PENGGUNAAN BAHASA MADURA YANG DIGUNAKAN OLEH ORANG TUA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SDN CANDI I

  • wahid ahmad
Abstract views: 343 , PDF downloads: 182

Abstract

ABSTRAK

Siswa Kelas IV, V, dan VI SDN Candi I tidak selalu menggunakan bahasa madura yang halusEngghi Enten dalam berkomunikasisebagaimana diajarkan orang tuanya. Sedangkan karakternya masih tergolong baik dan bagus.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bahasa Madura yang digunakan oleh orang tua terhadap karakter siswa Kelas IV, V, dan VIdi SDN Candi I dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, rekaman dan triangulasi.Adapun instrument yang digunakan adalah pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi.Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini adalah Triangulasi Waktu (periode I 10-14 Juli 2020 dan periode II 10-14 Juli 2020), Sumber dan Teknik.Sumber utama pada penelitian ini dalah Siswa Kelas IV, V dan VI, dan sumber keduanya adalah orang tua dan guru kelas.Teknik yang digunakan saat triangulasi adalah wawancara, observasi dokumentasi dan rekaman.  Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa hubungan bahasa yang digunakan oleh orang tua dengan karakter toleransi, bersahabat atau komunikatif, dan peduli sosial pada Kelas IV, V, dan VI sangat berpengaruh terutama pada karakter bersahabat atau komunikatif. Hasil penelitian ini menunjukkan semakin baik bahasa yang digunakan oleh orang tua maka karakter siswa akan semakin baik pula terutama pada karakter bersahabat atau komunikatif.

 

Kata Kunci: Bahasa Madura, Orang Tua, Karakter

ABSTRACT

The grade IV, V, and VI students in SDN Candi 1 do not always use the good Madurese (Engghi-Enten) in communicating as taught as their parents. Meanwhile, the characters of the student are still good. This research aims to determine the relationship between the Madurese used by parents to the character of students in IV, V, and VI Grades at SDN Candi 1 with using interviews, observation, documentation, recording, and triangulation techniques. The instruments used is interview guides, observation sheets, and documentation. The triangulation used in this study is the Triangulation of Time (first-period 30 June to 01 July 2020 and the second period 10 to 14 July 2020), Resources, and Techniques. The main objects in this study were students in IV, V, and VI grades, and the second objects were parents and class teachers. The triangulation techniques were interviews, observation documentation, and recordings. Based on the data obtained, it shows that the relationship between the language used by parents with the characters of tolerance, friendly or communicative, and social care in IV, V, and VI grades are significant especially in communicative and friendly character. This research shows the better the language used by parents, the better the student's character will be, especially in friendly or communicative characters.

 

Keywords : Madurese (Language of Madura), Parents, Character

Downloads

Download data is not yet available.

References

DAFTAR PUSTAKA

___.2008.Kongres I Bahasa Madura.Pamekasan.

Afifudin, H. dan Saebani, Beni Ahmad. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Pustaka Setia. Bandung.

Bachri. Bachtiar S. 2010. Meyakinkan Validitas Data Melalui Triangulasi Pada Penelitian Kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, Vol. 10 Nomor 1, April 2010 Hlm, 46-62. Universitas Negeri Surabaya.

Devianty, Rina.2017. Peran Bahasa Idonesia dan Bahasa Daerah dalam Pendidikan Karakter. Medan.

Gumilang, Galang Surya. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Bidang Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Fokus Konseling Volume 2 No. 2, Agustus 2016 Hlm. 144-159. Kediri.

H, Tri Utami, dkk. 2019. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Sikap Peduli Sosial SIswa di SMP Negeri 1 Palembang. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, Volume 6, Nomor 1, Mei 2019, hlm 17. Palembang.

Haryati, Sri. 2016. PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KURIKULUM 2013. Bangkalan

Lestari, Puji Nunik. 2015. Pengaruh Kebiasaan Menggunakan Bahasa Jawa Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk Purnama 2 Banyumas. Semarang.

Munawaroh. 2012. Panduan Memahami Metodologi Penelitian. Intimedia. Malang.

Nurlaila, Maryam. 2016. Pengaruh Bahasa Daerah (Ciacia) Terhadap Perkembangan Bahasa Indonesia Anak Usia 2 Sampai 6 Tahun Di Desa Holimombo Jaya. Jurnal Retorika, Volume 9, Nomor 2, Agustus 2016, hlm.90—163.Baubau.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018

Pendidikan, Tim Pusat Penelitian. Model Penilaian Karakter. 2019. Pusat Penilaian Pendidikan. Jakarta.

Prabowo, Aan, dan Heriyanto. 2013. Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-Book) Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan Volume 2, Nomor 2, Tahun 2013 Halaman 1-9.

Putra, Nusa. dan Lisnawati, Santi. 2012. Penelitian Kualitatif Pendidikan Agama Islam.PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rahman, Astuti. 2016. Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas 1 Sd Inpres Maki Kecamatan Lamba-Leda Kabupaten Manggarai Timur Dalam Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol. 3 No. 2, December 2016, pp. 7-79. Makasar.

Rohullah, Ratu. 2017. Pengaruh Perilaku Bahasa Dalam Masyarakat Terhadap Mutu Pendidikan dan Perkembangan Sikap/Karakter Pada Anak Usia Dini. Dalam ELIC 2017 The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula May 2017, p.692-702.

Solin, Mutsyuhito. 2010. Peranan Bahasa Indonesia dalam Membangun Karakter Bangsa. Medan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Afabeta.cv. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.cv. Bandung.

Sulasmono, Putut. 2017. The Integration Of Local Cultural Wisdom Values In Building The Character Education Of Students. International Journal of Education and Research Vol. 5 No. 6 June 2017.

Sulistyaningsih, 2012.Metodologi Penelitian Kebidanan Kuantitatif-Kualitatif. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Supriyanto, Agus dan Wahyudi, Amien. 2017. Skala Karalter Toleransi: Konsep dan Operasional Aspek Kedamaian, Menghargai Perbedaan dan Kesadaran Indiviidu. Jurnal Ilmiah Counsellia, Volume 7, Nomor 2, Nopember 2017 : 61-70.

Sutarna, Nana. Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. 2018. Pustaka Diniyah. Yogyakarta.

Utami, Tri Setia. 2017. Upaya Meningkatkan SIkap Komunikatif dan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Menulis Laporan Pengamatan Melalui Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di Kelas V MIM Karanglo. Purwokerto.

Wahidmurni. 2017. Pemaparan Metode Penelitian Kuantitatif. Malang.

Werang, Basilius Redan. 2015. Pendekatan Kuantitatif dalam Penelitian Sosial.Calpulis.Yogyakarta.

Published
2021-02-10
Section
Articles