PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN LURING DAN DARING KELAS II.B SDIT MULTAZAM PAMEKASAN DI ERA PANDEMI COVID-19

  • Suci Ayu Wandira UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • H. Suaib H. Muhammad UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 661 , pdf downloads: 434

Abstract

Abstrak

Di era pandemi covid-19 pada saat ini, tidak hanya guru yang berperan dalam pembelajaran siswa di sekolah, peran orang tua sangat diperlukan dalam pembelajaran anak dirumah. Karena pembelajaran disekolah tidak seperti biasanya dan dengan waktu yang terbatas, maka sisanya siswa harus belajar di rumah. Dalam hal ini dibahas lebih mendalam mengenai peran guru dan orang tua dalam membimbing dan mendampingi anak dalam proses pembelajaran baik di sekolah ataupun dirumah. Dalam pembahasan ini ditemukan tugas dan tanggung jawab guru dan orang tua serta wujud kerja sama antara guru dan orang tua dalam membuat karya imajinatif 3 dimensi dari plastisin, dimana merupakan satu hal yang sangat penting, dalam memantau perkembangan siswa belajar dirumah. Guru dan orang tua memiliki tugas dan tanggung jawab masing-masing dalam mendampingi siswa belajar. Selain mengajar guru menjadi fasilitator dan pembimbing bagi siswa terhadap kepribadiannya disekolah. Orang tua bertugas dan bertanggung jawab menjadi pendamping saat siswa belajar dirumah. Secara daring atau pun luring, guru dan orang tua tetap melalukan pemantauan terhadap proses pembelajaran. Komunikasi antara guru dengan orang tua terjalin dengan baik meski melalui whatsapp grup.

 

Kata Kunci: Peran, Guru, Orang tua, Pembelajaran.

 

Abstract

In the current era of the covid-19 pandemic, not only teachers play a role in student learning at school, the role of parents is very much needed in children's learning at home. Because learning at school is not as usual and with limited time, the rest of the students have to study at home. In this case, it is discussed in more depth about the role of teachers and parents in guiding and assisting children in the learning process either at school or at home. In this discussion, it was found the duties and responsibilities of teachers and parents as well as the form of cooperation between teachers and parents in making imaginative 3-dimensional works from plasticine, which is a very important thing, in monitoring the progress of students studying at home. Teachers and parents have their respective duties and responsibilities in assisting students in learning. In addition to teaching, teachers become facilitators and guides for students regarding their personality at school. Parents have the duty and responsibility to be a companion when students study at home. Online or offline, teachers and parents continue to monitor the learning process. Communication between teachers and parents is well established even through whatsapp groups.

 

Keywords: Roles, Teachers, Parents, Learning.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-02-10
Section
Articles