Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro'ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur'an

  • Eka Prasetiawati Institut Agama Islam Ma'arif (IAIMNU) Metro Lampung
Abstract views: 2148 , PDF downloads: 1697
Untitled downloads: 0

Abstract

Tujuan utama penelitian ini berusaha mengembangkan bahan ajar Tahsinul Qiro’ah berbasis metode an-Nahdliyah untuk meningkatkan ketrampilan membaca al-Qur’an dikalangan mahasiswa di IAIM NU Metro Lampung. Jenis penelitian ini adalah model pengembangan (development research) yang mengacu pada metode R&D model Akker. Prosedur pengembangannya meliputi tahap preliminary dan tahap uji formatif yang terdiri atas uji diri sendiri, uji ahli, uji satu-satu, uji kelas kecil dan uji lapangan. Teknik pengumpulan datanya meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan triangulasi, reduksi data, display data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil post tes afektif (ketrampilan) dan kognitif mahasiswa menggunakan modul Tahsinul Qiro’ah untuk meningkatkan ketrampilan membaca al-Qur’an berbasis metode an-Nahdliyah menghasilkan temuan bahwa hasil kognitif mahasiswa di bidang tajwid lebih bagus dari pada hasil praktiknya, di mana nilai rata-rata kognitif sebesar 3,0%  dalam kategori berhasil menguasai materi dengan baik. Sedangkan nilai rata-rata aspek ketrampilan sebesar 2,4% menunjukkan bahwa mahasiswa cukup terampil.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fadhli, Abu Eza al-. Terjemah Tafsiriyah Matan Mandzumah Matan Jazariyah. Bandung: LTI, 2015.

Husni, Arman. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab Untuk Pemula Versi Online.” Jurnal Ittijah Vol.02, No.1 2010 (2010): 3.

Jannah, Siti Wardatul. “Pengembangan Bahan Ajar Sistem Reproduksi Manusia Berwawasan Religi Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa MA.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi Juni (2018).

Juharna, Silvia. “Perancangan Aplikasi Multimedia Interaktif Untuk Pembelajaran Ilmu Tajwid Pada Pondok Pesantren Al-Mansyuriyah.” JURNAL SISFOTEK GLOBAL 06, No. 02 September (2016).

Khon, Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Rosdakarya, 2007.

———. Praktikum Qira’at. 1 ed. Jakarta: Amzah, 2011.

Muhtar. Materi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Direktorat Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Terbuka, 1996.

Mutiawani, Viska. “Kepo tajwid: Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Web Interaktif.” Indonesian Journal Of Applied Informatics Vol. 02, No. 02 (2018).

Prasetawati, Eka. “Innovation Learning of Tahfid Al – Qur’an Through Classical Method.” Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan Volume 03, Issue 02 (Desember 2018): 417. https://doi.org/10.25217/ji.v3i2.318.

Qomar, Mujamil. Pesantren dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Jakarta: Erlangga, 2005.

Restilawati, Titicahyani. “Mathematical development PQ4R Comic Method For Developing Mathematics and Mathematical Disposition of Class VIII. UNILA, Lampung.” Tesis, UNILA, 2016.

RI, Departemen Agama. Al-Qur’an dan Terjemahnya,. Bandung: CV.Diponegoro, 2010.

Risdiawati, Dian dkk. “Pengembangan Bahan Ajar Tulisan Arab-Melayu.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 01, No. 06 Juni (2016): 1006.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

Suwarno. Tuntunan Tahsin al-Qur’an. Yogyakarta: Depublish, 2016.

Published
2019-12-26
How to Cite
Prasetiawati, Eka. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Tahsinul Qiro’ah Berbasis An-Nahdliyah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an”. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam 14 (2), 131-46. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i2.2389.
Section
Articles