Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Untuk Membayar Zakat Profesi: Mampukah Kualitas Pelayanan Memoderasi? (Studi Kasus BAZNAS Kabupaten Sampang)


Abstract
This study aims to examine and analyze financial performance which includes transparency of financial statements, financial accountability, and competence in managing funds on the level of muzakki's trust in paying professional zakat moderated by quality of service. This study uses a quantitative method with a causality approach. Data collection used questionnaires with accidental sampling techniques to ASNs in Sampang Regency. The data obtained is then processed through SPSS. Testing the variable starts from the multiple linear regression test, then the moderated multiple linear regression test. The results showed that the transparency of financial reports, financial accountability, and fund management competence had a significant effect on the level of muzakki's trust, as well as service quality had a significant effect but were unable to moderate the transparency of financial reports, financial accountability, and fund management competence on the level of muzakki's trust to pay professional zakat at BAZNAS Sampang Regency.
Downloads
References
Ansori, Teguh. “Pengelolaan Dana Zakat Produktif Untuk Pemberdayaan Mustahik Pada LAZISNU Ponorogo.” Muslim Heritage 3 (2 Juni 2018): 177. https://doi.org/10.21154/muslimheritage.v3i1.1274.
Anwar, Achmad Syaiful Hidayat. “MODEL TATAKELOLA BADAN DAN LEMBAGA AMIL ZAKAT SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT (STUDI PADA BADAN/LEMBAGA AMIL ZAKAT DI KOTA MALANG)” 7 (2012).
Arifah, Siti. “PENGARUH PELAYANAN DAN TRUST (KEPERCAYAAN) TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI PADA LEMBAGA INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) PERWAKILAN RIAU DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH.” UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU-PEKANBARU, 2019.
Baznas Sampang. “Baznas Sampang Intens Suarakan Gerakan Cinta Zakat - Radar Madura.” Baznas Sampang Intens Suarakan Gerakan Cinta Zakat - Radar Madura, 6 September 2021. https://radarmadura.jawapos.com/sampang/74912465/baznas-sampang-intens-suarakan-gerakan-cinta-zakat.
Budiman, Achmad Arief. “AKUNTABILITAS LEMBAGA PENGELOLA WAKAF” 19 (2011).
Choirin, Muhammad, Hidayaneu Farchatunnisa, Arwa Violaditya Rarasocta, Nono Hartono, Gustani, Dita Anggraini, Khonsa Tsabita, Muhammad Rizki Siddiq, Dion Saputra Arbi, dan Supriyadi. IPPZ Regional Jawa.pdf. Jakarta: Pusat Kajian Strategis – Badan Amil Zakat Nasional (Puskas BAZNAS), 2022. https://drive.google.com/file/d/1cPF77yp89-FW7-XtF9WqzmD9-Ly4RWBw/view?usp=sharing&usp=embed_facebook.
Direktorat Jenderal Cipta Karya. “PNPM Mandiri Perkotaan Modul Khusus Fasilitator: Transparansi Dan Akuntabilitas.” adoc.pub, 2006. https://adoc.pub/konsep-pnpm-mandiri-perkotaan.html.
Dofiri, Dhoqi, Wasilah, dan Isabela. “ANALISIS EFEKTIVITAS POLA ALOKASI ZAKAT, INFAK, SEDEKAH DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN SAMPANG.” Kabilah : Journal of Social Community 6, no. 1 (1 Juni 2021). https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/124.
Fadilah, Sri. Penerapan good governance pada Lembaga Amil Zakat (LAZ). Unpad Press, 2012.
Hardiyansyah. Kualitas pelayanan publik. Edisi revisi. Yogyakarta: Penerbit Gava Media, 2018. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1145541.
Harjono, Iman, dan Wandy Zulkarnaen. “PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI PENGELOLAAN LEMBAGA AMIL ZAKAT DAN PENGENTASAN KEMISKINAN TERHADAP KEPERCAYAAN MUZAKKI (Survey pada Lembaga Amil Zakat & Masyarakat di Bandung),” 6 Juni 2020.
Hasan, Muhammad. Manajemen Zakat ; Model Pengelolaan Yang Efektif. Cet I. Yogyakarta: Idea Press, 2011. https://typeset.io/papers/manajemen-zakat-model-pengelolaan-yang-efektif-57iyaqm3fo.
Hasrina, Cut, Yusri Yusri, dan Dwi Sy. “Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Zakat Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Dalam Membayar Zakat Di Baitul Mal Kota Banda Aceh.” Jurnal Humaniora : Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi dan Hukum 2 (9 Maret 2019): 1–9. https://doi.org/10.30601/humaniora.v2i1.48.
Herman, Hendri, dan Vargo Christian L. Tobing. “KINERJA PEGAWAI TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DALAM PENGURUSAN KTP-el DENGAN KUALITAS PELAYANAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI KECAMATAN BATAM KOTA, BATAM,” 2019. https://www.semanticscholar.org/paper/KINERJA-PEGAWAI-TERHADAP-KEPUASAN-MASYARAKAT-DALAM-Herman-Tobing/9f964be0cdef9496d1eb5ef987f34c9770eadc63.
