Peran Kitab Suci Al Qur'an dalam Menjaga Eksistensi Bahasa Arab

  • Achmad Ghazali Salim
Abstract views: 161 , PDF downloads: 221
Keywords: Al-Qur’an, Eksistensi Bahasa Arab

Abstract

Kitab suci Al-Quran merupakan kitab petunjuk untuk manusia demi mencapai kebahagiaan dunia akhirat, maka keberadaanya selalu terjaga  dimanapun dan kapanpun manusia hidup. Terjaganya kitab suci Al-Quran merupakan jaminan dari Allah swt dan tentu dengan melalui proses  keterlibatan baginda Rasul saw dan para sahabat dan umat Islam. Terjaganya kitab suci Al-Quran berimplikasi terhadap ikut terjaganya bahasa Arab sebagai  bahasa menjadi wadahnya, sebab jika kitab suci Al-Quran terjaga maka konsekwensi logisnya adalah bahwa wadahnyapun akan ikut terjaga pula.  Dalam arti bahwa terjaganya dan kekalnya bahasa Arab ini karena berlindung di balik kitab suci Al-Quran. Itulah keberadaan bahasa Arab yang jauh  berbeda dengan bahasa-bahasa lainnya yang keberadaanya tergantung kepada bangsa sipemilikya. Pada bagian penutup dalam penelitian ini penulis memberikan kesimpulan akhir sebagaimana pada dua poin berikut ini :  Pertama, bahwa kitab suci Al-Quran terjaga sepanjang masa dari empat sisi, yaitu : Kitab suci Al-Quran terjaga pelafazhannya ( bunyi huruf, bacaan lafazh dan ayatnya), kitab suci Al-Quran terjaga huruf dan kosa katanya  melalui kodifikasi mushaf syarif, kitab suci Al-Quran terjaga hukumhukumnya, kitab sci Al-Quran terjaga tarkib dan struktur  kalimatnya. Kedua, bahwa kitab suci Al-Quran telah memberi sumbangsih terhadap bahasa Arab dari enam sisi, yaitu : Kitab suci Al-Quran mengabadikan huruf dan kosa kata bahasa Arab, kitab suci Al-Quran mengabadikan pola dan gaya bahasa (uslub) Arab, kitab suci Al-Quran mempertahankan sistem gramatikal bahasa Arab. Qawaid (tata bahasa) Arab, kitab suci Al-Quran mengangkat martabat  (level) bahasa Arab, kitab Suci Al-Quran memunculkan makna-makna baru dalam Lafadz Bahasa Arab, kitab suci Al-Qur’an menguatkan lahjah (Logat)  Quraisy.

Downloads

Download data is not yet available.

References

'Abdul Azhim Al-Zarqaniy, Manâhil Al-

'Irfân fî 'Ulûm Al-Qur'an, (Kairo:

Al-Halabiy, 1980).

'Abdul Halim Mahmud, Al-Tafkîr AlFalsafî

fî al-Islâm, (Beirut: Dâr AlKitâb

Al-Lubnânî, tt.).

Abdurrahman, Dr., Al-Lughah Al-

„Arabiyyah Ashl Al-Lughât

Kullihâ, Cetakan Dar Al-Hasan,

M- 1419 H.

Anton Bakker dan Achmad Charris

Zubair, Metode Penelitian

Filsafat, (Yogyakarta: Kanisius,

.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa

Indonesia, (Jakarta: Balai

Pustaka, 1990).

http://ammubasya.blogspot.com/alquran-bahasa-dan-sastraarab.html

Juni 2015

http://islamadalahrahmah.blogspot.com/

/12/pemeliharaan-alquran.html,

Juli 2015

http://sosbud.kompasiana.com/

Hafidz Abdurrahman, MA. Drs., Ulumul

Quran Praktis, (CV IDeA Pustaka

Utama, 2003).

Julia Brannen, Memadu Penelitian

Kualitatif dan Kuantitatif,

(Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

.

Karim Zaki Hisamuddin, Dr., Al-

„Arabiyyah Tathawwur wa Târîkh.

Khairuddin Khaujah, Dr., Fadl al-Quran

‟Alâ Al-Lughah Al-„Arabiyyah.

Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian

Kualitatif, (Bandung: Rosdakarya,

Mardalis, Metode Penelitian; Suatu

Pendekatan Proposal, (Jakarta:

Bumi Aksara, 2004).

Muhammad Husain Al-Thabathabaly, AlQur'an

fi Al-Islam, (Teheran:

Markaz I'lam Al-Dzikra AlKhamisah

li Intizhar Al-Tsawrah

Al-Islamiyah).

Muhammad, Dr., Abdurrahman Abduz

Zahir, Prof. Dr. Zakaria Abdul

Majid An Nauti, Al-Adab Al-„Arabî

fî 'Ashr Shadr Al-Islâm wa Banî

Umayyah.

Mustafa Mahmud, Min Asrar Al-Qur'an,

(Mesir: Dâr Al-Ma'ârif, 1981).

Quraisy Syihab, Dr., Membumikan AlQuran

.

S. Nasution, Metode Penelitian

Naturalistik Kualitatif, (Bandung:

Tarsito, 1998).

Sugiyono, Memahami Penelitian

Kualitatif, (Bandung: CV Alfabeta,

.

Sulaiman Ibrahim Al-„Ayid, „Inâyah alMuslimîn

Bi al-Lughah Al-

„Arabiyyah Khidmatan Li AlQuran

al-Karim.

Zakaria Abdul Majid An Nauti, Al-Adab

Al-„Arabî fî Ashr Shadr Al-Islâm

wa Bani Umayyah,

Winarno Surahman, Pengantar

Penelitian Ilmiah, (Bandung,

Tarsito, 1980).

Published
2015-05-05