PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN ADMINISTRASI PENILAIAN DI UPTD SDN TAMBERU TIMUR KECAMATAN SOKOBANAH KABUPATEN SAMPANG

  • hod den
Abstract views: 79 , PDF downloads: 116

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian tindakan kepala sekolah ini adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru-guru di UPTD SDN Tamberu Timur kecamatan Sokobanah kabupaten Sampang dalam menyusun administrasi penilaian melalui supervisi akademik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Kegiatan dalam penelitian ini terdiri atas tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi kelas.Instrumen observasi yang digunakan adalah alat penilaian kemampuan guru (APKG) berupa Instrument penilaianadministrasi pembelajaran . Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif komparatif. Data kuantitatif yang diperoleh di deskripsikan dalam bentuk kata-kata atau penjelasan. Selanjutkan dilakukan komparasi data untuk memastikan ada tidaknya peningkatan kemampuan guru dalam penilaian administrasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru dalam menyusun administrasi penilaian dalam pembelajaran di UPTD SDN Tamberu Timur kecamatan Sokobanah kabupaten Sampang sebesar26,2%.

Kata kunci: supervisi akademik, kompetensi pedagogik

 

ABSTRACT

The aim of the principal's action research was to improve the pedagogical competence of teachers in the UPTD SDN Tamberu Timur, Sokobanah sub-district, Sampang district in preparing administrative assessments through academic supervision. This type of research used in this research is school action research. The activities in this study consisted of the stages of action planning, action implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used classroom observation techniques. The observation instrument used was a teacher ability assessment tool (APKG) in the form of a learning administration assessment instrument. The data analysis used was a comparative descriptive analysis technique. The quantitative data obtained are described in the form of words or explanations. Continued data comparisons to ensure whether there is an increase in the ability of teachers in learning administration assessment. The results showed the findings that academic supervision can improve the ability of teachers in compiling administrative assessments in learning at the UPTD SDN Tamberu Timur, Sokobanah sub-district, Sampang district by 26.2%.

Keywords: academic supervision, pedagogic competence

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar – Dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta

Danim Sudarwan dan Khairil. 2011. Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Daryanto dan Tasrial. 2011. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: GavamediaSahertian, P.A .2010. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dirjen peningkatan mutu pendidikan dan tenaga kependidikan.2012. Pedoman pelaksanaan kinerja guru (PK Guru). Buku 2. Jakarta: kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pujiono. 2014. Laporan Pelaksanaan Supervisi Akademik. SD Kristen Satya Wacana.

Sudjana Nana dkk. 2011. Buku Kerja Pengawas Sekolah. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, BadanPSDMdanPMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Suhertian,(2000).Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta

--------- 2009. Undang-Undang Nomor 39 tahun 2009 Tentang pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan. Jakarta

---------2005. Undang-Undang RI No. 14 Th. 2005 Tentang Guru dan Dosen.Jakarta:Depdiknas.

---------2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Guru. Jakarta:Depdiknas.

Published
2021-02-10
Section
Articles