Hisamuddin, Nur. “TRANSPARANSI DAN PELAPORAN KEUANGAN LEMBAGA ZAKAT.” ZISWAF: JURNAL ZAKAT DAN WAKAF 4, no. 2 (18 Februari 2018): 327–46. https://doi.org/10.21043/ziswaf.v4i2.3049.
Junjunan, Mochammad Ilyas. “Pengaruh Transparansi, Akuntabilitas, Dan IGCG Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki Di Lembaga Amil Zakat Dompet Amanah Umat.” Akuntansi : Jurnal Akuntansi Integratif 6, no. 2 (2 Oktober 2020): 112–25. https://doi.org/10.29080/jai.v6i2.289.
Kholmi, Masiyah Kholmi. “Akuntabilitas Dan Pembentukan Perilaku Amanah Dalam Masyarakat Islam.” Jurnal Salam 15, no. 1 (24 Oktober 2012). https://ejournal.umm.ac.id/index.php/salam/article/view/1099.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. Manajemen pemasaran. (Jakarta: : Erlangga, 2018. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=109678.
Lovelock, Christopher, dan Lauren Wreight. “Manajemen pemasaran jasa,” 2007. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=595463.
Maguni, Wahyuddin. “PERAN FUNGSI MANAJEMEN DALAM PENDISTRIBUSIAN ZAKAT : DISTRIBUSI ZAKAT DARI MUZAKKI KE MUSTAHIK PADA (BADAN AMIL ZAKAT) BAZ” 6, no. 1 (2013).
Mahmudi, Anwar, dan Umar Faruq. “Implementasi Indeks Desa Zakat (IDZ) Pada Desa Jrangoan Kecamatan Omben Kabupaten Sampang.” Kabilah : Journal of Social Community 5, no. 2 (2 Desember 2020). https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/114.
Mahyudin. “Pengaruh Akuntabilitas dan Transparansi terhadap Kesadaran Muzakki Membayar Zakat dan Kualitas Pelayanan Pengelolaan Zakat sebagai Variabel Moderasi Studi Badan Amil Zakat Nasional Provinsi Sumatera Utara.” Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 2020.
Mardiasmo, Mardiasmo. “Perwujudan transparansi dan akuntabilitas publik melalui akuntansi sektor publik: suatu sarana good governance.” Jurnal Akuntansi Pemerintah 2, no. 1 (2006): 1–17.
Marota, Rochman, Agung Fajar Ilmiyono, dan Indah Setiarini Erganda. “QUO VADIS VILLAGE FINANCIAL MANAGEMENT: TRANSPARENCY VS ACCOUNTABILITY (CASE STUDY IN BOGOR DISTRICT).” Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen (JABM) 7, no. 1 (28 Januari 2021): 223–223. https://doi.org/10.17358/jabm.7.1.223.
Martono, S., Ahmad Nurkhin, Fatimah Lutfhiyah, Fachrurrozie, Ahmad Rofiq, dan Sumiadji. “The Relationship Between Knowledge, Trust, Intention to Pay Zakah, and Zakah-Paying Behavior.” International Journal of Financial Research 10, no. 2 (2019): 75–81.
Maulidiyah, Nikmahtul, dan Darno Darno. “Pengaruh Transparansi Dan Akuntabilitas Laporan Keuangan Terhadap Kepercayaan Donatur Di Yayasan Sosial Keagamaan.” Neraca : Jurnal Akuntansi Terapan 1 (1 April 2020): 1–8. https://doi.org/10.31334/neraca.v1i1.642.
Mindarti, Lely Indah. Manajemen Pelayanan Publik: Menuju Tata Kelola yang Baik. Universitas Brawijaya Press, 2016.
Mubarak, Faidhal. “Rencana Strategis BAZNAS 2020-2025.” BAZNAS Center of Strategic Studies, 2022. https://www.puskasbaznas.com/publications/books/1607-renstra-baznas.
Muhammad, Rifqi. “Akuntabilitas Keuangan pada Organisasi Pengelola Zakat (Opz) di Daerah Istimewa Yogyakarta.” Journal of Accounting and Investment 7, no. 1 (2006): 34–55.
Nasim, Arim, dan Muhammad Rizqi Syahri Romdhon. “Pengaruh Transparansi Laporan Keuangan, Pengelolaan Zakat, Dan Sikap Pengelola Terhadap Tingkat Kepercayaan Muzakki (studi Kasus Pada Lembaga Amil Zakat Di Kota Bandung).” 1001 442 (2014). http://jurnal.upi.edu/1001/view/3186/pengaruh-transparansi-laporan-keuangan,-pengelolaan--zakat,-dan-sikap-pengelola-terhadap-tingkat-kepercayaan-muzakki-(studi-kasus-pada-lembaga-amil-zakat-di-kota-bandung).html.
