PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA

  • Zahro Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Rofiqoh Firdausi Universitas Islam Raden Rahmat Malang
Abstract views: 476 , pdf downloads: 268

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa  dibuktikan dengan hasil belajar, serta kurangnya partisipan siswa. Tujuan dari penelitian ini meningkatkan pemahaman siswa dan aktivitas belajar siswa pada  Pembelajaran Tematik Materi Alat Indera Pendengaran di Kelas 4 di MI Diponogoro Srimulyo–Dampit. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan Campuran ( Mixed Approach), menggunakan metode Conqurent Embedded. Dalam Pengumpulan data peneliti menggunakan  instrumen tes kognitif, wawancara, observasi, dokumentasi. Pemahaman siswa kelas 4 yang dibuktikan dengan hasil belajar  terdiri dari 27 siswa, dari hasil tes menunjukan bahwa pada siklus I  Presentase ketuntasannya mencapai 69,6%. Pada siklus II Mengalami peningkatan yang cukup signifikan ditunjukan dengan rata-rata kelas yang diperoleh yaitu 81,5 dengan presentase ketuntasan belajar sebesar 92,5%.  Aktivitas siswa tergambarkan dalam rubrik penilaian aktivitas siswa, yakni sebelum penggunaan media audio visual 72%, siklus I 85% siklus II 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui Penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan aktivitas siswa dan pemahaman siswa pada  Pembelajaran Tematik Materi Alat Indera Pendengaran di Kelas 4 MI Diponogoro Srimulyo –Dampit.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamaluddin Ahdar, dkk.2019. Belajar dan pembelajaran.Jakarta: CV Kaaffah.

Mumammad Hasan, dkk. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran. Universitas Negeri

Makassar:Tahta Media Group.

Rahman, Taufiqur. 2018.Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan

kelas. Pedurungan, semarang: Cv Pilar nusantara.

Dr. Saifuddin dkk. 2021. Pedoman penulisan karya ilmiah. Kepanjen Malang. Universitas

Islam raden rahmat.

Ade Wahyuni. 2020. Menulis Laporan Penelitian. Sumatra Barat: Insan Cendekis,

Firdausi, R. 2017. Pengaruh teknik pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk

meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar subtema macam-macam

sumber energi siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nahdlatul Ulama

Bululawang Kabupaten Malang.Tesis diterbitkan. Malang: Proga Pascasarjana

UIN Malang.

Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: CV Budi

Utama.

Published
2022-08-05
Section
Articles