PENGARUH METODE PEMBERIAN TUGAS PEKERJAAN RUMAH (PR) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA

  • Leli Lestari Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Umi Firdausiyah Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 359 , pdf downloads: 263

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari peggunaan metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN Trasak 02 di desa trasak kecamatan larangan kabupaten pamekasan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian menggunakan True experimental design jenis posttest-only control design. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes (post test) dan dokumentasi. Populasi pada penelitian ini ialah sebanyak 26 siswa kelas IV SDN Trasak 02. Sampel penelitian ini yaitu 26 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengambil sampel adalah teknik non-probability sampling. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian ini yaitu gambaran pemberian  tugas sebelum diberikan perlakuan hasil pretest dan angket siswa rendah. berdasarkan data hasil dari Post test siswa didapat thitung = 8,23704. Selanjutnya penulis bandingkan dengan ttabel = 2,064. Oleh karena thitung > ttabel yaitu 8,23704 > 2,064  (untuk thitung dari data hasil post tets). maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pemberian tugas pekerjaan rumah (pr) terhadap pemahaman siswa pada materi gaya dan gerak di SDN Trasak 02 di Desa Trasak Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan. Hal ini berarti bahwa (Ho) ditolak dan (Ha) diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alice Yeni Verawati Wote, Mardince Sasingan, dan Y. K. (2020). “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Melalui Media Congklak Pada Siswa Kelas II SD Inpres Wosia.” International Journal of Elementary Education, Vol. 4, No.

Ismawati. (2021). Media Pembelajaran PAI. CV Global Aksara Pers.

Ngalim Purwanto. (2011). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosda Karya.

Roestiyah. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Bina Aksara.

Syaiful Sagala. (2006). Konsep Dan Makna Pembelajaran. CV. Alfabeta.

Widyajayanti, dan I. (2018). "Analisís Intensitas Pemberian Pekerjaan Rumah (PR) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika”. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, Vol. 7, no, 770.

Widyaningsih, F. (2011). Hubungan antara Metode pemberian tugas Rumah dengan Prestasi belajar IPS Siswa kelas 4 SDN Rawasari 03 Pagi Jakarta Pusat. UHAMKA.

Winkel, W. . (2004). Psikologi Pengajaran,. Media Abadi.

Published
2022-08-05
Section
Articles