NOFITASARI, RIZKA FITRIA. “PENGARUH TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKKI PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT INFAQ DAN SHODAQOH NAHDATUL ULAMA PROVINSI LAMPUNG.” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2020. http://repository.radenintan.ac.id/9931/.
Norvadewi, Norvadewi. “OPTIMALISASI PERAN ZAKAT DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DI INDONESIA.” Mazahib, 2012. https://doi.org/10.21093/mj.v10i1.111.
Nugraha, Eha-. “Pengaruh Akuntabilitas, Transparansi Dan Kualitas Pelayanan Lembaga Pengelola Zakatterhadap Komitmen Muzakki: Kepercayaan Muzakkisebagai Variabel Intervening.” Akuntabilitas 13, no. 2 (2019): 167–86. https://doi.org/10.29259/ja.v13i2.9592.
Priyadi, Ira Hasti, Uly Mabruroh Halida, Firman Ardiansyah, dan Nur Faiqoh. “Pelatihan Akuntansi Keuangan Desa Berbasis SISKEUDES Sebagai Upaya Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Di Desa Bicorong Pakong Pamekasan.” PERDIKAN (Journal of Community Engagement) 5, no. 1 (27 Juni 2023): 17–26. https://doi.org/10.19105/pjce.v5i1.8063.
Qadarin, Maryam, Mabruroh, dan Firdausi Nusula. “Analisis Kinerja Baznas Kabupaten Sampang Dengan Pendekatan Indeks Zakat Nasional (IZN).” Kabilah : Journal of Social Community 6, no. 1 (1 Juni 2021). https://ejournal.iainata.ac.id/index.php/kabilah/article/view/125.
Rahayu, Septi Budi, Sri Widodo, dan Enita Binawati. “Pengaruh akuntabilitas dan transparansi lembaga zakat terhadap tingkat kepercayaan muzakki (Studi Kasus pada Lembaga Amil Zakat Masjid Jogokariyan Yogyakarta).” Journal of Business and Information Systems (e-ISSN: 2685-2543) 1, no. 2 (4 November 2019): 103–14. https://doi.org/10.36067/jbis.v1i2.26.
RETNOWATI, NOVIANA. “PENGARUH TRANSPARANSI LAPORAN KEUANGAN, AKUNTABILITAS, PENGELOLAAN DANA DAN RELIGIUSITAS MUZAKI TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN MUZAKI UNTUK MEMBAYAR ZAKAT PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT.” INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA, 2020.
Ridwan, Muhammad. Manajemen Baitul Maal wa Tamwil (BMT). UII Press, 2004.
Safitri, Diyah, dan Ahmad Nurkhin. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Muzaki Melalui Kepuasan Muzaki Dan Kepercayaan Muzaki.” Economic Education Analysis Journal 8, no. 2 (12 Juli 2019): 501–15. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31479.
Sugiyono. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1543971.
Suparno. “Pengaruh Akuntabilitas Keuangan Daerah, Value For Money, Kejujuran, Transparansi dan Pengawasan Terhadap Pengelolaan Keuangan Daerah (Studi Kajian Pada Pemerintah Kota Dumai).” Universitas Sumatra Utara, 2012. https://123dok.com/document/nzwvk7lq-pengaruh-akuntabilitas-keuangan-kejujuran-transparansi-pengawasan-pengelolaan-pemerintah.html.
Tangkilisan, Hessel Nogi S. Manajemen publik. Grasindo, 2007.
Walidah, Ziana Nurul, dan Lik Anah. “Pengaruh Akuntabilitas Lembaga Dan Transparansi Laporan Keuangan Terhadap Kepercayaan Donatur Lembaga Amil Zakat Ummur Quro (Laz- Uq) Jombang.” JFAS : Journal of Finance and Accounting Studies 2, no. 2 (26 Agustus 2020): 90–104. https://doi.org/10.33752/jfas.v2i2.189.
Wasila, Siti, dan Nanang Shonhadji. “A study on the zakat and infaq or sodaqoh accounting application under SFAS 109 in Al-Falah Social Fund Foundation (YDSF) Surabaya.” The Indonesian Accounting Review 4 (1 Juli 2014): 169–74. https://doi.org/10.14414/tiar.14.040208.
Yuliafitri, Indri, dan Asma Nur Khoiriyah. “PENGARUH KEPUASAN MUZAKKI, TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS PADA LEMBAGA AMIL ZAKAT TERHADAP LOYALITAS MUZAKKI (Studi Persepsi Pada LAZ Rumah Zakat).” Islamiconomic: Jurnal Ekonomi Islam 7, no. 2 (1 Oktober 2016). http://www.journal.islamiconomic.or.id/index.php/ijei/article/view/41.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download.
• Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC-BY-NC)

Shafin: Finance and Sharia Accounting Journal by http://http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/shafin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.iainmadura.ac.id.