Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro'ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur'an
Abstract
Tujuan utama penelitian ini berusaha mengembangkan bahan ajar Tahsinul Qiro’ah berbasis metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan ketrampilan membaca al-Qur’an dikalangan mahasiswa di IAIM NU Metro Lampung. Jenis penelitian ini adalah model pengembangan (development research) yang mengacu pada metode R&D model Akker. Prosedur pengembangannya meliputi tahap preliminary dan tahap uji formatif yang terdiri atas uji diri sendiri, uji ahli, uji satu-satu, uji kelas kecil dan uji lapangan. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil post tes afektif (ketrampilan) dan kognitif mahasiswa menggunakan modul Tahsinul Qiro’ah untuk meningkatkan ketrampilan membaca al-Qur’an berbasis metode an-Nahdliyah menghasilkan temuan bahwa hasil kognitif mahasiswa di bidang tajwid lebih bagus dari pada hasil praktiknya, di mana nilai rata-rata kognitif sebesar 3,0% dalam kategori berhasil menguasai materi dengan baik. Sedangkan nilai rata-rata aspek ketrampilan sebesar 2,4% menunjukkan bahwa mahasiswa cukup terampil.
Downloads
References
Fadhli, Abu Eza al-. Terjemah Tafsiriyah Matan Mandzumah Matan Jazariyah. Bandung: LTI, 2015.
Husni, Arman. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Pemula Versi Online.” Jurnal Ittijah Vol.02, No.1 2010 (2010): 3.
Jannah, Siti Wardatul. “Pengembangan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berwawasan Religi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa MA.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Juni (2018).
Juharna, Silvia. “Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah.” JURNAL SISFOTEK GLOBAL 06, No. 02 September (2016).
Khon, Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya, 2007.
———. Praktikum Qira’at. 1 ed. Jakarta: Amzah, 2011.
Muhtar. Materi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Terbuka, 1996.
Mutiawani, Viska. “Kepo tajwid: Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Web Interaktif.” Indonesian Journal Of Applied Informatics Vol. 02, No. 02 (2018).
Prasetawati, Eka. “Innovation Learning of Tahfid Al – Qur’an Through Classical Method.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan Volume 03, Issue 02 (Desember 2018): 417. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.318.
Qomar, Mujamil. Pesantren dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga, 2005.
Restilawati, Titicahyani. “Mathematical development PQ4R Comic Method For Developing Mathematics and Mathematical Disposition of Class VIII. UNILA, Lampung.” Tesis, UNILA, 2016.
RI, Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya,. Bandung: CV.Diponegoro, 2010.
Risdiawati, Dian dkk. “Pengembangan Bahan Ajar Tulisan Arab-Melayu.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 01, No. 06 Juni (2016): 1006.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.
Suwarno. Tuntunan Tahsin al-Qur’an. Yogyakarta: Depublish, 2016.
Copyright (c) 2019 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).