PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Syifa Musfiyyah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lu’Luil Maknun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Abstract views: 2352 , pdf downloads: 1405

Abstract

Hasil belajar yang baik tentunya sudah harus dikembangkan. Salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi hasil belajar yaitu orang tua. Karena rendahnya hasil belajar peserta didik diharapkan dapat teratasi apabila peserta didik tersebut mendapatkan bimbingan belajar dari orang tuanya. Dengan hal tersebut tujuan artikel ini untuk mengetahui antara bimbingan belajar orang tua dengan prestasi peserta didik, dan untuk menguji apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar orang tua terhadap hasil belajar peserta didik disekolah dasar. Dalam penulisan artikel ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Teknik pengumpulan data dengan cara menelusuri berbagai referensi di jurnal, buku, skripsi dan artikel yang berkaitan dengan bimbingan belajar orang tua terhadap prestasi belajar siswa di sekolah dasar. Setelah mencari berbagai referensi, penulis menganalisis dan menyajikan secara sistematis di dalam artikel ini. Hasil artikel ilmiah ini menyajikan enam topik bahasan, yaitu: 1) bimbingan belajar, 2) bimbingan orang tua, 3) fungsi dan tujuan bimbingan orang tua, 4) prestasi belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, 5) keterkaitan antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa, 6) Pengaruh keterlibatan orang tua terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil kajian ini, penulis menyimpulkan bahwa bimbingan belajar orang tua itu memang sangat berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-11
Section
Articles