Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam dalam Manajemen Perubahan pada Lingkungan Organisasi Pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, Ngangkrik Triharjo Sleman

  • Anaas Tri Ridlo Dina Yuliana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Subiyantoro Subiyantoro Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
Abstract views: 779 , PDF downloads: 1145

Abstract

Peran seorang pemimpin tentu harus benar-benar memiliki kompetensi atau kemampuan yang mumpuni agar organisasi dapat berjalan secara dinamis terutama ketika terjadi perubahan lingkungan organisasi yang dapat berdampak secara langsung maupun tidak langsung terhadap organisasi itu sendiri. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang membahas tentang peran kepala madrasah dalam manajemen perubahan pada lingkungan organisasi pendidikan di Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, Ngangkrik Triharjo Sleman, yang bersifat kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) masyarakat menginginkan madrasah mampu menghasilkan lulusan yang menguasai baik ilmu agama maupun ilmu umum. (2) Kepala madrasah memiliki peran sebagai Catalyst, Solution Givers, Process Helpers, dan Resources linkers. (3) Perubahan yang direncanakan oleh kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur yakni; mengenai pelaksanaan sholat dhuha dan tahfidz dilakukan diawal sebelum memasuki jam pembelajaran, adanya surat pernyataan kesanggupan orang tua siswa menjalankan tata tertib madrasah dan surat tersebut bermaterai, adanya pendamping psikologi untuk mengetahui kondisi IQ atau kecerdasan siswa dan pendamping konselor untuk mengatasi siswa yang bermasalah dalam hal moral atau kejiwaan, dan membidik siswa yang memiliki kemampuan khusus dalam mata pelajaran tertentu.

Kata Kunci: Kepala Madrasah, Manajemen Perubahan, Organisasi Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasil wawancara dengan Bapak Isro’i Eko Wibowo S.Pd,I selaku Kepala Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, pada tanggal 21 April 2017.

Hasil wawancara dengan Ibu Dwi Sufiyati, S.Pd., salah satu guru kelas Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, pada tanggal 21 April 2017.

Indrioko, Erwin. “Lembaga Pendidikan Islam dalam Menghadapi Derasnya Perubahan”, Jurnal An-Nuha vol.3, no.1 (Juli 2016).

Kurniadin, Didin dan Imam Machali. Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Kusumaputri, Erika Setyani. Komitmen Pada Perubahan Organisasi: Perubahan Organisasi dalam Perspektif Islam dan Psikologi. Yogyakarta: Deepublish, 2015.

Muchlas Samani dkk. Manajemen Sekolah: Panduan Praktis Pengelolaan Sekolah. Yogyakarta: Dewan Pendidikan Kota Yogyakarta, 2009.

Muhaimin. Manajemen Pendidikan: Aplikasinya dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kencana, 2010.

Siswanto dan Agus Sucipto. Teori dan Perilaku Organisasi: Sebuah Tinjauan Integratif. Malang: UIN-Malang Press, 2008.

Sulaksana, Uyung Sulaksana. Managemen Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.

Usman, Husaini. Manajemen: Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2013.

Wahab, Abdul Aziz. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan: Telaah terhadap Organisasi dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Wahjono, Sentot Imam. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010.

Winardi, J. Manajemen Perubahan (Management of Change). Jakarta: Kencana Prenada Media, 2010.

_______, Teori Organisasi dan Pengorganisasian. Jakarta: Rajawali Press, 2014.

Published
2017-12-30
How to Cite
Dina Yuliana, Anaas Tri Ridlo, and Subiyantoro Subiyantoro. 2017. “Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Manajemen Perubahan Pada Lingkungan Organisasi Pendidikan Di Madrasah Ibtidaiyah An-Nuur, Ngangkrik Triharjo Sleman”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2), 146 -60. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1424.
Section
Articles