PENGEMBANGAN VIDEO EDUKASI PETUALANGAN ALI DAN AJI SEBAGAI ALTERNATIF BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

  • Siti Nur Aisah Universitas Wiraraja
  • Tita Tanjung Sari Universitas Wiraraja
  • Ach.Puniman Universitas Wiraraja
Abstract views: 113 , pdf downloads: 96
Keywords: Video,, Adventures, of Ali and Aji

Abstract

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang disertai dengan semakin cepatnya arus globalisasi dalam dunia membawa dampak tersendiri bagi dunia pendidikan. Dampak dari globalisasi dalam dunia pendidikan ditandai dengan dari perkembangan teknologi-teknologi baru. Video edukasi menjadi salah satu alternatif belajar siswa.  Dengan menggunakan metode penelitian R & D (Research and Development) dengan tahapan model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiono (2014) yang terdiri dari 10 tahapan, namun pada penelitian ini hanya dilakukan sampai 7 tahapan hal ini sebabkan karena keterbatasan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan video edukasi petualangan Ali dan Aji sebagai alternatif belajar serta mengetahui respon siswa terhadap pengembangan video edukasi petualangan Ali dan Aji sebagai alternatif belajar siswa sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrument pada penelitian ini berupa instrument validasi produk, respon siswa dan observasi, adapun skala analisis data menggunakan skala likert dan guttman. Hasil penelitian pengembangan ini dapat dilihat dari hasil validasi ahli berupa angket skala likert dan respon siswa menggunakan angket skala ghuttman. Hasil dari validasi materi mendapatkan persentase sebesar 98,44% dengan kategori layak. Hasil dari validasi ahli desain mendapatkan persentase sebanyak 86,54% dengan kategori layak. Respon siswa mendapatkan respon positif pada uji coba awal dengan skala besar yang dapat dilihat dari hasil rata-rata sebesar 96% dengan kategori sangat baik. Dari data tersebut maka Video Edukais Petualangan Ali dan Aji  kelas IV sekolah dasar dinyatakan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. dan sesuai untuk digunakan sebagai alternatif belajar bagi guru dan siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(N. K. R. Dewi et al., 2016). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Bahasa Bali Untuk Siswa Kelas III. e-Journal Edutech Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Teknologi Pendidikan, 5(2): 1–10. Tersedia di https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEU/article/view/7630/5202.

(T. K. Dewi & Yuliana, 2018). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Materi Karangan Deskripsi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1).

(Johari et al., 2016). Penerapan Media Video Dan Animasi Pada Materi Memvakum Dan Mengisi Refrigeran Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1): 8.

(Lestari, 2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2): 94–100.

(Musaddat et al., 2021). Kelayakan Pengembangan Bahan Ajar Digital Berkearifan Lokal Sebagai Bahan Literasi Bahasa Berbasis Kelas serta Pengaruhnya terhadap Karakter Sosial dan Keterampilan Berbahasa Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3): 312–328.

(Semara & Agung, 2021). Pengembangan Video Animasi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1): 99.

(Sutrisno, Tri, 2017). Merekonstruksi Kurikulum Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar. Prodi PGSD Universitas Wiraraja. Vol 1 No. 1 https://doi.org/10.24929/alpen.v1i1.6

Published
2023-02-09
Section
Articles