Pengembangan gerakan Gubuk Literasi untuk meningkatkan minat baca tulis anak di desa Pademawu Timur Pamekasan Madura

  • Kharisma Septiawati Yunita Sari Insitut Agama Islam Negeri Madura, East Java
  • Sahrul Romadhon Insitut Agama Islam Negeri Madura, East Java
Abstract views: 322 , PDF downloads: 263
Keywords: literacy movement, reading, writing

Abstract

The Covid-19 pandemic outbreak has made children in the Pademawu Timur area play a lot, be lazy, and forget the purpose of learning from home. One of the activities that can develop reading and writing skills is village children's work. This article discusses the development of a village literacy movement to increase interest in reading and writing. This research was compiled based on data collected while the researcher was carrying out the KPM MDR (Kuliah Pengabdi Masyarakat Mandiri) program. One of the activities that the author does is holding literacy activities (Gubuk Literasi) which are carried out at a Village Hall located in the Malangan Hamlet area, Pademawu Timur Village, Pademawu District, Pamekasan Regency. This activity focuses more on writing and reading activities. To develop students' creativity in making scientific papers in the form of poetry, narration, and short stories. In addition to the work of village children, the profile of East Pademawu Village is also included which will be made into a book. With this village literacy activity, it is hoped that it can provide a platform for village children to consistently develop their creativity.

(Wabah pandemi Covid-19 membuat anak-anak di wilayah Pademawu Timur banyak bermain-main, bermalas-malasan, dan lupa akan tujuan kegiatan belajar dari rumah. Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan membaca dan menulis sebuah karya anak-anak desa. Artikel ini membahas mengenai pengembangan gerakan literasi desa untuk meningkatkan minat membaca dan menulis. Penelitian ini disusun berdasarkan data yang dikumpulkan selama peneliti melaksanakan program KPM MDR (Kuliah Pengabdi Masyarakat Mandiri). Salah satu kegiatan yang penulis lakukan adalah mengadakan kegiatan literasi (Gubuk Literasi) yang dilaksanakan di sebuah Balai Desa yang terletak dikawasan Dusun Malangan, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan. Pada kegiatan ini lebih berfokus pada kegiatan menulis dan membaca. Untuk mengembangkan kekreatifitasan siswa dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah yang berupa Puisi, Narasi, dan Cerpen. Selain karya dari anak desa juga disertakan mengenai profil Desa Pademawu Timur yang akan dijadikan sebuah buku. Dengan adanya kegiatan literasi desa ini diharapkan dapat memberi wadah kepada anak-anak desa untuk selalu mengembangkan kekreatifitasan mereka).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, F & Hamidullah I.. (2019). Media Literasi Sekolah. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Artini, P.L, & Padmadewi N.N. (2018). Literasi Sekolah: Dari Teori ke Praktik. Bandung: Nilacakra.

Dhewy, R. C. (2020). Pengembangan Kampung Moco untuk Meningkatkan Minat Baca dan Motivasi Pendidikan Masyarakat Desa Jiken Kecamatan Tulangan. Jurnal Padi (Pengabdian MAsyarakat Dosen Indonesia), 3(2), 7–11. doi: 10.51836/jpadi.v3i2.162

Ekowati, W. D., dan Suwandayani, I. B. (2019). Literasi Numerasi untuk Sekolah Dasa. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang.

Herdiana, D., Heriyana, R., & Suhaerawan, R. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Literasi Perdesaan di Desa Cimanggu Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pengabdian pada Masyarakat, 4, 431–442. doi: 10.30653/002.201944.208

Ibda, H., & AhmadI, F. (2020). Konsep dan Aplikasi Literasi Baru di Era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Semarang: CV Pilar Nusantara.

Kartika, T. (2020). Literasi Pariwisata dari Lokal Hingga Global, Yogyakarta: CV Budi Utama.

Meliyawati. (2012). Pemahaman Dasar Membaca. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nurmalina. (2020). Literasi Media dalam Bahasa & Sastra. Yogyakarta: CV Bintang Surya Madani.

Palupi, N.A., Widiastuti E. D. (2020). Peningkatan Literasi di Sekolah Dasar. Madiun: CV Raja Cendekia Indonesia.

Pohan E. A. (2019). Gerakan Literasi Nasional. Jawa Timur: CV Penerbit Qiara Media.

Rusniasa, N. M., Dantes, N., & Suarni, N. K. (2021). Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Penatih. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 53–63. doi: 10.23887/jurnal_pendas.v5i1.258

Sobari, T., Abdurrakhman, D., & Azzahra, I. S. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis dan Membaca melalui Implementasi Kultur Literasi Siswa SMP. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 3(2). Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/view/1682

Published
2022-12-23
Section
Articles