangan pengetahuan di dunia parenting skill, karena hal ini menjadi pondasi dasar bagi para orang tua guna membangun pengasuhan terbaik untuk anak. Pelatihan yang dilakukan melalui beberapa proses tahapan diantaranya adalah (1) persiapan pelaksanaan pelatihan berupa perjanjian kesepakatan waktu dilaksanakannya,(2) pelaksanaan pelatihan hypnoterapi dengan peserta kurang lebih 50 orang terdiri dari orang tua guru RA (3) tahapan evaluasi, evaluasi yang dilakukan adalah melihat keefektifan pelaksanaan pelatihan hypnoparenting. Melalui pelatihan hypnoparenting orang tua memperoleh pengetahuan keterampilan mengasuh anak sejak dini dengan melibatkan alam bawah sadar anak sehingga menjadi model pengasuhan yang efektif. Kegiatan pelatihan yang dilaksanakan tiga mei 2020 memiliki dampak positif terhadap peningkatan motivasi orang tua dalam mengembangkan kegiatan pembelajaran online dirumah secara menyenangkan pada masa pandemi Covid-19).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atiqoh, L. N., & Dina, B. (2020). Respon Orang Tua terhadap Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Thufuli : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 45–52. doi: 10.33474/thufuli.v2i1.6925

Noer, M. (2010). Hypnoteaching for Success Learning. Yogyakarta: Pedagogia.

Putra, I. P. P. (2012). The Miracle Conversational Hypnosis. Yogyakarta: Pohor Cahaya.

Rimbarizki, R., & Susilo, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) PIONEER Karanganyar. J+PLUS UNESA, 6(2), 1–12.

Sebayang, R. (2020, March 12). Alert! WHO Resmi Tetapkan Corona Pandemi. Retrieved 8 January 2021, from News website: https://www.cnbcindonesia.com/news/20200312064200-4-144245/alert-who-resmi-tetapkan-corona-pandemi

UNICEF. (2020). Covid-19 dan Anak-anak di Indonesia, Agenda Tindakan untuk Mengatasi Tantangan Sosial Ekonomi. Jakarta: United Nations Children’s Fund. Retrieved from United Nations Children’s Fund website: https://www.unicef.org/indonesia/reports/Covid-19-and-children-in-indonesia

Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua dalam Pelaksanaan Sekolah Online di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(1), 48–59. doi: 10.24198/jppm.v7i1.28256

Published
2020-12-31
Section
Articles