IMPLEMENTASI LESSON STUDY PADA INTEGRASI KURIKULUM 2013 SEBAGAI DAYA DUKUNG KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MI MA’ARIF KUMPULREJO 02 KOTA SALATIGA

  • Laily Syafa'ah IAIN SALATIGA
  • Taufiqur Rohman IAIN SALATIGA
Abstract views: 162 , PDF downloads: 124
Untitled downloads: 0

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan Lesson Study sebagai daya dukung kompetensi pedagogik guru MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga, serta kemampuan mengintegrasikan Kurikulum 2013 dalam pelatihan program Lesson Study.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan dewan guru serta pengawas MI Kota Salatiga dengan jumlah 1 kepala sekolah ,3 dewan guru dan 2 peserta didik serta pengawas MI Kota Salatiga. Pelaksanaan Lesson Study ditekankan pada 3 tahap yaitu plan (merencanakan atau merancang), Do (melaksanakan), dan See (mengamati, dan sesudah itu merefleksikan hasil pengamatan). Pelaksanaan Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 masih perlu pendampingan lebih lanjut dalam pembuatan RPP sesuai kurikulum 2013 dengan mengingat urgensi pendidikan karakter yang terintegrasi dalam mata pelajaran. Lesson Study harus dikembangkan dengan melibatkan guru-guru, serta pakar dan praktisi pendidikan dari instansi lain untuk menambah khazanah wawasan metode dan strategi pembelajaran yang lebih kompleks.

Lesson Study juga membantu guru menerima tunjangan kesejahteraan, karena program Lesson Study mampu membentuk kompetensi guru yang unggul. Program Lesson Study salah satu wadah bagi guru dalam menjawab perkembangan zaman yang semakin kompleks, Lesson study mampu menjadi daya dukung bagi guru dalam memperjuangkan kesehteraannya serta membantu guru dalam menjawab tantangan zaman dan sebagai daya dukung terhadap kompetensi lulusan serta kualitas lembaga pendidikan. Kendala yang terjadi dalam proses Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga adalah sebagai berikut: Kurangnya motivasi guru dalam mengembangkan program Lesson Study, Kurangnya Pendanaan program Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02, Sarana dan Prasarana di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kurang lengkap, Sulitnya Penyusunan jadwal pelaksanaan program Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02, Pendokumentasian kegiatan Lesson Study di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kurang lengkap, serta Kurangnya daya dukung Yayasan dan Kementerian Agama

 

Kata Kunci: Lesson study, Integrasi kurikulum 2013, Peningkatan kompetensi pedagogik guru.

 

 

 

Abstract

This study aims to describe the implementation of Lesson Study as the supporting capacity of the pedagogical competence of MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Salatiga teachers, as well as the ability to integrate the 2013 Curriculum into the Lesson Study program training.

This research is an action research with a qualitative descriptive approach with the research subjects, namely the principal and the board of teachers as well as the supervisor of MI Salatiga City with the total of 1 school principal, 3 teacher councils and 2 students and supervisors of MI City of Salatiga. The implementation of Lesson Study is emphasized on 3 stages, namely plan (plan or design), Do (implement), and See (observe, and after that reflect on the results of the observations). The implementation of Lesson Study at MI Ma'arif Kumpulrejo 02 still needs further assistance in making RPP according to the 2013 curriculum keeping in mind the urgency of integrated character education in the subject. Lesson Study should be developed by involving teachers, as well as education experts and practitioners from other agencies to add to their knowledge of more complex learning methods and strategies.

Lesson Study also helps teachers receive welfare allowances, because the Lesson Study program is able to form superior teacher competencies. The Lesson Study Program is a forum for teachers to respond to increasingly complex developments in the era, Lesson study is able to be a supporting capacity for teachers in fighting for their health and helping teachers in responding to the challenges of the times and as a support capacity for graduate competencies and the quality of educational institutions. The obstacles that occurred in the Lesson Study process at MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Salatiga were as follows: Lack of teacher motivation in developing the Lesson Study program, Lack of funding for the Lesson Study program at MI Ma'arif Kumpulrejo 02, Facilities and Infrastructure at MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Incomplete, Difficulty in compiling a schedule for the implementation of the Lesson Study program at MI Ma'arif Kumpulrejo 02, Documenting Lesson Study activities at MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Incomplete, and Lack of support capacity of the Foundation and the Ministry of Religion

 

 

Keywords:Lesson study, 2013 curriculum integration, Improvement of teacher pedagogical competence.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Andini Deassy May, Endang Supardi, “Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru”. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No.2 (2018), 1-7.

Budiono Saputro,”Manajemen Penelitian Pengembangan research & development bagi penyusun tesis dan disertasi”, Yogyakarta: Aswaja Pressindo,2011.8.

