KOMPETENSI GURU PAI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN

  • Anis Fauzi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Ila Nurlaila SMKN 1 Bunguran Timur Kabupaten Natuna Kepulauan Riau
Abstract views: 629 , PDF downloads: 434

Abstract

Fokus penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kompetensi guru PAI dan  Penerapan Strategi pembelajarannya terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan di SMK bagian kelautan. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode korelasional digunakan untuk mengetahui hubungan antara variabel kompetensi guru PAI, penerapan strategi pembelajaran PAI, serta penanaman nilai-nilai keagamaan. Subjek penelitian ini adalah  peserta didik di SMKN 3 Pandeglang  Jurusan Pelayaran Program Studi Nautika Kapal di kelas XII dengan jumlah responden 24 orang dan siswa SMKN 36 Jakarta Jurusan Pelayaran Program Studi Nautika Kapal di kelas XII dengan jumlah responden 29 orang. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan datanya menggunakan kuwsioner, observasi, dan wawancara, serta dokumentasi.  Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengaruh kompetensi guru pendidikan agama Islam dan strategi pembelajaran terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan siswa  SMKN 3 Pandeglang sebesar 49,35%, sedangkan pengaruh kompetensi guru pendidikan agama Islam dan strategi pembelajaran terhadap penanaman nilai-nilai keagamaan siswa di SMKN 36 Jakarta sebesar 10,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daftar Pustaka

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pengantar Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 1991.

Ali, Muhammad. Penelitian Pendidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa. 1985.

Ibrahim, Abd. Syukur. Sosiolinguistik: Sajian, Tujuan, Pendekatan, dan Problem. Surabaya: Usaha Nasional. 1995.

Keraf, Gorys. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Yayasan Kanisius. 1981

Kemendiknas. Ejaan Bahasa Madura yang Disempurnakan. Surabaya: Balai Bahasa Surabaya. 2008.

Pateda, Mansoer. Sosiolinguistik. Bandung: Angkasa. 1990.

Rani, Abdul. Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaiaannya. Malang: Banyumedia Publishing. 2004.

Soeparno. Dasar-dasar Linguistik Umum. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana. 2002.

Tarigan, Henry Guntur. Teori Belajar Bahasa. Bandung: Angkasa. 1990.

Verhaar, J.W.M. Asas-asas Linguistik Umum. Yogyakarta: UGM. 2001.

Published
2017-07-13
How to Cite
Fauzi, Anis, and Ila Nurlaila. 2017. “KOMPETENSI GURU PAI DAN STRATEGI PEMBELAJARAN DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI KEAGAMAAN”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (1), 105 -16. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i1.1289.
Section
Articles