Pendampingan kewirausahaan melalui branding sandal jepit di Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan

  • A. Fatikhul Amin Abdullah Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Siti Azizah Institut Agama Islam Negeri Madura, Indonesia
  • Muhammad Hadiatur Rahman Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Itaanis Tianah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Ahmad Imam Khairi Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Sahrul Romadhon Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Faraniena Yunaeni Risdiana Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Agung Dwi Bahtiar El Rizaq Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Shinta Oktafiana Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 422 , PDF downloads: 472
Keywords: Branding, Screen Printing, Flip-flops, Entrepreneurship

Abstract

Branding is urgent in a business because it is through branding that consumers know our commodities. However, business actors often do not pay much attention to branding and marketing their products. This is the reason for holding this mentoring program. Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan already has produced results in the form of flip-flops but only for the internal needs of the orphanage and has not been able to market it to outside parties because it does not have branding. This empowerment method uses Asset-Based Community-driven Development (ABCD) with a target of 25 children from Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan. From this mentoring program Panti, Asuhan Muhammadiyah Pamekasan has been able to make flip-flops branding by doing screen printing on the sandals produced so that they can market their products to shops around the orphanage, the results of which are used to support the independence of the orphanage.

(Branding menjadi hal yang sangat urgen dalam sebuah usaha karena melalui brandinglah komoditas kita dikenal oleh konsumen. Namun, seringkali para pelaku usaha tidak begitu memperhatikan branding dalam memasarkan hasil peroduksinya. Hal ini menjadi alasan diadakannya program pendampingan ini. Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan telah memiliki hasil produksi berupa sandal jepit namun hanya untuk kebutuhan internal panti dan belum mampu memasarkan ke pihak luar karena belum memiliki branding. Metode pemberdayaan ini menggunakan Asset Based Community-driven Development (ABCD) dengan target 25 anak Panti Asuhan Pamekasan Muhammadiyah. Dari program pendampingan ini Panti Asuhan Muhammadiyah Pamekasan telah mampu membuat branding sandal jepit dengan melakukan sablon pada sandal yang dihasilkan sehingga mampu memasarkan hasil produksinya  ke took-toko sekitar panti asuhan yang hasilnya digunakan untuk mendukung kemandirian panti asuhan).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alisah, E. (2019). Aplikasi Zero Waste dalam Lingkungan Masyarakat Desa Tumpukrenteng dengan Pendekatan Base Community Development Theory. Journal of Research on Community Engagement, 1(1), 28–32. https://doi.org/10.18860/jrce.v1i1.7623

Ansori, M., Afandi, A., Fitriyah, R. D., Safriyani, R., & Farisia, H. (2021). Pendekatan-pendekatan dalam University-Community Engagement. Surabaya: UIN Sunan Ampel Press. Retrieved from http://books.uinsby.ac.id/id/eprint/62

Boer, K. M., Wibowo, S. E., & Arsyad, A. W. (2019). Edukasi Pemasaran dan Branding dalam Meningkatkan Skill Kewirausahaan. PLAKAT : Jurnal Pelayanan Kepada Masyarakat, 1(1), 38–47. https://doi.org/10.30872/plakat.v1i1.2693

Ilahiyah, M. E., & Jaya, I. M. L. M. (2020). Realita Hambatan Pencatatan IAS 41 (Aset Biologis) bagi UMKM Perikanan dan Peternakan di Jawa Timur. Gorontalo Accounting Journal, 3(2), 94–104. https://doi.org/10.32662/gaj.v3i2.1001

Kartajaya, H. (2007). Hermawan Kartajaya on Brand. Bandung: Mizan Pustaka.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (N. Mohd. Yasin & A. A. Mohd. Arifin, Trans.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Gertner, D. (2004). Country as Brand, Product, and Beyond: A Place Marketing and Brand Management Perspective. The Journal of Brand Management, 9(4), 249–261. https://doi.org/10.1057/palgrave.bm.2540076

Rosyidah, K. (2019). Penguatan Kapasitas Ibu-ibu PKK dalam Pemanfaatan Limbah Sampah Plastik di Karangpoh Surabaya (Skripsi, UIN Sunan Ampel Surabaya). UIN Sunan Ampel Surabaya. Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/31113/

Siwi, A. T. (2019). Kewirausahaan di Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Sudarwati, Y., & Satya, V. E. (2013). Strategi Pengembangan Merek Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 4(1), 89–101. https://doi.org/10.22212/jekp.v4i1.70

Takdir, D. S., Mahmudin, & Zaid, S. (2015). Kewirausahaan. Yogyakarta: Wijana Mahadi Karya.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran (2nd ed.). Yogyakarta: Andi.

Published
2022-06-27
Section
Articles