Daryanti, dkk. “Peningkatan Kemampuan penalaran ilmiah melalui model pembela jaran Inkuiri terbimbing pada materi sistem pernapasan manusia”. Jurnal pendidikan matematika dan sains, Vol. 3, No 2 (2015), 163-168.

Dwi Ariyani, Guru Sadar Tantangan Zaman, Sukoharjo: CV. Farishma Indonesia, 2018.

Hartati, T.A W., dkk. “Perbandingan Potensi Model Pembelajaran Berbasis Kontruktivis dalam prosiding memberdayakan keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa berkemampuan akademik rendah”. Prosiding Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015, Universitas Negeri Surakarta.

https://ayomadrasah .blogspot.com. diakses pada tanggal 25 November 2018: pukul: 10.30.

Ibrohim, Apa, Mengapa dan Bagaimana Lesson Study: Pola Alternatif untuk meningkatkan Efektivitas Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Calon Pendidik. Makalah disajikan dalam Workshop Pembimbing PPL Berbasis Lesson Study di FS UM, Tanggal 26 Januari 2010.

Jasmaniah, Asrul Karim, Zulkifli, “Implementasi Pembelajaran Bilangan Dan Operasinya Melalui Lesson Study (Pengalaman mengimplementasikan Lesson Study pada perkuliahan)”, Jurnal Pendidikan Almuslim, Vol. 1, No.1 (2013), 15–17.

Ketut suma, “Implementasi Lesson Study Sebagai Upaya Pembinaan Profesionalisme Guru MIPA SMA di Kabupaten Bangli”, Seminar Nasional FMIPA UNDISKHA III Tahun 2013, Universitas Pendidikan Ganesha.

Lewis Catherine C., “Improving mathematics instruction thourgh Lesson Study: a theorical model and North American case”, Journal of Mathematics Teacher Education, Vol. 12, No. 2 (2009), 285-30.

Lexy Moelong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2009.

Mahmudi Ali, “Mengembangkan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study”, Jurnal Forum Kependidikan FKIP UNSRI. Vol 28, No. 2 (2009), 4.

Marsigit, “Mathematics Teachers’ Profesional Development through Lesson Study in Indonesia”, Eurasia Journal of Mathematics, Science & technology Education, Vol 3, No.2 (2007), 141-144.

Munthe Bermawi. Desain Pembelajaran. Yogyakarta: PT Insan Pustaka Madani. 2009, 115-120.

Ni’am, A. Membangun Profesionalisme Guru. Jakarta: ELSAS. 2006, 85-88.

Ninik Sumiarsi, Analisis Kompetensi Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan”, Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 3, no. 1(2015), 99-104.

Ono Yumiko and Johana Ferreira, “A case study of continuing teacher professional development through Lesson Study in South Africa. South African Journal of Educati, Vol. 30, No.2 ( 2010), 59-74.

Permendikbud No.16 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Pedagogik Guru di SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, dan SMK/MAK.

Permendiknas Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Komptensi Guru. Jakarta: Asa Mandiri.

P.Purnomo, “Implementing the School-Based Lesson Study in Elementary Schools”, Jurnal Prime Edukasi, Vol. 5, No. 2 (2017), 160-171.

Prayekti & Rasyimah, “Lesson Study For Improving The Achievement Of Science For Student In Elementary School”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 18, No. 1 (Maret 2012), 54–64.

Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph. D, Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kompetensi Pendidik, Makalah disajikan dalam seminar dan Lokakarya PLEASE 2013 di Sekolah Tinggi Theologi Aletheia, tanggal 9 Juli 2013.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R7D, Bandung: alfabeta, 2014.

Tedjawati, “Peningkatan Kompetensi Guru melalui Lesson Study: kasus di Kabupaten Bantul”, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 17, No. 4, (Juli 2011), 480-489.

Undang-undang No. 14 tahun 2005 Pasal 10 ayat (1) tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Wawancara dengan Ibu IRN Kepala sekolah MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga pada tanggal 3 Desember 2019.

Wawancara dengan bapak AK selaku bendahara BOS MI Ma’arif Kumpulrejo 02 pada tanggal 11 Desember 2019

Wawancara dengan Ibu AL selaku guru model di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga pada tanggal 11 Desember 2019.

Wawancara dengan Ibu TM selaku guru dan bendahara BOS di MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga pada tanggal 11 Desember 2019.

Zubaidah Siti, “Makalah disampaikan pada pendidikan dan pelatihan Nasional dengan tema peningkatan Profesionalisme Guru melalui Kegiatan Lesson Study”, 22 April 2010 di Universitas Brawijaya Malang.

Published
2021-02-10
Section
Articles