SEKOLAH ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19, BAGAIMANA TANGGAPAN GURU DAN SISWA SEKOLAH DASAR?

  • Nasikhin Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Agus Sutiyono Universitas Islam Negeri Walisongo
  • Nasikhin Kantor Kemenag Kabupaten Batang
  • Ismutik Institut Agama Islam Negeri Pekalongan
Abstract views: 85 , pdf downloads: 75

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman belajar yang dialami siswa sekolah dasar dan upaya guru dalam menanggulangi permasalahan pembelajaran online di masa pandemi Covid-19. Sampel dalam penelitian ini adalah sebelas narasumber yang terdiri guru dan siswa. Dengan  menggunakan pendekatan kualitatif dan studi kasus eksplorasi yang dilaksanakan di SD N Sangubanyu 02, diperoleh data penelitian bahwa pengalaman siswa dalam mengikuti pembelajaran online dapat menyebabkan kejenuhan,  turunnya kesungguhan dan partisipasi belajar, rendahnya motivasi belajar, serta ketidaktercapaian kepuasan intelektual. Sedangkan upaya penanganan yang dilakukan guru dalam menanggulangi permasalahan ini adalah dengan memaksimalkan penggunaan perangkat teknologi pembelajaran, memodifikasi metode pembelajaran tertentu seperti Project Based Learning, Integrated Curriculum,  dan Blended Learning. Studi ini memberikan kontribusi dalam  penelitian tentang pedagogi dan pembelajaran online dengan mengklarifikasi seperti apa peranan guru dalam menemukan probelm solving atas permasalahan yang dihadapai siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alan Jallilife, Jonathan Rifter dkk. (2001). The Online learning Handbook,Kogan Page,

jilid VI 326

Alimuddin, Tawany & Nadjib. (2015). Intensitas Penggunaan E-Learning. Yogyakarta,

Ilmu Pusaka.

Alsubaie, Merfat Ayesh. (2016). Curriculum Development: Teacher Involvement in

Curriculum Development, Journal of Education and Practice, ISSN. 2222-1735

Anhusadar, L. (2020) Persepsi Responden PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa

Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood

Education, 3(1), 44-58.

Arief S Sadiman, dkk. (2007). Media Pendidikan, ( Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Astaman, dkk. 2018. Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar. Universitas Muhammadiyah

Palu.

Astini, N. K. S.(2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran. Tingkat

Sekolah Dasar, Jakarta: PT. Grafindo.

Azmi, H. (2006). Innovation in Teaching and Learning in Information and Computer

Sciences: Teaching Information Literacy Skills: A case study of the QU-core

program in Qatar Universit. Learning in Information and Computer Sciences,5(4),

–164

Bagus Putu Aryana, Ida. (2006). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inovativ

pada Pelajaran Biologi Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMA, IKIP

Negri Singaraja.

Basri, H. (2004). Using qualitative research in accounting and management studies: not a

new agenda. Journal of US-China Public Administration, Oktober 2014, Vol.11,

No.10, 831-838.

Bates, S, Getting Engaged. HR Magazine, Vol. 49, No. 2, 44-51.

Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: a review of concepts. Journal of

documentation.

Dinata & Darwanto. (2021). Urgensi Kemampuan Literasi Digital dalam Pembelajaran

Daring. mplementasi Mardeka Belajar Di Masa Pandemi Covid 19: Peluang dan

Tantangan (Prosiding). Bandar Lampung: 16 Februari 2021. Hal. 388-398.

Djaali. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah Syaiful Bahri. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Rineka.

Djamarah. (2012). Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. Jihad.

Febrilia, B. R. A., & Patahuddin, S. M. (2019). Investigasi tingkat keterlibatan

matemapembeljaran digitala siswa melalui analisis rancangan pelaksanaan

pembelajaran ELPSA dan implementasinya di kelas. Jurnal Pendidikan

Matemapembeljaran digitala, 13(1). 55-72.

Fredik. (2012). Kesahatan Jasmani dan Ruhani. Jakarta: Grafindo.

George, E.F. and Sherrington, P.D, (1984).Plant propagation by tissue culture. Hand book

and directory of commercial laboratories. Exegetics Ltd, England.

Grimaldi, E., & Ball, S. J. (2019). The blended learner : digitalisation and regulated

freedom -neoliberalism in the classroom. Journal of Education Policy, 00(00), 1–

Gumelar, D. R., & Dinnur, S. S. Digitalisasi Pendidikan Hukum dan Prospeknya Pasca

Pandemi Covid-19. Al Ahwal Al Syakhsiyyah, 1(2020), 111–122.

