Pendidikan Seks AUD sebagai Upaya Preventif untuk Menghindarkan Anak dari Bahaya Child Sexual Abuse

  • Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo
Abstract views: 42 , PDF downloads: 61

Abstract

Fenomena pelecehan seksual pada anak (child sexual abuse) merupakan permasalahan yang terus menghantui siapapun, khususnya para orang tua. Kepolosan dan ketidaktahuan anak-anak merupakan salah satu sebab mengapa mereka seringkali menjadi sasaran tindakan pelecehan seksual. Untuk itu, pendidikan seks menjadi hal yang tak kalah penting untuk diberikan kepada anak sejak dini. Melalui makalah ini, penulis akan mengkaji secara mendalam tentang pendidikan seks untuk anak usia dini dengan memfokuskan kajiannya pada dua poin pembahasan, yaitu: materi dan strategi pendidikan seks pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan seks untuk anak usia dini dapat dilakukan dengan memberikan materi pendidikan seks melalui beberapa strategi yang diantaranya adalah mengenalkan anggota tubuh beserta fungsinya, mengajarkan anak untuk bisa membersihkan area intim mereka sendiri, memahamkan bagian tubuh yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain, mengajarkan konsep perbedaan jenis kelamin, memotivasi anak untuk berani berkata “tidak” saat ada orang lain yang menyentuh bagian tubuh mereka yang terlarang dan berani meminta tolong dan melaporkan kepada orang tua ketika hal tersebut terjadi. Selain itu, orang tua juga perlu membekali anak-anak dengan literasi digital yang positif saat mereka mulai mengenal atau dekat dengan gadget, internet, dan media sosial. Perhatian dan pengawasan maksimal dari orang tua dan pendidik juga merupakan hal yang tidak boleh terlupakan untuk memaksimalkan proses pendidikan seks bagi anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Nisaburi, A.-H. (n.d.). al-Mustadrak ala al-Shahihain, Jilid. I, Hadis No. 675. Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Anhusadar, L. O., & Rusni. (2016). Fenomena Kekerasan Seksual Terhadap Anak 35, no. 22 (): 54–55. Shautut Tarbiyah, 35(22), 51–68.

Astuti, H. P. (2015). Pada Anak Usia Dini. Proceeding Seminar Nasional Psikologi UMS: Selamatkan Generasi Bangsa dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Lokal, 190–197.

Choirudin, M. (n.d.). Urgensi Pendidikan Seks Sejak Dini Dalam Belenggu Kekerasan Seksual Terhadap Anak: Sebuah Upaya Preventif dan Protekstif.

Liputan6. (2014). Kejadian Luar Biasa Kasus Paedofil Emon, 114 Anak Jadi Korban. liputan6.com. Diambil dari https://www.liputan6.com/news/read/2048164/kejadian-luar-biasa-kasus-paedofil-emon-114-anak-jadi-korban

Mansur. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam (4 ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muchtaromah, B. (2008). Pendidikan Reproduksi Bagi Anak Menuju Aqil Baligh. Malang: UIN Malang Press.

Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid. (2010). Prophetic Parenting: Cara Nabi Saw. Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.

Mukri, S. G. (2015). Pendidikan Seks Usia Dini Dalam Perspektif Hukum Islam. Mizan: Jurnal Ilmu Syariah, FAI Universitas Ibn Khaldun, 3(1), 1–20.

Muslimah, J., Maghfiroh, M., & Astuti, R. (2020). Pola Asuh Orang Tua dan Perkembangan Moral Anak Usia Dini (Studi Kasus di Tk Al-Ghazali Jl. Raya Nyalaran Kelurahan Kolpajung Kecamatan Pamekasan Kabupaten Pamekasan). Kiddo: Jurrnal Pendidikan Islam Anak Usia dini, 1(1), 1–9.

Pinandhita, V. (2020). 2020 Kekerasan pada Anak tak Menurun. lokadata.id. Diambil dari https://lokadata.id/artikel/2020-kekerasan-pada-anak-tak-menurun

Rachman, M. F. (2011). Islamic Parenting. Jakarta: Erlangga.

Reber, A. S., & Reber, E. S. (2010). The Penguin Dictionary of Psychology, Terj. Yudi Santoso. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rizki, D. (2016). Pelaku Pencabulan GS Masih di Bawah Umur, Polisi Gandeng BAPAS dan KPAI. wartakota.tribunnews.com. Diambil dari https://wartakota.tribunnews.com/2016/10/21/pelaku-pencabulan-gs-masih-di-bawah-umur-polisi-gandeng-bapas-dan-kpai

Safita, R. (2013). Peran Orang Tua dalam Memberikan Pendidikan Seksual pada Anak. Jurnal Edu-Bio, 4.

Septianto, B. (2019). 123 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual di Sekolah Selama 2019. tirto.id. Diambil dari https://tirto.id/123-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual-di-sekolah-selama-2019-ep3D

Ulwan, A. N. (2009). Pendidikan Seks Untuk Anak Ala Nabi: Metode Islami Mengenalkan Seks Pada Anak Sejak Dini. Solo: Pustaka Iltizam.

Unesco. (2018). International Technical Guidance on Sexuality Education (2 ed.). France: Unesco & WHO.

Published
2021-02-27
Section
Articles