Orientasi Perubahan Kurikulum Pendidikan Pesantren : Studi Kasus Pesantren Ummus Shabri Kendari Sulawesi Tenggara
Abstract
Abstrak
Kajian ini orientasi perubahan kurikulum pendidikan pesantren (studi kasus pesantren ummusshabri Kendari. Penelitian ini menggunakan instrument penelitian lapangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan sosiologis, sejarah, komparatif. Studi ini membuktikan bahwa oreintasi perubahan kurikulum pesantren dalam perspektif historis telah dilakukan pesantren Ummushabri Kendari dengan membuka MTS dan MA sebagai sistem pendidikan modern. Namun perubahan itu menyebabkan sistem pendidikan tradisional ditinggalkan siswanya, karena itu, pendidikan tradisional pesantren telah kehilangan fungsinya sebagai lembaga pesantren, yang justru medominasi adalah kurikulum madrasah dan sekolah umum. Studi ini juga menemukan tidak semua pesantren melakukan perubahan meninggalkan tradisinya, hal ini terlihat pembaharuan pendidikan pesantren Lirboyo yang berhasil mempertahankan fungsi utama lembaga pesantren yakni trasnmisi ilmu pengetahuan keislaman, pemeliharaan tradisi Islam serta penciptaan kader-kader ulama, dan menjadikan model pembaharuan pensantren Lirboyo sebagai perbandingan.
Abstract
This study orientation changes in the pesantren education curriculum (case study of the Islamic boarding school of the Islamic Boarding School in Kendari. This study uses a field research instrument. The method used is descriptive-analytical with a sociological, historical, comparative approach. Ummushabri Kendari by opening MTS and MA as a modern education system.But the change caused the traditional education system abandoned by students, therefore, traditional pesantren education has lost its function as a pesantren institution, which instead is dominated by the madrasa curriculum and public schools. all pesantren make changes leaving their tradition, this can be seen from the renewal of the Lirboyo pesantren education which succeeded in maintaining the main function of the pesantren institution namely the transmission of Islamic science, the maintenance of Islamic traditions the creation of ulama cadres, and made the Lirboyo pesantren renewal model as a comparison.
Downloads
References
Daftar Pustaka
Anwar, Ali, Pembaharuan Pendidikan di Peantren Lirboyo Kediri, Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2011.
Azra, Azyumardi, Pendidikan Islam; Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2000.
Azyumardi Azra, Esei-esei Intelektual Muslim dan Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.
Badan Penelitian dan Pengembangan Agama Depag RI, "Penyusunan Bibliografi Beranotasi tentang Karya Ulama di Sulawesi Tenggara, Tengah & Utara", Laporan Penelitian (Ujungpandang: Balai Penelitian Lektur Keagamaan Ujungpandang, 1982/1983).
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta, Raja Grafindo Persada, 1999.
Lesmana, Andre Fellend, NU Vis-a Vis Negeri Pencari Isi, Bentuk dan Makna, Yogyakarta, LKIS, 1999.
Mastuhu, Dinamika Pendidikan Pesantren, Indonesia, Netherlands coorporation in Islamic Studies, seri Inis, XX, Jakarta, 1994.
Nasution , S., Asas-asas Kurikulum, edisi kedua, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
------------, S., Asas-asas Kurikulum, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.
Noer, Delier, Gerakan Modern Islam di Indonesia 1900-1942, Jakarta, LP3ES, 1998.
Rahim, Husni, Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia, Jakarta, Logos Wacana Ilmu, 2005.
Ramli, Andi M., Gambaran Singkat tentang Pendidikan di Pesantren, dala Buletin Bina Pesantren, Depag RI, Juli 1999.
Stennbrink, Karel A., Pesantren, Madrasah, Sekolah; Pendidikan Islam dalam Kurun Modern, Jakarta, LP3ES, 1998.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
Suparta, Mundzier, Perubahan Orientasi Pondok Pesantren Salafiyah: Terhadap Perilaku Keagamaan Masyarakat, Jakarta, Asta Buana Sejahtera, 2009.
Undang-undang Rebublik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS), Bandung: Citra Umbara, 2003.
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren, Jakarta, LP3ES, 2011.
Zarkasyi, Abdullah Syukri, Gontor dan Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Jakarta, Rajawali, 2005.
Copyright (c) 2019 TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial 4.0 International license. Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a
Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License
that allows others to share — copy and redistribute the material in any medium or format, and adapt — remix, transform, and build upon the material.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (see The Effect of Open Access).