Manusia dalam Perspektif Fungsi Transendental

  • Zainol Hasan Tarbiyah Department, State of Islamic College of Pamekasan, East of Java, Indonesia
Abstract views: 571 , PDF downloads: 2972

Abstract

Fungsi transendental manusia terdiri dari dua macam, sebagai hamba Allah (‘abdullah) dan khalifah Allah(khalifatullah). ‘Abdullah, adalah kemampuan dan kesadaran yang tinggi untuk melakukan kewajiban-kewajiban yang telah diperintahkan dan menjauhi larangan-larangan yang harus ditinggalkan oleh Tuhannya sebagai bentuk realisasi ketundukan dan kepasrahan (taslim, keislaman) dirinya sebagai hamba Allah kepada kehendak dan ketetapan-Nya. Khalifatullah, adalah kemampuan untuk melakukan “trilogi” hubungan (interaksi) yang harmonis antara ia dengan Allah (hablum minallah), ia dengan manusia lainnya (hablum minan nas), dan ia dengan alam (hablum minal alam).

Kata Kunci: Manusia, Perspektif Fungsi Transendental

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Ibnu. Tanwir al-Miqyās, dalam al-Maktabah al-Syamilah.

A’la, Abu, al-Maududi. Fundamentals Of Islam, terj. Ahsin Muhammad Bandung: Pustaka, 1984.

al-‘Asqalany, Ahmad Ibn Ali Ibn Hajar Abu al-Fadl. Fath al-Bari Syarh Shahih al-Bukhary, juz 4, Beirut: Dar al-Ma’rifah.

Al-Ghazali, Imam. Ihya’ Ulumuddin, Juz IV Semarang: CV.Asy Syifa’, 2003.

Al-Qalami, Abu Fajar. Ajaran Makrifat Syekh Siti Jenar, Surabaya: Pustaka Media, tt).

al-Qardlawwi, Yusuf. Ibadah Fi Al-Islam, Bangil: Pustaka Abdul Muis, 1981.

Fu’ad, Muhammad Abdul Baqi. Al-Mu’jam al-Mufahras li alfadz al-Qur’an al-Karim, T.kp. : Darul Fikri , 1992.

Hasan, Zainol. Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Ontologis Epistemologis dan Axiologis, Thesis Unpublished, Yogyakarta : IAIN Sunan kalijaga, 1996.

Hasyim, Moh. dan Zaki Mubarok, Akidah Islam, Yogyakarta : UII Press. 2001.

Hawwa, Sa’id. Jalan Ruhani, Bandung: Mizan Media Utama, 2001.

Hidayanto, Dwi Nugroho. Mengenal Manusia & Pendidikan, Yogyakarta: Liberty, 1988.

Ibrahim, Muslim. Pendidikan Agama Islam Untuk Mahasiwa, Yogyakarta: Erlangga, 1990.

Imron AM, Memahami Taqdir Secara Rasional, Surabaya: Bina Ilmu, 1991.

Jalaluddin & Usman Said, Filsafat Pendidikan Islam Konsep Dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: Rajawali, 1994.

Katsir, Ibn. Tafsir al-Quran al-‘Adlim, juz 1 dalam : al-Maktabah al-Syamilah.

Kattsoff, Louis. Element Of Philosophy, terj. Soejono Soemargono, Yogyakarta: Tiara Wcana, 1987.

Khalil, Ahmad. Merengkuh Bahagia, Malang: UIN Malang Press, 2007.

Ma’luf, Louis. al-Munjid fi al-Lughah, Beirut: Dar al-Masyriq, 1977.

Mujib, Abdul. Fitrah dan Kepribadian Islam, Jakarta: Darul Falah. 1999.

Nasution, Harun. Falsafat dan Mistisisme Dalam Islam, Jakarta: Bulan Bintang, 1990.

Nizar, Samsul. Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.

Shihab, Quraish. Wawasan al-Qur’an; Tafsir Maudhu’i atas Pelbagai Persoalan Umat, Bandung : Mizan, 1996.

------------------------. Membumikan Al-Quran Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat, Bandung: Mizan, 1992.

Sutrisno, Muji. Manusia Dalam Pijar-Pijar Kekayaan Dimensinya, Yogyakarta: Kanisius, 1993.

Watt, W. Montgomery. Islamic Teology And Philosophy, terj. Umar Basalim, Jakarta: P3M, 1987.

Zardar, Ziauddin & Marryl W. Davies, Face of Islam: Conversation on Contempory Isssues, terj. A.E. Piyono & Ade Armando, Bandung: Mizan, 1922.

http://finaniswati.blogspot.co.id/2013/11/unsur-unsur-jasmani-dan-ruhni-manusia_24.html

Published
2017-12-30
How to Cite
Hasan, Zainol. 2017. “Manusia Dalam Perspektif Fungsi Transendental”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2), 257 -71. https://doi.org/10.19105/tjpi.v12i2.1600.
Section
Articles