STUDI PROGRAM AKSELERASI PRAKOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PAMEKASAN

  • Maimun bin Nawawi Tarbiya Dept., State College for Islamic Studies (STAIN) Pamekasan, East of Java
Abstract views: 12599 , PDF downloads: 326

Abstract

Masyarakat moderen mempunyai kecenderungan ingin serba cepat, termasuk keinginan menguasai suatu ilmu.  Karena memang dukungan media yang sangat memadai dan strategi yang semakin hari semakin variatif. Langkah kongkritnya dengan melahirkan buku-buku, metode, strategi dan teori serta pendekatan pembelajaran yang serba cepat (akselerasi). Pondok pesantren Mambaul Ulum Bata-bata Panaan Pelengaan Pamekasan adalah salah satunya, sejak tahun 2011 menyediakan satu proram akseleratif untuk mempermudah dan mempercepat penguasaan keterampilan membaca bagi para santri yang berminat, yang dikenal dengan program Prakom (Pra Komisi).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief, Armai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam,Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Arifin, M., Ilmu Pendidikan Islam,Jakarta: Bumi Aksara, 1996.

Atha, Ibrahim Muhammad, Thuruq Tadris al-lughah al-Arabiyah wa al-Tarbiyyah al-Diniyyah, Kairo: Maktabah al-Nahdhah al-Mishriyyah, 1996.

Bogdan, Robert dan Steven Taylor, Dasar-dasar Penelitian Kualitatif terj. A. Khozen Afandi, Surabaya: Usaha Nasional, 1993.

Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Pedoman Penyelenggaraan Program Percepatan Belajar SD, SMP, SMU, Jakarta: Depdikbud, 2003.

Efendy, Ahmad Fuad, Metode Pengajaran Bahasa Arab,alang: Misykat, 2004.

Hakim, Taufiqul, Amtsilaty, Metode Praktis Mendalami al-Qur’an dan Membaca Kitab Kuning, Jepara: al-Falah Offset, 2003.

Hawadi, Reni Akbar, dkk, Kurikulum Berdeferensiasi, Jakarta : PT. Grasindo, 2001.

Hermawan, Acep, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Badung: Rosdakarya, 2011.

Ibrahim, ‘Alim, Al-Muwajjah al-Fanni li Mudarris al-Lughah al-Arabiyyah, Mesir: dar al-Ma’arif, 1962.

Idris, Husni, Teknologi Pendidikan, Sebuah Pengantar, Manado: STAIN Manado Press, 2014.

Imron Arifin, ed., Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu social dan Keagamaan,Malang: Kalimas sahada, 1996.

Komalasari, Kokom, Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Bandung: PT. Refika Aditama, 2013.

Madzkur, Ali Ahmad, Tadris Funun al-Lughah al-Arabiyyah ,Riyadh: Dar al-Syawaf, 1991.

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif,Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.

Muhadjir, Noeng, Metode Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin, 1996.

Munandar, Utami S. C., Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat, Jakarta: Rineka Cipta, 1999.

Nahlawi, Abdurrahman, Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah, dan Masyarakat, Jakarta: Gema Insani Press, 1995.

Naqah, Mahmud Kamil, Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah li al-Nathiqin bi Lughat al-Ukhra, KSA: Universitas Ummul Qura Prees, 1985

Rikabi, Jureit, Thuruq Tadris al-Lughah al-Arabiyyah, Beirut: Dar al-Fikr al-Mu’ashir, 1996.

Semiawan, Conny, Perspektif Pendidikan Anak Berbakat, Jakarta: Depdikbud, 1996.

Soebagio, Joko, Metode Penelitian, Metode & Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1997.

Soebahar, Abd. Halim, Moderenisasi Pesantren, Studi Transformasi Kepemimpinan Kiai dan Sistem Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: LkiS, 2013.

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, cet. 13, Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2013.

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Suryabrata, Sumadi, Metodologi Penelitian, Jakarta: Rajawali Press, 1992.

Syinthi, Muhammad shaleh, al-Maharat al-Lughawiyah madkhal ila khasais al-lughah al-Arabiyyah wa fununuha, KSA: dar al-Andalus, 1995.

Syudlo, Muhammad shaleh, al-Maharat al-Lughawiyah madkhal ila khasais al-lughah al-Arabiyyah wa fununuha, KSA: dar al-Andalus, 1995.

Tarigan, Hendri Guntur, Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Jilid III, Bandung: Angkasa, 1994.

Thoha, Kepemimpinan dan Manajemen, Jakarta: Raja Grafindo, 2000.

Tim Protokuler Mubes Nasional, Profil Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan: Bagian Penerangan Dewan Ma’hadiyah, 2014.

Uno, Hamzah B. dan Masri Kuadrat, Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran, Sebuah Konsep Pembelajaran Berbasis Kecerdasan, Jakarta: Bumi Aksara, 2010.

UU. No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Yunus, Mahmud, al-Tarbiyah wa al-Ta’lim,Padang Panjang: Mathba’ah, 1942.

Published
2017-07-13
How to Cite
Nawawi, Maimun bin. 2017. “STUDI PROGRAM AKSELERASI PRAKOM DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAMBAUL ULUM BATA-BATA PANAAN PAMEKASAN”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1), 1 - 19. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1065.
Section
Articles