Hadi Sutrisno. (1989). Metodologi Research. Jakarta. Andi Offset.

Hadi, (2021). Arah Baru Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusaka Gemilang.

Insyiroh, I. M., Hariani, E. P., & Mubaroq, S. (2020). Pendidikan berbasis kearifan lokal

sebagai solusi menghadapi kesenjangan digital dalam kebijakan pembelajaran jarak

jau ada masa pandemi di Indonesia. Indonesian Journal of Social Development,

(1), 51–72.

Ita, Kejenuhan (Burnout) Belajar di Tinjau dari Tingkat Kesepian dan Kontrol Diri pada

Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Yogyakarta. (Jogja: Universitas Negeri Yog-yakarta,

.

John W. Creswell, (2013). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset: Memilih di antara Lima

Pendekatan, terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kazakoff, E. R., Macaruso, P., & Hook, P. (2018). Efficacy of a blended learning

approach to elementary school reading instruction for students who are English

Learners. Educational Technology Research and Development, 66(2), 429–449.

https://doi.org/10.1007/s11423-017-9565-7

Lexy J. Moleong. (2015). Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Mutik Nur Fadhilah, (2021), Peran Literasi Digital Dalam Model Pembelajaran Blended

Learning Mahasiswa Pgmi, Mubtadi Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, Vo.3.

https://doi.org/10.19105/mubtadi.v3i1.4456

M Ilyas, dkk. (2019). Pendidikan agama Islam untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Grasindo.

Mardalis. (1993). Metode Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Mosca, J. B., D. R. Ball, J. S. Buzza, and D. P. Paul. A Comprehensive Student-based

Analysis of Hybrid Courses: Student Preferences and Design Criteria for

Success.”Journal of Business and Economics Research3 (5): 7–21.

Muhibbin. (2011). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Mulyana, M., Rainanto, B. H., Astrini, D., & Puspitasari, R. (2020) . Persepsi Responden

Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid-19”. JAS-PT

(Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia. 4(1), pp. 47-56.

Nurdyansyah. N. dan Andiek Widodo,. (2015). Inovasi Teknologi Pembelajaran, Sidoarjo:

Nizamia Learning Center.

Pawicara, R., & Conilie, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring terhadap Kejenuhan

Belajar Responden Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19.

Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), pp. 29-38

Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Responden.

Jurnal Economia, Volume 9, Nomor 1, 52-65

Rebecca Francis a, Susan J,.(2013). Shannon Engaging with blended learning to improve

students’learning outcome, Maret 2015, European Journal of Engineering Education.

Vol. 38, No. 4, 359–369,

Riadi, S., Normelani, E. N., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. I.. (2020). Persepsi

Responden Prodi S1 Geografi FISIP ULM Terhadap Kuliah Online Di Masa

Pandemi Covid-19, Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi. 2(2), pp. 219-227

Ritain , S. (2004). Tinjauan Desain Pembelajaran: konsep, spesifikasi dan alat, laporan

untuk JISC Program Pedagogi E-learning online di:

http://www.jisc.ac.uk/uploaded_documents/ ACF83C.doc

Rusman, A. A., & Nasution, F. (2020). Deskripsi Kebahagiaan Belajar Responden BKI

Pada Masa Pandemi COVID-19”. AL-IRSYAD, 10(1)

Sadikin A., Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19,

BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. Vol. 6. (2), hal 81-91

Samidi. (2019). Pembelajaran daring dan problemapembeljaran digitalanya, Jakarta:

Bunga Pusaka.

Samto. 2020. Meningktakan minat baca siswa, (Jakarta: Rumah Buku.

Silverius, Suke. (1991). Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, Jakarta: PT Gramedia

Widiasarana Indonesia.

Sinaga, S. E. N. S. (2020). Analisis Respon Responden Terhadap Pembelajaran Online di

STAIN Sultan Abdurrahman Kepri. TANJAK: Journal of Education and Teaching,

(2), pp. 137-145

Siska Indriyani. (2020). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran

Matemapembeljaran digitala Terhadap Prestasi Belajar Matemapembeljaran digitala

Siswa Di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Tangkit,” Skripsi. Jambi: UIN Sulthan Thaha

Saifuddin Jambi

Published
2022-08-05
Section
Articles