PERKEMBANGAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT DALAM SETTING PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN MEDIA “MOGER” DI KELAS IV

  • ahmad jazuli
Abstract views: 143 , PDF downloads: 144

Abstract

Abstrak

                      

Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan Perkembangan Pemahaman Siswa pada Operasi Hitung Bilangan Bulat dalam setting Pembelajaran Matematika Realistik berbantuan media “Mobil Bergerak” di kelas IV.

Penelitian ini deskriptif kualitatif dan kuantitatif, penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan atau menggambarkan variabel masa lalu dan sekarang yang bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antara fenomena yang diselidiki. Hasil dari Tes pertama, tes kedua, dan tes ketiga siswa mengalami peningkatan ditunjukkan dengan nilai tertinggi dari 45 ke 77,5 dan ke 100, Nilai terendah dari 10 ke 25 dan 45, nilai rata-rata dari 19,17 ke 54,06 dan 74,90. Tingkat pemahaman rata-rata kelas dari sangat rendah ke sedang dan tinggi.Hasil perbandingan dari tes pertama, tes kedua, dan tes ketiga menunjukkan perubahan yang lebih baik atau maju dengan begitu dapat disimpulkan siswa mengalami perkembangan pemahannya dalam operasi hitung bilangan bulat melalui setting pembelajaran matematika realistik berbantuan media “MOGER”.

Berdasarkan hasil data, dapat disimpulkan siswa mengalami perkembangan pemahaman dalam operasi hitung bilangan bulat dengan menggunakan setting pembelajaran matematika realistik berbantuan media “MOGER” di kelas IV.

 

Kata kunci: Pemahaman Siswa pada Operasi Bilangan Bulat, Pembelajaran MatematikaRealistik, Media “MOGER”.

 

 

ABSTRACT

This study aims to describe the development of understanding of students on Operation Count Integer in setting medium-aided Realistic Mathematics Education "Moving Cars" in the fourth grade.

This research is descriptive qualitative and quantitative research conducted to explain or illustrate the past and present variables which aims to create a description, picture or painting in a systematic, factual and accurate information on the facts and the relationship between the phenomenon investigated. Results of the first test, a second test and third test students have shown improvement with the highest score of 45 to 77.5 and to 100, the lowest value of 10 to 25 and 45, the average value of 19.17 to 54.06 and 74.90. Level of understanding of the average grade from very low to medium and high. The comparison of the first test, a second test and third test showed changes for the better or forward so we can conclude pemahannya students progressing in integer arithmetic operations by setting realistic mathematics-assisted learning media "Moger".

Based on the results of the data, it can be concluded the students to experience growth in the understanding of integer arithmetic operations using mathematical learning setting realistic media-assisted "Moger" in the fourth grade.

 

Keywords: Students Understanding on Operations Integer, Realistic Mathematics Education, Media "Moger".

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aisyah, Nyimas. (2007). Pengemban-gan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas.

Barmby, Patrick. Harries,Tony. Higgins, Steve & Suggate Jennifer. (2007). “How

Can We Assess Mathematical Understanding? Uruted” Kingdom: Durham University. Proceedings of the 31 st Conference of the Intemational Group for the Psychology of Mathematics Education, Vol. 2, pp. 41-48. Seoul: PME.

Fuzan. 2002. Applying realistic mathematics education (RME) in teaching geometry in Indonesian primary schools. Desertasi University of Twente: Print Partners Ipskamp – Enschede.

Godino, Juan D.(1994). Mathematical Concepts, Their Meanings, And Understanding. Spanyol: Proceedings of XX Conference of the Intemational Group for the Psychology of Mathematics

Hadi, Sutarto. (2005). Pendidikan Matematika Realistik dan Imple-mentasinya. Banjarmasin: PBSI.

Hobri. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: CSS.

Kasanah, Nur dan Didik Tuminto. (2007). Kamus Bergambar Bahasa Indonesia untuk SD dan SMP. Jakarta: PT. Bina Sarana Pustaka.

Muhsetyo, Gatot, dkk. (2009). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta:Universitas Terbuka.

Munadi, Yudhi. (2008). Media pembelajaran Sebuah Pembe-lajaran Baru. Ciputat: Gaung Persada.

Nurkancana, Wayan dan Sumartana. (1986). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sadiman, Arief S., dkk. (1993). Media Pendidikan: Pengertian, Pengem-bangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta : PT. Grafindo Persada.

Skemp, Richard. (1987). The Psychology of Leaming Mathematics. GreatBritain: Hazell Watson & Viney.

Sugiyono, dan Yeyen Maryani. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Suryanto, dkk.(2010). Pendidikan Matematikarealitik Indonesia (PMRI). Jakarta: IPPMRI

Wijaya, Ariyadi. (2012). Pendidikan Matematika Realistik Suatu Altematif Pembelajaran Pembela-jaranMatematika.Yogyakarta:Graha Ilmu.

Published
2021-02-10
Section
Articles