Literasi Digital Efektifitas Literasi Digital dalam Membentuk Minat Baca Mahasiswa

minat baca

  • Yanto, Masti IAIN Madura
  • Waqiatul Masruroh IAIN Madura
  • Zeinal Abidin IAIN Madura
  • Nailatur Rizqiyah IAIN Madura
Abstrak views: 33 , pdf downloads: 50
Kata Kunci: Effectiveness, Digital literacy, Reading interestEffectiveness, Digital literacy, Reading interest

Abstrak

Literasi Digital mendapatkan peran yang sangat sentral dalam sistem pendidikan, disebabkan literasi digital sangat diperlukan sebagai integrasi pencari ilmu pengetahuan dan informasi yang akurat pada zaman yang serba digital pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Revitalisasi Literasi Digital sebagai dasar-dasar pendidikan yang inklusif dan integratif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif-kualitatif dengan Pendekatan Library Research. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Efektivitas Literasi Digital dalam lingkungan pendidikan dan sosial memiliki peran yang sentral untuk mengimplementasikan integrasi keilmuan dan pengetahuan yang di dapat dari informasi dan ilmu pengetahuan yang telah di pahami dan dibaca. Penelitian ini menegaskan, pentingnya literasi digital sebagai dasar untuk memperoleh ilmu pengetahuan dan informasi yang akurat serta terstruktur serta sistematis di dunia pendidikan dan sosial.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Eka, P. P. (2022). LITERASI DIGITAL SEBAGAI ALTERNATIF MENANAMKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).

Supriatin, A., & Nasution, A. R. (2017). Implementasi pendidikan multikultural dalam praktik pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 1-13.

Jariah, A., & Pratama, M. G. (2019). Literasi, hoaks dan sejumlah esai lainnya: Jariah Publishing. Jariah Publishing Intermedia.

Al Fiyah, L. (2024). ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI ETHESIS DENGAN TTD ASLI BUKAN SCAN, UPLOAD ULANG).. Manajemen Program Gerakan Literasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Mutu Madrasah (Study Kasus Di MTsN Kota Madiun) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Yudianti, A., Utama, R. S., & Wibowo, R. F. S. H. (2023). Digitalisasi Desa Berbasis Aplikasi “Simpeldesa”: Inovasi Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan Di Desa Cibiru Wetan. TheJournalish: Social and Government, 4(5), 73-92.

Sholichah, A. S., Solihin, S., Rahman, B., Awi, W., & Muqit, A. (2022). Penguatan Profesionalisme Guru dalam Mengembangkan Literasi Digital Kegamaan (Studi di SMP Islamic School al-Bayan Jakarta). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(01), 433-454.

Ahmadi, F., & Ibda, H. (2018). Media literasi sekolah: Teori dan praktik. CV. Pilar Nusantara.

Aisyah, T. F. (2022). Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring. IQRA: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 16(1), 19-31.

Bastin, N. (2022). Keterampilan literasi, membaca, dan menulis. Nahason Bastin Publishing.

Judijanto, L., Setiawan, Z., Wiliyanti, V., Gunawan, P. W., Suryawan, I. G. T., Mardiana, S., ... & Joni, I. D. M. A. B. (2024). Literasi Digital di Era Society 5.0: Panduan Cerdas Menghadapi Transformasi Digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Suharyati, H., & Patras, Y. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Pedagogik Tenaga Pengajar Paud Dalam Upaya Pemberdayaan Melalui Keterampilan Literasi Digital Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Difusi, 2(2), 11-17.

Rahayu, G. S. (2015). Pengaruh Minat Baca Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SD Se-Gugus II Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. Universitas PGRI Yogyakarta.

Kartika, M. (2022). KOLABORASI ORANGTUA DAN GURU DALAM GERAKAN LITERASI SEKOLAH GUNA MENUMBUHKAN MINAT MEMBACA DAN MENULIS DI MI MUHAMMADIYAH PENARUBAN KALIGONDANG PURBALINGGA (Doctoral dissertation, UIN PROF. KIAI HAJI SAIFUDDIN ZUHRI).

Mach Faiz, F. (2020). URGENSI LITERASI BACA DALAM MEMBENTUK AKHLAK MULIA SISWA SMP MUHAMMADIYAH 22 SETIA BUDI PAMULANG (Doctoral dissertation, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta).

Fahmy, Z., Utomo, A. P. Y., Nugroho, Y. E., Maharani, A. T., Liana, N. I., Alfatimi, N. A., ... & Kesuma, R. G. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sastra Indonesia, 10(2), 121-126.

Diterbitkan
2024-12-30