UPAYA PENGENALAN LITERASI DIGITAL MELALUI APLIKASI YOUTUBE PADA SISWA KELAS IV DI SDN BICORONG 2 PAKONG PAMEKASAN

  • Aflahah Institut Agama Islam Negeri Madura
  • Mufidatul Hasanah Romadani Institut Agama Islam Negeri Madura
Abstract views: 389 , pdf downloads: 185
Keywords: Kata Kunci: Pengenalan Literasi Digital, Aplikasi Youtube

Abstract

Tingginya penggunaan teknologi digital dikalangan siswa sedangkan kurangnya pemahaman atau literasi digital pada siswa membuat penulis tetrarik untuk meneliti tentang upaya guru dalam mengenalkan literasi digital melalui aplikasi youtube pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dengan subyek penelitiannya adalah guru kelas, kepala sekolah dan 5 siswa kelas IV SDN Bicorong 2. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, upaya yang dilakukan dengan melakukan pemberitahuan kepada kepala sekolah, mempersiapkan materi yang akan diajarkan, menyediakan peralatan yang dibutuhkan, penggunaan aplikasi youtube sebagai media pembelajaran, pelatihan penggunaan teknologi digital melalui aplikasi youtube, kemudian yang kedua, penggunaan aplikasi youtube dalam upaya pengenalan literasi digital digunakan ketika pelatihan dan sebagai media pembelajaran dengan berbagai kelebihan-kelebihan yang dimiliki aplikasi youtube sehingga dipilih guru sebagai suatu media dalam mengenalkan literasi digital kepada siswa, selanjutnya yang ketiga, adapun faktor pendukung dalam kegiatan ini yaitu tersedianya sarana dan prasarana, adanya motivasi dan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi digital, antusias dan semangatnya siswa dalam belajar, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang tersedianya jaringan internet dari sekolah dan waktu yang lumayan lama sehingga membuat siswa kurang kondusif, dan masih ada siswa yang tidak mendengarkan guru ketika menjelaskan di depan.

Kata Kunci: Pengenalan Literasi Digital, Aplikasi Youtube.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fatmawati, Nur Ika. “Literasi Digital Mendidik Anak di Era Digital Bagi Orang

Tua Milenial”. Jurnal MADANI. Vol. 11. No. 2. Yogyakarta, Agustus, 2019.

Hanika, Ita Musfirowati, dkk. “Sosialisasi Literasi Media Digital di Jakarta.” Jurnal Komunikasi dan kajian media. Vol. 4. No. 2. Jakarta, Oktober 2020.

Haerullah, Ade. Kemampuan dasar mengajar. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia,2022.

Kartika, Sinta Husni, Saepul Millah. “Pengaruh Kualitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Penelitian Pendidikan Islam. 7, no. 1 .2019.

Munir. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta, 2017.

Oktiana, Riris. Guru Kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Wawancara langsung. 5 September 2022.

Sadali, Guru SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Wawancara Langsung. 23 Agustus 2022.

Santosa, Eka Budhi. Literasi digital dan kekuatan media Sosial: Transformasi Sosial, BUdaya, Ekonomi dan Pendidikan. Lamongan: Academia Publication, 2021.

Sutrisna, I Putu Geded. “Gerakan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid 19”. Jurnal Statistika. Vol. 8. No. 2. Bali, Mei 2020.

Sutrisno, Tri. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Memahami Cerita Pada Siswa Kelas V SDN Cangkreng I Kecamatan Lenteng. Mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah. IAIN Madura Vol. 1 No. 2. Tahun 2020 85-105 https://doi.org/10.19105/mubtadi.v1i2.3014

Sutrisno, Tri. Konsep Dasar Bahasa Indonesia di SD/MI. Sumatra Barat: Azka Pustaka, 2022.

Sutrisno, Tri. Komunikasi Konseling. Jakarta Barat: Halaman Moeka Publishing, 2013.

Sutrisno, Tri. Penerapan Tekhnik Reinforcement dalam Upaya Meningkatkan

Komunikasi Efektif pada Layanan Konseling Kelompok. Edu Consilium: Jurnal Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam: IAIN Madura Vol. 3 (2), 15-35 (2022) https://doi.org/10.19105/ec.v3i2.6077

Suratman, Eka Eriyanti. “Peningkatan Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan.” Universitas PGRI Palembang. Januari, 2020.

Surya, Hendra. Percaya diri itu penting: peran orang tua dalam membangun percaya diri anak. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2007).

Ubaidillah, Achmad. Siswa kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Wawancara Langsung. 5 September 2022

Utami, Fitroh. Mieftahul Zannah, “Youtube sebagai sumber informasi

bagi peserta didik di masa pandemic covid-19,” Sinestesia, 11, no. 1

Yuniati, Ira, Hasmi Suyuti, Man Hakim. “Pelatihan pemanfaatan media youtube dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA IT KOTA BENGKULU.” Pendidikan dan pengabdian masyarakat, 4. no. 1 . Februari, 2021

Yusuf, Yukram. “Peran Literasi Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik MIA (Matematika IPA) Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri Palopo”. Skripsi, IAIN Palopo, Palopo, 2019.

Zulfa, Rania. Siswa kelas IV SDN Bicorong 2 Pakong Pamekasan. Wawancara Langsung. 5 September 2022.

Published
2023-02-09
Section
Articles