Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Anak Desa Melalui Kegiatan Gubuk Literasi Di Desa Pademawu Timur Kabupaten Pamekasan

  • Ayu Handayani Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Abbadi Ishomuddin Lecturer at IAIN Madura
Abstract views: 238 , PDF downloads: 232
Keywords: Keterampilan, Membaca, Menulis, Literasi

Abstract

Abstract

The development of reading and writing in village children is important in everyday life. With reading and writing, village children will be able to open up their knowledge and get to know the world through reading and writing. In Indonesia, especially in the village of Pademawu Timur, the development of reading and writing does not yet exist and is considered trivial so that it is not given much attention. In developing reading and writing skills, an activity is needed to develop these skills. One of programs that can develop reading and writing skills is Gubuk Literasi Desa (GLD). In this article, the authors explain how GLD develope reading and writing skills for village children. This article is structured according to the data and information collected during Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri dari Rumah (KPM-MDR 2021) which is about Course of Community Engagement. There, the author collaborated with other students participating in the 2021 KPM-MDR. Gubuk Literasi Desa (GLD) as KPM-MDR 2021 program was carried out at the hall of Pademawu Timur village. This program applied the basic teaching, namely providing education and motivation about the importance of literacy, training to read books in the village library, and providing writing assistance for village children. Through this literacy activity, it can be seen that the children have relatively low reading and writing skills, so it is necessary to have a sustainable and continuous activities.

[Pengembangan membaca dan menulis pada anak desa merupakan suatu hal yang urgen dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya membaca dan menulis ini maka anak desa akan bisa membuka wawasan pengetahuan dan bisa mengenal dunia melalui bacaan dan tulisan. Di Indonesia, khususnya desa Pademawu Timur pengembangan membaca dan menulis ini masih belum ada dan dianggap remeh sehingga kurang diperhatikan. Dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis ini diperlukan yang namanya suatu kegiatan untuk mengembangkan keterampilan tersebut. Salah satu program yang bisa mengembangkan keterampilan membaca dan menulis ini ialah kegiatan gubuk literasi desa. Maka dari itu, Dalam artikel ini akan memaparkan bagaimana proses kegiatan literasi desa dalam mengembangkan keterampilan membaca dan menulis anak desa Artikel ini disusun sesuai berdasarkan data dan informasi yang dikumpulkan selama penulis melaksanakan kegiatan KPM-MDR (Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri Dari Rumah) 2021. Disini penulis berkolaborasi dengan mahasiswa lain peserta KPM-MDR 2021 dengan syarat mematuhi protokol kesehatan. KPM-MDR 2021 dengan kegiatan gubuk literasi desa ini dilakukan di balai desa Pademawu Timur. Kegiatan gubuk literasi ini menggunakan pengajaran dasar yakni memberikan edukasi dan motivasi tentang pentingnya literasi, melatih baca buku di perpustakaan desa, dan memberikan pendampingan menulis bagi anak desa. Metode dalam kegiatan literasi ini ialah metode yang bervariasi mulai dari metode ceramah, dan metode kooperatif lainnya. Melalui kegiatan literasi ini dapat diketahui bahwa anak desa memiliki keterampilan membaca dan menulis yang relatif rendah sehingga perlu yang namanya kegiatan berkelanjutan dan terus menerus dari kegiatan gubuk literasi desa ini agar keterampilan membaca dan menulis anak desa terus berkembang dan tetap terjaga.]

 

Keywords : Skills, Reading, Writing, Literacy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adimiharja, K., & Hikmat, H. Participatory Research Appraisal: Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Penerbit Humaniora, 2003.

Akbar, M. F., & Anggraeni, F. D. Teknologi Dalam Pendidikan: Literasi Digital Dan Selfdirected Learning Pada Mahasiswa Skripsi. Jurnal Indigenous 2, No. 1 (2017).

Alam, S. Membangun Perpustakaan Desa Menjadi Peletak Dasar Lahirnya Budaya Baca Masyarakat di Perdesaan. Jurnal JUPITER 14, No. 2 (2015).

Andina, E. Pentingnya Literasi Bagi Peningkatan Kualitas Pemuda. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial 9, No. 21 (2017).

Dalman. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.

Handayani, S. Penerapan Metode Penelitian Participatory Research Apraisal Dalam Penelitian Permukiman Vernakular (Permukiman Kampung Kota). Semarang: Universitas Diponegoro, 2009.

Irianto, P. O., & Febrianto, L. Y. Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi MEA. Semarang: Universitas Islam Sultan Agung Semarang, 2017.

Lombogia, B. J., Kairupan, B. H., & Dundu, A. E. Hubungan Kecanduan Internet Dengan Kualitas Tidur Pada Siswa SMA Kristen 1 Tomohon. Jurnal Medik Dan Rehabilitasi 1, No. 2 (2018).

Marfu`i, L. N. R. Upaya Pendukung Pembelajaran Literasi Dengan Mengasah Kemampuan Berfikir Kritis Melalui Teknik Bibliolearnig Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha 3, No. 2 (2016).

Nopilda, L., & Kristiawan, M. Gerakan Literasi Sekolah Berbasis Pembelajaran Multiliterasi: Sebuah Paradigma Pendidikan Abad Ke 21. Jurnal Manajemen: Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan 3, No. 2 (2018).

Permatasari, A. Membangun Kualitas Bangsa dengan Budaya Literasi. Bengkulu: UNIB Press, 2015.

Rohanda, Prahatmaja, N., & Rosfiantika, E. Pembinaan Perpustakaan Desa Di Desa Dangiang dan Dawungsari Kecamatan Cilawu Kabupaten Garut. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat 3, No. 1 (2014).

Rohidin, R. Internet Dalam Konteks Perpustakaan. Jurnal Pustakaloka 4, No. 1 (2012).

Rohman, A. S., & Sukaesih, S. Transformasi Perpustakaan Desa Untuk Pemberdayaan Masyarakat: Studi Kasus di Desa Margamukti Pangalengan Bandung. Jurnal Perpustakaan Pertanian 26, No. 2 (2017).

Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil. Tingkat Kecanduan Internet Pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia) 3, No. 2 (2017).

Silvana, H., & Cecep. Pendidikan Literasi Digital di Kalangan Usia Muda di Kota Bandung. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan 16, No. 2 (2018).

Sukaesih, Witoto, & Sumiati. Pembinaan Perpustakaan Desa di Kampung Cirendeu Kelurahan Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks Untuk Masyarakat 2, No. 2 (2013).

Suragangga, I. M. N. Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu 3, No. 2 (2017).

Wandasari, Y. Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) Sebagai Pembentuk Pendidikan Berkarakter. Jurnal Manajemen: Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan 1, No. 1 (2017).

Published
2021-12-31
Section
Articles